x

Nilai Curacao Lebih Baik, Shin Tae-yong Janjikan Hal Ini untuk Fans Timnas Indonesia

Jumat, 23 September 2022 19:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Jumpa pers jelang laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao di Bandung, Jumat (23/09/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan kondisi terkini timnya jelang FIFA Match Day menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (22/09/22).

Menurut Shin Tae-yong, persiapan skuat Garuda untuk menghadapi Curacao berjalan dengan lancar sejak menggelar latihan perdana di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (19/09/22).

Baca Juga

Shin Tae-Yong, menuturkan secara keseluruhan anak asuhnya dalam keadaan bugar dan siap untuk menghadapi pertandingan melawan Timnas Curacao.

"Begitu mulai TC pada 19 september, lancar untuk latihan, dan Asnawi saja yang kondisinya tak begitu baik, selain Asnawi semua pemain baik-baik saja kondisinya, dan saya persiapkan tim lebih baik," ucap Shin Tae-yong saat konferensi pers menjelang pertandingan.

Pada FIFA Match Day kali ini, Timnas Indonesia tidak terlalu diunggulkan, pasalnya tim lawan memiliki ranking FIFA di atas Indonesia yakni posisi 84. Sedangkan skuat Garuda, menempati posisi 155.

Baca Juga

Meski demikian, Shin Tae-yong menuturkan pada pertandingan tersebut pihaknya ingin melihat kualitas anak asuhnya, termasuk melihat sejauh mana pasukannya bisa menjalankan strategi yang diberikan olehnya.

"Sampai saat ini ranking Indonesia itu 155 dan Curacao 84, memang sangat tinggi ya rangkingnya, jadi saya ingin melihat tim kita apakah bisa melawan tim bagus ini dengan baik atau tidak, dan apakah bisa memainkan permainan yang kita inginkan," ungkapnya.

"Dan juga kita kedepannya ketika kita mengalami lawan tim yang bagus, apa yang kita harus antisipasi dan perbaiki, itu yang akan dilihat," ucapnya menambahkan.

Baca Juga

Shin Tae-yong mengakui, Curacao secara peringkat dan kualitas lebih baik dari skuat Garuda. Meski demikian, pihaknya berusaha mempersiapkan segala sesuatunya, agar pasukannya bisa tampil maksimal dan meraih kemenangan.

"Memang Curacao lebih baik dari kita, tapi saya tetap mempersiapkan tim ini dengan baik agar memberikan kebahagiaan kepada fans yang haus akan kemenangan," tegasnya.


1. Lawan Tangguh

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan hadir pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Sementara itu, sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membeberkan alasan memilih Timnas Curacao sebagai lawan tanding timnas Indonesia pada FIFA Match Day 24 dan 27 September 2022.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, secara ranking FIFA Curacao berada di atas Timnas Indonesia yakni di peringkat 84.

Baca Juga

Dengan demikian secara kualitas mereka cukup bagus dan diharapkan bisa menambah pengalaman bagi pemain Timnas Indonesia.

Pasalnya, jika bertemu dengan tim yang ranking FIFA nya berada di posisi 100-an, maka secara kualitas pasti tidak akan jauh berbeda dengan Indonesia. Skuat Garuda sendiri, saat ini masih berada di peringkat 155.

Sehingga, kedepannya Timnas Indonesia juga memiliki keinginan untuk berhadapan dengan tim yang ranking FIFA nya berada di peringkat 50-an, agar skuat Garuda bisa mendapatkan pengalaman baru.

Baca Juga

"Kita ingin mencari peringkat yang jauh di atas kita, salah satunya Curacao yang siap, nanti bukan tidak mungkin kita cari tim yang rangking 50, kalau 100 ke atas kan cukup dekat ya," kata Iriawan ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (22/09/22).

"Kita ingin menimba pengalaman dari tim Karibia ya, sehingga nantinya memberikan pengalaman tambahan bagi kita, mereka cukup kuat loh, banyak pemainnya yang bermain di Eropa," ucapnya menambahkan.


2. Banyak Pelajaran

Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Selain itu, dari segi persiapan Curacao dalam kondisi siap bertanding, hal itu menjadi pertimbangan Timnas untuk berhadapan dengan Curacao pada FIFA Match Day kali ini.

Iriawan berharap, pada pertandingan nanti Timnas Indonesia bisa meraih hasil maksimal dan mendapatkan banyak pengalaman dari timnas Curacao.

"Jadi maaf, kalau kita main dengan tim yang rangking 170 kan kurang pengalaman, tapi kalau lawan ini memberikan pengalaman luar biasa," ungkap Iriawan.

Sejauh ini, Iriawan menilai timnas Indonesia dibawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sudah dalam kondisi siap, pasalnya skuat Garuda yang berkekuatan 23 pemain sudah berlatih bersama sejak Senin (19/09/22) di Bandung.

"Insya Allah pemain kita sudah siap bertempur, sehat semua, bersemangat di lapangan untuk memenangkan pertandingan," jelas Iriawan.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoShin Tae-yong

Berita Terkini