x

Tak Dadakan Tunjuk Andre Gaspar, Bos Borneo FC Bongkar Alasan Pemecatan Milomir Seslija

Kamis, 29 September 2022 20:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Presiden klub Liga 1 Borneo FC, Nabil Husein Said Amin.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Borneo FC, belum lama ini membuat keputusan mendadak dengan memecat pelatih Milomir Seslija. Pesut Etam pun menggantinya dengan Andre Gaspar.

Keputusan Borneo FC tersebut sempat dikecam penggemar klub karena kinerja Milo tidak buruk. Pelatih asal Bosnia itu bawa Pesut Etam jadi runner-up Piala Presiden 2022 dan berada di papan atas klasemen sementara Liga 1. 

Baca Juga

Seperti diketahui, Borneo FC berada di posisi ke-5 klasemen sementara dengan 20 poin atau hanya beda tiga angka dari Madura United yang puncaki klasemen. 

Akan tetapi, Presiden Borneo FC, Nabil Husein, menyatakan pihaknya punya alasan kuat depak Milomir Seslija. Ada pertimbangan matang karena manajemen inginkan hasil yang lebih baik. 

"Pro-kontra tentu hal yang biasa. Saya sebagai pemilik klub tentu tidak asal-asalan mengambil keputusan. Semua sudah melalui berbagai pertimbangan, sehingga kami sepakat bahwa harus ada perubahan," ucap Nabil Husein.

Baca Juga

Nabil menegaskan bahwa penunjukan Gaspar, bukan sebuah rencana instan. Ia memastikan Borneo FC mengikat Gaspar untuk jangka waktu dua tahun. 

Andre Gaspar ditunjuk gantikan Milomir karena memiliki pengalaman bagus. Dia pernah juara Korean FA Cup 2018 bersama Daegu FC, melatih di Liga Champions Asia dan mengantongi lisensi Pro UEFA.

Baca Juga

"Kami kontrak selama kurang lebih dua musim dengan opsi penambahan," kata Nabil.

"Tentu harapannya, dia mampu secepatnya beradaptasi di sepak bola Indonesia dan bisa mengangkat tim ini di tempat yang lebih baik," imbuhnya. 


1. Target Nabil untuk Andre Gaspar

Prestasi Mentereng Andre Gaspar yang Bakal Bawa Borneo FC Rajai Liga 1

Andre Gaspar telah berada di Samarinda, Kalimantan Timur dan memimpin latihan Borneo FC. Dia harus persiapkan tim karena akan menjamu Madura United pada 1 Oktober nanti. 

Selain datangkan Andre Gaspar, manajemen Borneo FC juga memperkenalkan Alex Fernandes. Nama terakhir akan jadi asisten pelatih sesuai permintaan Andre Gaspar. 

Baca Juga

Alex datang dengan segudang pengalamannya di beberapa tim besar, bahkan pelatih kelas dunia. Dia pernah menjadi asisten Marcelo Lippi, Fabio Cannavaro, Luiz Felipe Scolari dan Sven Goran Eriksson.

“Sejak awal Andre Gaspar memang meminta asisten pelatih yang ia bawa sendiri. Kami pikir itu normal, karena pelatih baru butuh asisten yang sudah mengenal karakter melatihnya,” tutur sekretaris Borneo FC, Farid Abubakar.

Diharapkan, Andre Gaspar dan Alex Fernandes bisa meningkatkan kualitas Pesit Etam. Papan atas jadi target manajemen. 

Baca Juga

“Yang pasti kami ingin Andre Gaspar dan asistennya, serta para pelatih yang ada saat ini bisa membawa Borneo FC menjadi lebih baik,” tuntas Farid. 

Sementara itu, Milomir Seslija bukan pelatih pertama yang berpisah dengan Borneo FC ditengah ataupun awal musim. Sebelumnya ada Mario Gomez dan Risto Vidakovic. 

Baca Juga

Belum lama ini, klub asal Kalimantan Timur itu juga memecat manajer, Dandri Dayri dan menunjuk Mayjen (purn) Rudi Yulianto sebagai penggantinya. 

Borneo FC juga tidak memberikan penjelasan detail soal Dandri yang dibebastugaskan. Klub hanya ucapan terima kasih dan mendoakan Dandri sukses di karier selanjutnya. 


2. Banjir Kritik Usai Pecat Milomir Seslija

Pelatih anyar Borneo FC, Milomir Seslija.

Banjir kritik setelah memecat pelatih Milomir Seslija, Presiden klub Borneo FC, Nabil Husein Said Amin mengaku pro dan kontra adalah normal.

Pro kontra ini berawal dari keputusan manajemen Borneo FC untuk menyudahi kerja sama dengan pelatih Milomir Seslija, yang menukangi tim sejak awal Liga 1 2022.

Kepastian berpisahnya Milomir Seslija dikonfimasi melalui unggahan di Instagram Borneo FC, Minggu (25/9/22) malam WIB.

Pelatih asal Bosnia itu sebenarnya masih memimpin skuad Pesut Etam dalam laga uji coba melawan Serpong Ciy FC, pada Jumat (23/9/22) lalu, di Stadion Segiri Samarinda.

Meski laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Borneo FC, dan rekor tim yang masih berada di papan atas Liga 1, manajemen justru memecat Milomir Seslija.

Baca Selengkapnya: Banjir Kritik Usai Pecat Milomir Seslija, Presiden Borneo FC: Saya Tidak Peduli!

Borneo FCMilomir SeslijaLiga IndonesiaNabil Husein AminLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini