x

Sejak Dilatih Louis van Gaal, Timnas Belanda Belum Terkalahkan

Selasa, 27 September 2022 06:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal.

INDOSPORT.COM - Timnas Belanda sedang dalam performa terbaiknya di ajang internasional, karena sejak dilatih Louis van Gaal mereka belum terkalahkan jelang Piala Dunia 2022.

Timnas Belanda berhasil melaju ke partai final UEFA Nations League A, usai mengalahkan Belgia 1-0 pada laga terakhir fase grup 4.

Baca Juga

Bermain di Stadion Amsterdam Arena, Senin (26/09/22) kemarin, Timnas Belanda sempat kesulitan membongkar pertahanan Belgia.

Apalagi tim tamu juga merupakah salah satu negara kuat di Eropa saat ini dengan segudang pemain bintang muda potensialnya.

Tak heran, mereka juga beberapa kali mengancam gawang Belanda. Skor 0-0 mewarnai babak pertama.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, kebuntuan akhirnya pecah. Menit ke-73, Virgil van Dijk mencetak gol melalui sundulan. Skor 1-0 bertahan hingga laga bubaran.

Hasil ini mengantarkan Belanda ke final UEFA Nations League, sekaligus mencatatkan rekor bagi palatih Louis van Gaal.

Sejak dilatih mantan juru taktik Manchester United itu pada Agustus tahun lalu, Belanda belum sekalipun tersentuh kekalahan.

Baca Juga

Total ada 14 pertandingan yang mereka lalui dengan hasil kemenangan dan imbang.

Ia dikontrak untuk menggantikan Frank de Boer yang memutuskan mundur usai mengantarkan Belanda ke perempatfinal Euro 2020 lalu.

Dikutip dari situs Goal, KNVB mengontrak Van Gaal selama satu tahun dengan opsi perpanjangan sampai Piala Dunia 2022 Qatar yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Ini adalah kali ketiga KNVB menunjuk Van Gaal untuk menangani timnas Belanda. Sebelumnya, Van Gaal sempat membesut timnas Belanda pada periode 2000-2002 dan 2012-2014.

Statistik performa timnas Belanda pada dua periode tersebut adalah meraih 27 kemenangan, 13 hasil imbang, dan menelan 4 kekalahan.

Adapun prestasi terbaik timnas Belanda di bawah asuhan Van Gaal adalah menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Brasil.


1. Jadi Modal Jelang Piala Dunia 2022

Bomber Polandia, Robert Lewandowski mendapatkan pengawalan ketat dari bek Belanda, Virgil van Dijk di laga UEFA Nations League REUTERS/Kacper Pempel

Kemenangan Timnas Belanda atas Belgia di UEFA Nations League yang mengantarkan ke final, tentu jadi nilai positif tersendiri.

Sebab hal itu bisa mendorong kepercayaan diri para pemain jelang tampil di putaran final Piala Dunia 2022 pada Desember mendatang di Qatar.

Baca Juga

Apalagi mereka juga baru saja mengalahkan Belgi yang notabenenya tim kuat, karena saat ini menduduki peringkat kedua ranking FIFA.

Paling tidak, dengan pertandingan internasional terakhir jelang Piala Dunia November mendatang, Belanda akan berangkat dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Apalagi, Belanda mengalami kegagalan di Euro 2020, yang membuat Frank de Boer mengundurkan diri. Di sisi lain,

Baca Juga

Belanda akan berada di grup sulit Piala Dunia bersama dengan tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal.

Van Dijk, yang merupakan kapten timnas Belanda, mengaku tidak mudah melawan tim dengan peringkat dua dunia, dan diperkuat salah satu gelandang terbaik dunia, Kevin de Bruyne, hingga Eden Hazard.

Baca Juga

''Tapi pada akhirnya, sepak bola adalah tentang kemenangan, dan kami senang melakukannya," ujarnya.

"Namun kami pasti akan menganalisis permainan dan melihat apa yang bisa kami tingkatkan, karena begitulah kami,'' lanjut Van Dijk, dikutip dari laman resmi UEFA, Senin (26/9/2022).


2. Melihat Penampilan Bek Persija Saat Kawal Ronaldo di UEFA Nations League

Bek tengah Persija, Ondrej Kudela (17) bermain 68 menit untuk Timnas Ceko menghadapi Portugal semalam setelah masuk sebagai pemain pengganti di menit 22.

Bek klub Liga 1, Persija Jakarta, Ondrej Kudela, tampil membela negaranya Republik Ceko menghadapi Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo. Bagaimana penampilannya?

Sejumlah kompetisi sepak bola di dunia termasuk di Eropa seperti Liga Spanyol, Liga Italia dan Liga Inggris saat ini tengah mengalami masa jeda lantaran adanya agenda pertandingan internasional resmi FIFA atau FIFA Matchday.

Para pemain biasanya dipulangkan ke negaranya untuk memperkuat tim nasionalnya masing-masing, baik di laga uji coba maupun melakoni pertandingan bersifat kompetisi seperti UEFA Nations League.

Salah satunya adalah bek Persija Jakarta, Ondrej Kudela. Ia dipanggil untuk memperkuat timnas Republik Ceko menghadapi dua pertandingan UEFA Nations League melawan Portugal dan Swiss.

Republik Ceko melawan Portugal dilaksanakan pada Minggu (25/09/22) sedangkan melawan Swiss digelar pada Selasa (27/09/22) mendatang.

Baca selengkapnya: Melihat Penampilan Bek Persija Saat Kawal Ronaldo di UEFA Nations League, Mengecewakan! 

BelandaLouis van GaalPiala Dunia 2022Bola InternasionalVirgil van DijkUEFA Nations League

Berita Terkini