x

Bedah Kualitas Hirving Lozano yang ‘Fix’ ke Manchester United, Auto Jadi Cadangan?

Senin, 10 Oktober 2022 02:02 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Membedah kualitas winger Napoli, Hirving Lozano, yang ‘fix’ berlabuh ke klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United pada bursa transfer.

INDOSPORT.COM – Membedah kualitas winger Napoli, Hirving Lozano, yang ‘fix’ berlabuh ke klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United pada bursa transfer.

Kedatangan Hirving Lozano ke Manchester United tampaknya diproyeksi sebagai pengganti Cristiano Ronaldo yang kontraknya bakal berakhir musim ini.

Baca Juga

Erik ten Hag juga sudah mengonfirmasi untuk tidak menghalang-halangi Ronaldo untuk angkat kaki jika itu keinginannya pada bursa transfer musim dingin mendatang.

Ya, Manchester United memberikan lampu hijau bagi pria berusia 37 tahun itu untuk pergi bila ada tawaran masuk akal yang datang.

Kini setelah kabar Ronaldo untuk cabut mencuat, Manchester United ketiban untung karena Setan Merah berpeluang besar memboyong bomber Napoli, Hirving Lozano.

Baca Juga

Kabar tersebut tampaknya bukan isapan jempol belaka sebab agen Lozano, Alessandro Monfrecola, sudah memastikannya seperti yang dilansir oleh The Mirror.

“Juni depan, Lozano akan pergi menurut pendapat saya, juga karena dia menghasilkan lebih dari 4 juta di Napoli,” kata Monfrecole.

“Saya pikir dia (Lozano) bisa mendarat di Manchester United atau Everton. Ini tidak mengecualikan bahwa tim Inggris lainnya untuk dapat menawarnya. Prediksi saya pribadi adalah dia akan pergi pada bulan Juni nanti, tetapi untuk saat ini dia sangat bahagia di sini (Napoli),” tambahnya.

Baca Juga

Oleh sebab itu, INDOSPORT ingin membedah kualitas winger Napoli, Hirving Lozano, jika fix bergabung ke Manchester United. Apakah sang pemain jadi auto cadangan?


1. Kelemahan Hirving Lozano

Hirving Lozano selebrasi usai mencetak gol di laga Napoli vs Sampdoria

Setiap pemain pasti memiliki kelemahan, tak terkecuali untuk winger Napoli, Hirving Lozano. Namun, pastinya ada kelebihan yang dimiliki oleh setiap pemain.

Untuk bagian ini, kelemahan Hirving Lozano bakal dibahas terlebih dahulu dengan membandingkan statistiknya dengan winger Manchester United lainnya.

Baca Juga

Akurasi Tembakan

Data ini diambil dari Fbref yang mana menunjukkan betapa buruknya akurasi tembakan Lozano di musim 2022/2023 ini ketimbangan Antony, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Anthony Elanga.

Berikut akurasi tembakan Lozano dan winger Man United lainnya: Hirving Lozano (13,3%), Antony (35,3%), Marcus Rashford (26,7%), Jadon Sancho (75%), dan Anthony Elanga (33,3%).

Untuk rincinya, Lozano, Antony, dan Rashford adalah tiga pemain yang melakukan tembakan lebih dari 10 kali yang mana menunjukkan begitu bapuknya akurasi bomber Napoli tersebut.

Baca Juga

Ya, dari 15 tembakan yang dilakukan, hanya dua saja yang menemui sasaran ke gawang lawan dan tanpa ada yang berbuah gol.

Sementara itu, Sancho adalah hal yang berbeda. Pria asal Inggris itu memang mencatatkan 75 persen tembakan tepat sasaran, tetapi ia menembak empat kali dan tiga tendangannya tepat ke gawang.

Namun, walau persentasenya terlihat besar karena jumlah tembakannya yang minim, tiga tembakan tepat sasaran itu mampu dikonversi menjadi gol dua kali.

Baca Juga

Pressing

Berikut catatan pressing yang membuat lawan kehilangan bola: Hirving Lozano (7,1%), Antony (8,7%), Marcus Rashford (20,9%), Jadon Sancho (17,2%), dan Anthony Elanga (23,3%).

Kendatipun persentase pressing Lozano yang membuat lawan kehilangan bola terbilang sangat kecil, poin positifnya ia adalah pemain yang cukup suka memberikan pressing pada lawannya.

Bisa melakukan pressing itu bagus, tetapi menerapkannya sampai lawan bisa kehilangan bola lebih bagus lagi.

Dalam jumlah pressing, Lozano merupakan tertinggi ketiga (42), sang pemain hanya kalah dari Rashford (67) dan Sancho (58).

Meski demikian, itu adalah hal yang bagus. Profilnya setidaknya masih cocok untuk sistem sepak bola modern yang diusing oleh Ten Hag yang mengharuskan adanya pressing ke pemain lawan.


2. Keunggulan Hirving Lozano

Hirving Lozano, pemain Napoli. Foto: Napoli

Akurasi Passing yang Cukup Baik

Sebagai pesepak bola, bisa mengumpan tentu adalah keterampilan dasar yang harus dikusai oleh para pemain baik amatir maupun profesional.

Untuk menjalankan sebuah sistem, apa pun itu, akurasi passing menjadi satu hal vital. Oleh karena itu, skuad yang memiliki akurasi passing tinggi cenderung lebih bisa mengontrol permainan sehingga peluang menang kian tinggi untuk didapatkan.

Baca Juga

Berikut akurasi passing secara total para pemain: Hirving Lozano (76,3%), Antony (78,4%), Marcus Rashford (72,7%), Jadon Sancho (83,2%), dan Anthony Elanga (73,8%).

Memang akurasi passing Lozano bukanlah yang terbaik jika bergabung ke Manchester United. Namun, setidaknya itu adalah nilai tambah bagi Ten Hag agar ia juga tidak pusing merotasi pemainnya sebab sang pemain juga bisa mengumpan dengan baik.

Dribbling

Lozano tercatat adalah pemain paling jago soal dribbling ketimbang para winger Manchester United lainnya. Berikut datanya:

Hirving Lozano (90%), Antony (20%), Marcus Rashford (61,5%), Jadon Sancho (53,3%), dan Anthony Elanga (50%).

Tentu hal ini menjadi poin positif bagi Erik ten Hag sebab sang pelatih bisa menggunakan Lozano untuk mengacak-acak pertahanan lawan dengan dribble-nya.

Hal yang sama juga diungkapkan Pep Guardiola mengenai mengapa pelatih Manchester City itu membeli Jack Grealish kelewat mahal, tetapi tak mempunyai kontribusi gol dan assist yang mumpuni.

Pelatih asal Spanyol itu menuturkan bahwa ia membeli Grealish bukan untuk menugaskannya mencetak gol, melainkan ada alasan lain di baliknya.

Hal yang sama tampaknya mungkin bisa berlaku baginya. Selain itu, Lozano aslinya berposisi sebagai winger kanan, ia bakal bersaing dengan Antony nantinya.

Memang tak bisa dipastikan apakah bomber asal Napoli itu hanya akan lebih sering menghangatkan bangku cadangan atau tidak.

Akan tetapi, dari caranya bermain kurang lebih Lozano dirasa cocok untuk bermain di bawah tangan dingin Erik ten Hag.

Manchester UnitedNapoliLiga Primer InggrisLiga InggrisHirving LozanoOne Football

Berita Terkini