x

Ada Bintang Remaja Real Madrid dan Barcelona, Ini 5 Calon Wonderkid Terbaik Piala Dunia 2022

Jumat, 7 Oktober 2022 18:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Calon pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022 yang masih remaja meliputi Jude Bellingham, Pedri, Gavi, Eduardo Camavinga, dan Jamal Musiala.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 memang jadi ajang beradunya tim-tim terbaik dunia bersenjatakan pemain-pemain kelas wahid pula, tetapi bukan berarti pada bibit muda tidak bisa pamer talenta.

Bahkan para pemain yang masih dalam kategori remaja pun bisa memberikan pengaruh besar untuk timnya maupun turnamen secara keseluruhan.

Baca Juga

Ambil contoh Kylian Mbappe bersama Prancis di Piala Dunia 2018 lalu. Saat itu usianya baru 19 tahun tetapi perannya begitu luar biasa.

Tidak hanya mengantarkan Les Blues menjadi juara sebagai starter reguler, Mbappe juga didapuk sebagai pemain muda terbaik, runner-up top skor, sekaligus masuk dalam tim terbaik.

Fenomena tersebut bisa terulang lagi di Piala Dunia 2022. Cukup banyak pemain dengan umur belasan tahun yang siap menjadi bintang besar di Qatar akhir tahun ini. Siapa saja? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Jude Bellingham (Inggris, 19 tahun)

Titel pemain U-21 terbaik dunia saat ini memang tidak ada anugerah resminya namun publik mungkin sepakat jika Jude Bellingham adalah yang paling berhak mendapatkannya.

Bagaimana tidak? Sejak bergabung bersama Borussia Dortmund pada 2020 lalu saat usianya masih 17 tahun, talentanya langsung menyedot perhatian dunia.

Kini Bellingham sudah memainkan lebih dari 100 laga untuk Die Borussen dengan sumbangan 14 gol plus 20 assist sebagai seorang gelandang.

Baca Juga

Perlahan timnas Inggris pun mulai merutinkan pemasangannya di Starting XI. Hingga kini cap jebolan akademi Birmingham City itu sudah mencapai 17 buah.

Dengan cukup minimnya opsi midfielder sentral kreatif saat ini di skuad Gareth Southgate, akan sangat keterlaluan jika nantinya Jude Bellingham hanya jadi penghias bangku cadangan.


1. 2. Gavi (Spanyol, 18 tahun)

Gavi. (Foto: REUTERS/David W Cerny)

Namanya baru menghiasi daftar pemain timnas Spanyol mulai Oktober 2021 lalu tetapi perkembangan karier internasional Gavi begitu pesat.

Kini ia sudah menjadi penggawa reguler bagi La Furia Roja dan telah mengumpulkan 12 caps yang sebagian besar didapatkan dengan status starter.

Baca Juga

Gelar pemain termuda yang melakukan debut dan mencetak gol untuk Spanyol pun kini digenggamnya dalam usia 17 tahun.

Pemilik nama asli Pablo Gavira tersebut memang pemain unik. Ia bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah maupun penyerang sayap. Filosofi permainannya pun sangat cocok dengan pelatih Luis Enrique.

Gavi pun sekarang telah menjelma menjadi pemain inti di klubnya, Barcelona, dan bila tidak cedera maka Spanyol dipastikan akan memanggilnya ke Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga

3. Jamal Musiala (Jerman, 19 tahun)

Apabila ada youngster lain yang bisa menandingi pamor sekaligus produktivitas Jude Bellingham, maka ia adalah Jamal Musiala yang tidak lain adalah sahabatnya sendiri.

Keduanya dulu sempat bersama-sama membela timnas junior Inggris, tetapi Musiala kemudian memilih untuk membela Jerman yang merupakan negara kelahiran pemuda berdarah Nigeria tersebut.

Musiala sebenarnya juga sudah rajin tampil sejak 2020/2021 bersama klubnya sehingga kini total sudah bermain 90 kali tetapi karena skuad Die Roten lebih sesak oleh bintang-bintang ia baru benar-benar menonjol pada 2022/2023.

Baca Juga

Pemuda yang sempat mencicipi akademi Chelsea tersebut di segala ajang telah menelurkan 7 gol dan 6 assist dari 12 penampilan. Timnas Jerman pun memberinya lebih banyak kesempatan dan hasilnya 17 caps bisa dikumpulkan.

Manajer Der Panzer, Hansi FLick, sudah mengenal bakat Jamal Musiala semenjak keduanya masih di Bayern bersama-sama sehingga tidak perlu kaget jika sang wonderkid akan menjadi starter di Qatar nanti.


2. 4. Pedri (Spanyol, 19 tahun)

Eduardo Camavinga.

Pedro Gonzalez atau yang lebih akrab disapa sebagai Pedri sempat menjadi sensasi setelah ia menjadi pemain termuda untuk Spanyol di Piala Eropa 2020 plus tercatat sebagai pemain dengan menit bermain terbanyak untuk negaranya di kompetisi yang sama.

Meski La Furia Roja gagal menjadi juara karena terhenti di semifinal, namun playmaker Barcelona itu tetap berhak diganjar anugerah pemain muda terbaik dan masuk dalam best XI.

Baca Juga

Setelahnya ia sempat mengalami cedera panjang dan sinarnya agak meredup terutama dengan munculnya Gavi di Barcelona dan juga Spanyol namun bukan berarti Pedri sudah habis.

Ia justru diprediksi akan memperebutkan satu tempat di lini sentral dengan Gavi, Koke, dan Carlos Soler.

Persaingan gelandang di Timnas Spanyol memang masih ketat meski generasi emas Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets sudah tidak lagi mendominasi dan ini waktu yang tepat bagi Pedri untuk membuktikan diri.

Baca Juga

5. Eduardo Camavinga (Prancis, 19 tahun)

Cedera parah yang membuat Paul Pogba absen panjang akan jadi berkah tersembunyi bagi Eduardo Camavinga.

Pasalnya dengan demikian akan ada satu tempat tersisa di Timnas Prancis untuk diincar oleh wonderkid milik Real Madrid tersebut pada Piala Dunia 2022 mendatang.

Setelah sempat absen selama dua tahun pasca debutnya bersama Les Bleus senior, akhirnya Camavinga bisa kembali membela negaranya. Pada September lalu ia mendapatkan caps keempat.

Baca Juga

Pesaing gelandang berdarah Angola tersebut di Qatar nanti adalah Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, N'Golo Kante, hingga Boubacar Kamara dan secara teori kualitas mereka masih bisa ditandingi.

Musim ini sudah 11 penampilan bersama Real Madrid ia buat di Real Madrid. Bukti jika Eduardo Camavinga sudah semakin matang dang siap untuk membantu Prancis mempertahankan gelar di Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022Bola InternasionalEduardo CamavingaJude BellinghamJamal MusialaPedriGavi

Berita Terkini