x

Termasuk Pemain Andalan, Berikut 3 Biang Kerok Kekalahan Liverpool atas Arsenal di Liga Inggris

Senin, 10 Oktober 2022 11:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Liverpool kembali tumbang di Liga Inggris usai digebuk Arsenal 3-2 dan Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold, dan Virgil van Dijk jadi penampil terburuk. (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

INDOSPORT.COM - Liverpool kembali menuai hasil negatif di lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 usai dikalahkan Arsenal pada Minggu (09/10/22) lalu.

Dua kali The Reds bisa menyamakan skor di Emirates Stadiumtetapi pada akhirnya The Gunners tetap menang dengan skor tipis 3-2.

Baca Juga

Pulang dengan tangan hampa dari ibu kota membuat Liverpool semakin tercecer dari peta persaingan juara Liga Inggris.

Setelah sembilan pekan berlalu, anak-anak asuh Jurgen Klopp masih berada di peringkat kesepuluh dengan koleksi sepuluh poin.

Ini adalah start terburuk Liverpool di kompetisi domestik sejak 2012/2013 yang kala itu hanya membuahkan sembilan poin dalam rentang waktu yang sama.

Baca Juga

Pada akhirnya Merseyside Merah yang saat itu dilatih oleh Brendan Rodgers hanya bisa menempati posisi ketujuh klasemen akhir Liga Inggris.

Kekalahan Liverpool dari Arsenal adalah dosa kolektif tetapi tetap saja ada 'biang sial' yang bisa dicari.

Berikut ini adalah tiga pemain Liverpool yang kami nilai tampil di bawah standar jadi jadi alasan kekalahan mereka pada big match kali ini.

Baca Juga

1. Mohamed Salah

Semakin besar gengsi sebuah pertandingan, semakin 'galak' biasanya penampilan dari Mohamed Salah. Hanya saja di Emirates winger kidal asal Mesir itu justru mati kutu.

Selama berada di lapangan Salah hanya bisa melepaskan sebuah tembakan dan itu pun tidak tepat sasaran. Ia bahkan kehilangan bola sampai dua kali yang tentunya membahayakan pertahanan Liverpool.


1. Salah Minim Gol

Bintang Liverpool, Mohamed Salah. REUTERS/Craig Brough

Akhirnya ia digantikan oleh Fabinho pada menit ke-70. Hasilnya Salah lagi-lagi gagal menggendutkan rekening golnya musim ini.

Di Liga Inggris 2022/2023, eks Chelsea dan AS Roma tersebut baru mengemas 2 gol dan 3 assist dari 8 penampilan. Jika dibandingkan dengan musim sebelumnya, angka ini cukup memprihatinkan.

Baca Juga

Pada 2021/2022, Salah masih bisa mengumpulkan 7 gol dan 5 assist. Tidak heran jika Liverpool pun menurun saat ini karena mesin gol andalan mereka sedang tidak produktif.

2. Trent Alexander-Arnold

Nama Trent Alexander-Arnold kembali menjadi trending dengan alasan negatif saat Arsenal menjamu Liverpool.

Baca Juga

Lagi-lagi kemampuan buruknya dalam bertahan sebagai bek kanan terekspos oleh publik dan terutama para penyerang Meriam London yang sedang meledak-ledak musim ini.

Saat Gabriel Martinelli membuka skor pada menit pertama, Trent punya andil besar usai ia gagal memotong umpan terobosan dari Martin Odegaard.

Baca Juga

Di lesakan kedua Arsenal yang diklaim oleh Bukayo Saka pun fullback asal Inggris itu juga melakukan blunder.

Trent justru ikut menjaga Martinelli yang sudah dicover oleh Jordan Henderson sehingga semakin banyak pemain lawan yang bisa merangsek tanpa kawalan ke kotak penalti Liverpool.


2. Van Dijk pun Oleng

Pemain Liverpool, Virgil van Dijk, saat keluar dari lapangan.

Jika terus seperti ini maka kans baginya untuk bermain sebagai starter di Piala Dunia 2022 akan semakin tergerus.

Sebelum ini saja karena dianggap kurang piawai dalam membantu pertahanan, posisi Trent Alexander-Arnold di skuat Inggris sudah diturunkan sebagai deputi Reece James dan Kyle Walker.

Baca Juga

3. Virgil van Dijk

Belakangan ini keberadaan Virgil van Dijk tidak menjamin keamanan bagi pertahanan Liverpool. Setelah semua pemain Liga Inggris kini tahu bagaimana cara melewati hadangan bek internasional Belanda tersebut.

Baca Juga

Van Dijk yang biasanya dominan dari lini belakang di Emirates sama sekali tidak bisa memenangkan duel udara atau pun tekel. Dari 74 umpan yang ia lepaskan pun tidak ada yang terhitung sebagai operan kunci.

Buruknya penampilan pria 31 tahun tersebut justru semakin membuat pemain bertahan dari kubu Arsenal semakin berkilau sebut saja Takehiro Tomiyasu dan William Saliba.

Baca Juga

Keduanya tampil apik dari segi jumlah tekel dan juga kemenangan duel di udara. Van Dijk pun menjadi salah satu pemain di laga Arsenal vs Liverpool dengan ponten terburuk versi Whoscoted, 6.

Cukup disayangkan karena sebelumnya mantan bintang Southampton tersebut digadang-gadang sebagai defender terbaik Liga Inggris dan bahkan Eropa namun kini menunjukkan penurunan.

LiverpoolArsenalMohamed SalahLiga Primer InggrisLiga InggrisVirgil van DijkTRIVIA

Berita Terkini