x

Masa Depan Liga 1 Masih Belum Jelas, PSM Makassar Buka Opsi Agenda Uji Coba

Jumat, 7 Oktober 2022 11:55 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, tetap menggelar latihan di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa, Rabu (05/10/22) meski BRI Liga 1 2022/23 ditunda.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar membuka opsi untuk menggelar uji coba jika kelanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 masih belum jelas dalam beberapa waktu ke depan.

Rencana tersebut dikatakan langsung oleh pelatih Bernardo Tavares pasca memimpin anak didiknya berlatih di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa.

Baca Juga

“Terkait uji coba ya silahkan lihat saja nanti apakah akan ada atau tidak,” ucap Bernardo Tavares saat ditemui oleh awak media olahraga Makassar, Kamis (6/10/22) sore.

Meski demikian, juru taktik berusia 42 tahun ini menambahkan, agenda uji coba sangat tergantung kepada nasib Liga 1 2022-2023 yang telah resmi ditunda sementara waktu.

Baca Juga

“Semua tergantung pada berapa lama kompetisi ini dihentikan. Kalau memang lama, mungkin akan ada tapi saya sendiri tidak tahu,” tutur Tavares.

“Pada momen sekarang ini, target utama kami ialah pemain menjalani latihan secara baik dan maksimal tanpa memikirkan tentang agenda uji coba,” tambahnya.

Baca Juga

Diketahui, kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia ditunda untuk sementara waktu pasca-Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang dan ratusan lain luka-luka.

Kendati demikian, Bernardo Tavares tetap mengajak skuat PSM Makassar berlatih untuk mempertahankan sentuhan dan ritme permainan tim selama kompetisi vakum.


1. Hilang Fokus

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin latihan di Stadion Kalegowa, Senin (25/09/22). Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT

Lebih lanjut, Bernardo Tavares pun mengungkapkan bahwa dirinya lumayan kehilangan fokus dalam dua hari melatih PSM Makassar di tengah simpang siurnya nasib Liga 1 2022-2023.

Bagi pelatih berkepala plontos ini, jadwal yang masih abu-abu sangat berdampak besar terhadap konsentrasinya bersama tim pelatih untuk menyusun materi latihan terbaik.

Baca Juga

“Pemain tetap berupaya meningkatkan intensitas latihan, tapi situasinya berbeda apabila tidak tahu siapa lawan kami selanjutnya,” beber pemilik lisensi kepelatihan UEFA Pro ini.

“Ditambah juga tak yakin 100 persen kapan kami akan kembali berlaga sehingga saya merasa sangat kesulitan menaruh fokus, agresivitas, dan intensitas saat latihan,” pungkas Bernardo Tavares.

Baca Juga

Sekadar informasi, PSM Makassar telah menggelar latihan selama dua hari di Stadion Kalegowa, Gowa, terhitung sejak Rabu (5/10/22) hingga Kamis (6/10/22).


2. 2 Absen Latihan

Skuat PSM Makassar saat menggelar latihan di Hadhamas Futsal, Cikarang.

Ada pun sejak latihan perdana PSM Makassar pasca-keputusan penghentian sementara Liga 1 2022-2023 akibat Tragedi Kanjuruhan, sebanyak dua nama belum menampakkan batang hidungnya.

Mereka antara lain adalah Abdul Rahman Sulaeman yang masih dalam tahap pemulihan cedera dan bek muda Ibnul Mubaraq akibat demam.

Baca Juga

“Ibnul (Mubaraq) sedang terbaring sakit di rumahnya. Ketika seseorang sakit, maka tak boleh pergi bekerja (latihan),” tukas Bernardo Tavares.

PSM MakassarLiga IndonesiaStadion KanjuruhanLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballBernardo TavaresTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini