x

Shin Tae-yong Belum Nyaman Bicara Kontrak di Timnas Indonesia, Kenapa?

Selasa, 27 September 2022 09:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan menyatakan akan memperpanjang kontrak pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kinerja juru taktik berusia 52 tahun itu dianggap memuaskan. 

Selama menangani timnas Indonesia di beberapa kategori usia, Shin Tae-yong mampu menorehkan catatan apik. Dia meloloskan tim senior dan U-20 ke Piala Asia 2023.

Baca Juga

Dia juga mengantarkan tim senior ke final Piala AFF 2020 dengan materi mayoritas pemain muda. Timnas U-23 diantarkan meraih medali perunggu di SEA Games 2021. 

Melihat progres pesat Shin Tae-yong di timnas Indonesia, Ketum PSSI menyampaikan akan berkoordinasi dengan Exco PSSI untuk membicarakan perpanjangan kontrak. 

Akan tetapi, hal tersebut belum diketahui Shin Tae-yong. Ia mengaku belum kepikiran untuk membicarakannya karena tenggat waktunya masih lama.

Baca Juga

Eks pelatih Seongnam FC itu menjelaskan, kontraknya dengan PSSI baru akan berakhir Desember 2023. Shin Tae-yong ingin fokus ke Piala AFF 2022, Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 serta Piala Dunia U-20 2023. 

"Jujur tidak pernah bicara masalah perpanjangan kontrak sama PSSI, karena masih lama juga sampai Desember tahun depan. Jadi ini bukan tahap bicara harus memperpanjang kontrak atau tidak," kata Shin Tae-yong, Senin (26/9/22).

"Saya belum tahap bicarakan hal itu karena masih panjang setahun lagi. Saya belum bisa bicara sekarang, jujur belum ada pembicaraan," imbuh pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut. 

Baca Juga

Shin Tae-yong mengatakan baru memikirkan atau membicarakan kontrak apabila sudah selesaikan beberapa event tahun depan bersama timnas Indonesia.

"Jujur saya juga belum tahu informasi itu karena kontrak masih lama, jadi belum waktunya pembicaraan. Sekarang, saya fokus ke Piala AFF dulu, Piala Asia jadi tidak kepikiran," cetus Shin Tae-yong. 


1. Berterima Kasih

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Lebih lanjut, pelatih berusia 51 tahun tersebut juga menghargai dan berterima kasih atas kepercayaan Ketum PSSI dan masyarakat sejauh ini.   

"Ketika semua sudah selesai, kalau diakui sebagai pelatih yang bagus baru mungkin akan dipertimbangkan (perpanjang kontrak)," jelasnya. 

Baca Juga

"Tapi dengan ada persetujuan dari Ketum PSSI dan percaya kepada saya, artinya sangat baik, jadi saya berterima kasih," tuntas Shin Tae-yong. 

Baca Juga

Shin Tae-yong dikontrak PSSI selama empat tahun. Dia datang pada akhir 2019 dan diminta persiapan timnas Indonesia U-19 yang akan bertarung di Piala Dunia U-20 2021, yang akhirnya batal karena pandemi covid-19.


2. Disorot Media Eropa

Juninho Bacuna, pemain Curacao (nomor 7). Foto: Juninho Bacuna

Kesuksesan timnas Indonesia memenangi duel dramatis kontra Curacao, Sabtu (24/9/22), rupanya tidak hanya menjadi bahan perbincangan di dalam negeri.

Media luar seperti Sportnieuws dari Belanda pun ikut meliput hasil partai ini dimana Tim Garuda menekuk La Pantera Azul dengan skor tipis 3-2.

"Juninho Bacuna tidak mampu menolong Curacao dari kekalahan di Indonesia," begitu tulis Sportnieuws dalam judul artikel mereka edisi Minggu (25/9/22).

Baca Juga

"Curacao gagal mengalahkan Indonesia dalam uji coba pada Sabtu lalu. Indonesia yang punya luas wilayah 4.000 kali lebih besar menang dengan skor 3-2,"

"Pelatih Remko Bicentini sempat tersenyum di awal setelah Rangelo Janga, pemain CFR Cluj, mencetak gol cepa. Bintang kelahiran Amsterdam Marc Klok, kemudian bisa membawa skor kembali imbang 1-1 untuk Indonesia," 

Baca Selengkapnya

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini