x

Liga 1: Insiden Derby Jatim Berbuntut Panjang, Persik Kediri Sampai Didenda Ratusan Juta

Senin, 26 September 2022 00:44 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ilham Oktafian
Derby Jatim di pekan ke-10 Liga 1 2022-2023 yang mempertemukan Persik Kediri vs Arema FC berbuntut panjang.

INDOSPORT.COM - Derby Jatim di pekan ke-10 Liga 1 2022-2023 yang mempertemukan Persik Kediri vs Arema FC berbuntut panjang.

Pasalnya, Macan harus mendapat konsekuensi dari Komdis PSSI berupa denda ratusan juta buntut ulah suporter mereka.

Baca Juga

Persik Kediri harus mendapat pengalaman berharga akibat dari ulah suporter, ketika melawan Arema FC pada lanjutan pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/9/22) lalu.

Dalam laga bertajuk Derby Jatim itu, tensi memang berjalan ketat dan panas. Situasi itu merembet pada tingkat emosi di kalangan suporter.

Buntutnya, klub mesti menanggung sanksi berupa denda hingga puluhan juta rupiah atas dua pelanggaran yang menjadi bahasan dalam sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Baca Juga

Komdis menjatuhkan vonis berupa sanksi denda dengan total Rp150 juta terhadap dua kali pelanggaran atas Kode Disiplin PSSI.

Pelanggaran pertama adalah terjadinya pelemparan beberapa botol air mineral di tengah berlangsungnya laga Persik Kediri versus Arema FC.

Sementara pelanggaran regulasi yang kedua, adalah penyalaan api sebanyak dua kali yang terjadi di tribun sisi timur. 

Baca Juga

Aksi itu disinyalir sebagai bentuk kekecewaan suporter ketika Persik Kediri tertinggal 0-1 dari gol Arema FC pada menit 80.

"Klub Persik Kediri dikenakan sanksi denda sebesar Rp 50 juta dan Rp100 juta," bunyi surat Komdis PSSI bernomor 058 dan 059 yang diterima klub, Minggu (25/9/22).


1. Respons Persik Kediri

Gian Zola mengejar bola dengan Yusuf Meilana.

Dua pelanggaran regulasi ini sebenarnya menjadi rangkaian dari insiden kericuhan kecil di tribun selatan dan sempat menunda laga ketika memasuki menit ke-24.

Ada indikasi oknum suporter Arema FC yang menyusup dan kemudian menimbulkan kericuhan di tengah kerumunan suporter Persik Kediri.

Baca Juga

Imbasnya merembet ke tengah lapangan. Sigit Budiyanto selaku wasit pertandingan tak memilih resiko dengan menghentikan laga selama 2 menit.

Namun, kericuhan kecil di tengah kerumunan suporter Persik itu langsung mereda setelah pihak keamanan bertindak sigap.

Personel kepolisian maupun TNI yang bertugas langsung mengamankan sejumlah oknum suporter menuju tribun VIP agar situasi lebih kondusif.

Baca Juga

Adapun, Persik Kediri lantas merespon sanksi denda pertama kali dialami atas pelanggaran yang dilakukan suporter di Liga 1 musim ini.

Klub tetap menerima dan meminta kalangan suporter untuk lebih bersikap dewasa dengan tidak mengulangi lagi aksi serupa di kemudian hari.

"Persik Kediri sangat mengapresiasi semangat dan kecintaan Persik Mania dengan mendukung langsung Macan Putih di stadion," beber klub.

Baca Juga

"Namun atas kejadian ini, mari kita sama-sama evaluasi diri dan selalu menjaga kondisivitas di lapangan demi klub kebanggaan kita," sambung klub juara Liga 2 2019 itu.

Persik Kediri pun bakal segera menjalani tantangan itu ketika mengarungi jadwal pada pekan ke-12 Liga 1, menjamu Persib Bandung di Stadion Brawijaya (10/10/22) mendatang.


2. Sadari Potensi Pemain Muda, Persik Kediri Temukan Cara Bangkit di Liga 1

Pelatih Persik, Divaldo Alves.

Persik Kediri terlihat ingin menutupi segala kelemahan tim selama menjalani Training Center (TC) di Jakarta selama jeda kompetisi Liga 1 Indonesia menyusul FIFA Matchday pekan ini.

Mereka tak ingin kebugaran fisik antara pemain inti dan cadangan terpaut jauh. Ketimpangan itu lantas terus diperbaiki oleh klub.

Musim ini, Persik memang mengisi separuh anggota skuat tim dengan pemain berusia muda. Selain sejumlah pemain senior sebagai pondasi utama.

Beberapa di antaranya bahkan sudah mengecap beberapa kesempatan merumput di Liga 1, antara lain Riyatno Abiyoso, Jeam Kelly Sroyer, hingga Rendy Juliansyah.

"Saya melihat Abiyoso sudah cukup bagus. Selama ini, dia sering bermain dan beberapa kali menjadi starter," ucap pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves, Kamis (23/9/22).

Baca selengkapnya: Sadari Potensi Pemain Muda, Persik Kediri Temukan Cara Bangkit di Liga 1

Persik KediriLiga IndonesiaArema FCLiga 1Komdis PSSI

Berita Terkini