x

Berkat Ondrej Kudela, Nama Persija Berkumandang di Laga UEFA Nations League Ceko vs Portugal

Minggu, 25 September 2022 13:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Nama klub Liga 1 Persija Jakarta jadi perbincangan di pertandingan UEFA Nations League antara Republik Ceko vs Portugal berkat sosok Ondrej Kudela.

INDOSPORT.COM – Nama klub Liga 1 Persija Jakarta jadi perbincangan di pertandingan UEFA Nations League antara Republik Ceko vs Portugal.

Nama Persija Jakarta berkumandang karena kemunculan Ondrej Kudela saat membela Ceko pada matchday ke-5 UEFA Nations League A Grup 3 pada Minggu (25/09/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam duel yang digelar di Stadion Firtuna Arena tersebut, Rep. Ceko yang terus mendapat tekanan dari tim tamu akhirnya menelan kekalahan dengan skor 4-0.

Dua dari empat gol kemenangan Portugal tersebut diborong oleh pemain Manchester United, Diogo Dalot. Sedangkan dua lainnya dicetak oleh Bruno Fernandes dan Diogo Jota.

Ondrej Kudela memulai laga tersebut dari bangku cadangan. Bek Persija Jakarta itu baru masuk pada menit ke-22, menggantikan Jakub Brabec yang mengalami cedera.

Baca Juga

Saat dirinya masuk ke lapangan, komentator UEFA Nations League memperkenalkan sosok Kudela sebagai pemain yang pernah diganjar sebagai bek terbaik di liga Ceko.

Selain itu, komentator tersebut juga menyebutkan klub yang saat ini dibela bek berusia 35 tahun, yakni Persija Jakarta.

Well, Jakub Brabec digantikan oleh Ondrej Kudela, yang merupakan bek terbaik di Liga Rep. Ceko  musim lalu dan saat ini  bermain di Jakarta untuk Persija,” kata sang komentator.

Baca Juga

Sekedar catatan. Ondrej Kudela memang bermain untuk klub Ceko, Slavia Praha, musim lalu sebelum berlabuh ke Liga 1 Indonesia bersama Persija Jakarta.

Mengakhiri musimnya di Slavia Praha, Kudela diganjar sebagai bek terbaik liga setelah menempati posisi teratas dan unggul 177 poin dari sesama bek Slavia, David Zima.


1. Kudela Debut di UEFA Nations League, Bikin Repot Ronaldo

Cristiano Ronaldo dibuat mati kutu oleh bek Persija, Ondrej Kudela di laga Ceko vs Portugal.

Kudela kemudian menerima tawaran gabung Persija Jakarta untuk Liga 1 2022-2023. Bermain di bawah asuhan Thomas Doll, Kudela total memainkan 900 menit dari 10 pertandingan Persija musim ini.

Masuknya Ondrej Kudela di pertandingan Ceko vs Portugal sendiri jelas mencuri perhatian warganet di Indonesia. Pasalnya, ini merupakan debut Kudela di ajang UEFA Nations League bersama negaranya.

Baca Juga

Selain itu, ini jadi kesempatan Kudela berhadapan langsung dengan Cristiano Ronaldo. Benar saja.  Keduanya beberapa kali terlibat duel satu lawan satu  mengingat posisi mereka memang saling berhadapan.

Bahkan, Kudela berhasil merepotkan Ronaldo dalam melancarkan serangan. Akibatnya, CR7 jarang sekali mendapatkan umpan bola dari rekan-rekan setimnya karena posisinya selalu dijaga ketat oleh Kudela.

Hal ini cukup terbukti dari statistik striker Man United di laga tersebut. Menurut data sofascore, Ronaldo kehilangan penjagaan bola sebanyak tujuh kali.

Baca Juga

Selain itu dia hanya melakukan sekali umpan matang selama 90 menit penampilannya, meski sukses membuat assist untuk penyerang Liverpool. Diogo Dalot .

Lain halnya dengan Kudel yang mencatatkan statistik sebanyak tiga kali melakukan penjagaan bola di laga Ceko vs Portugal.

Dia juga mendapat satu kali kesempatan meng-clearance bola dan melakukan 26 kali passing yang 23 di antaranya sukses.

Sayangnya, meski mampu membuat Ronaldo mati kutu, namun Ondrej Kudela tidak bisa membantu timnya keluar dari kekalahan telak 0-4 melawan Portugal.

Baca Juga

Kekalahan dari Portugal membuat Republik Ceko semakin terbenam di dasar klasemen grup A2 UEFA Nations League dengan empat poin. Laga penentuan akan mereka lakoni pada 28 September besok melawan Swiss.

Sementara Kudela akan kembali ke Persija setelah jeda internasional. Kudela bakal membantu Persija menghadapi laga berat melawan Persib Bandung pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.


2. Ondrej Kudela Juga Pernah Repotkan Hazard dan Messi

Aksi Lionel Messi di laga Liga Champions antara Maccabi Haifa vs PSG REUTERS/Ronen Zvulun

Sebelum Ronaldo, Ondrej Kudela ternyata juga pernah mampu merepotkan pemain Timnas Belgia dan klub Spanyol, Real Madrid, Eden Hazard serta bintang Paris Saint-Germain, Lionel Messi.

Pertemuan Ondrej Kudela dengan Lionel Messi dan Eden Hazard terjadi saat dirinya bermain untuk Slavia Praha di kancah Liga Champions dan Liga Europa.

Saat bertemu Messi, Kudela tampil penuh bagi Slavia Praha di posisi bek tengah dalam dua pertandingan melawan Barcelona di babak grup Liga Champions 2019/20.

Dalam dua pertemuan itu, Messi hanya sekali berhasil menjebol gawang Slavia Praha, yakni saat pertemuan pertama.

Namun di pertemuan kedua, Kudela mampu membuat Messi mati kutu dan berhasil membawa Slavia Praha menahan imbang Barcelona.

Di babak grup tersebut, Kudela juga bertarung melawan Inter Milan dan Borussia Dortmund. Ia berhadapan dengan nama-nama beken seperti Romelu Lukaku, Lautaro Martinez, dan Marco Reus.

Sebelum berhadapan dengan Messi, bek Persija Jakarta, Ondrej Kudela, sempat berhadapan dengan pemain jago dribel seperti Eden Hazard di kancah Liga Europa 2018/19.

Baca selengkapnya: Mengenal Ondrej Kudela, Bek Anyar Persija yang Pernah Bikin Messi dan Hazard Mati Kutu

PortugalPersija JakartaCekoBola InternasionalUEFA Nations LeagueOndrej Kudela

Berita Terkini