x

5 Debutan Termuda Liga Inggris Sejauh Musim Ini, Dua dari Liverpool

Selasa, 11 Oktober 2022 17:07 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Liga Inggris merupakan kompetisi paling elit di dunia sepak bola. Tapi di musim ini, terdapat 5 debutan termuda di Liga Inggris yang sudah diberikan kesempatan. 

Popularitas yang dimiliki Liga Inggris dibanding liga-liga lain, adalah persaingan ketat yang mereka miliki. 

Baca Juga

Dalam beberapa tahun terakhir, Liga Inggris memang sangat ketat terlihat dari jarak antartim di posisi empat besar. 

Jika liga-liga memiliki juara yang sama hampir setiap tahunnya, Liga Inggris berbeda. Mereka tidak pernah tim yang sama dalam 10 tahun berturut-turut menjuarai kompetisi. 

Kita bisa melihat Leicester City yang juara musim 2015/2016, yang berhasil menerobos stigma Big 6, seperti Manchester United, Manchester City, Chelsea atau Liverpool. 

Baca Juga

Persaingan yang ketat beririsan keras dengan para pemain bintang yang hampir semua tim Liga Inggris miliki. 

Namun keberadaan para pemain bintang yang non-Inggris, membuat para pemain muda asli Inggris jarang mendapat kesempatan tampil di liga senior. 

Meski sering terlihat di atas lapangan jarangnya pemain muda mendapat kesempatan, jika diperhatikan lebih baik, ternyata ada beberapa pemain. 

Baca Juga

Bahkan tidak sedikit tim yang memberi kesempatan kepada para pemain muda ketika sudah unggul di atas lapangan.

Seperti yang terjadi sejauh musim 2022/2023 ini, klub sekaliber Liverpool cukup rajin memberi kesempatan debut untuk para pemain mudanya. Siapa sajakah mereka?


1. 5 Pemain Debutan Termuda Liga Inggris Musim Ini

Pemain Liverpool Luis Diaz mencetak gol kesembilan ke gawang AFC Bournemouth. Foto: REUTERS/Phil Noble

1. Romeo Lavia

Romeo Lavia merupakan gelandang belia yang baru berusia 18 tahun asal Belgia. Dia diboyong Manchester City untuk masuk akademi pada musim panas 2020 lalu. 

Melihat bakatnya, Southampton pun tertarik merekrutnya di musim panas 2022 dengan menggelontorkan uang senilai 12,3 juta poundsterling.

Baca Juga

Benar saja, Romeo Lavia langsung debut bersama skuat senior Soton pada laga perdana Liga Inggris musim ini. Sayang, debut di usia 18 tahun 7 bulan tersebut diwarnai kekalahan telak 1-4 dari Spurs. 

2. Stefan Bajcetic

Pada musim dingin 2021 lalu, Liverpool meresmikan seorang gelandang bertahan belia asal Spanyol, Stefan Bajcetic dari Celta Vigo.

Musim 2022/2023, Bajcetic berhasil menarik perhatian Jurgen Klopp dan mendapatkan debutnya kala The Reds melumat Bournemouth di matchday keempat Liga Inggris. 

Baca Juga

Gelandang yang saat debutnya berusia 17 tahun 10 bulan 5 hari itu dimasukkan menit ke-69 dan memainkan 21 menit di laga debutnya. 

Belum diketahui, kapan Bajcetic kembali dimainkan oleh Klopp. Kini, dirinya lebih aktif di kompetisi level usia bersama Liverpool. 

3. Rico Lewis

Bek kanan muda asli Inggris, Rico Lewis mendapat momen berharga dalam hidupnya, ketika diberikan debut di Manchester City pada musim 2022/2023 ini. 

Baca Juga

Baru berusia 17 tahun 8 bulan, dia dimasukkan Pep Guardiola di akhir-akhir pertandingan matchday kelima menghadapi Bournemouth. Dia hanya bermain 8 menit di laga debutnya. 

Meski begitu, Guardiola beberapa kali memberinya penampilan sebagai pemain pengganti di laga-laga berikutnya. 


2. Debutan Termuda Liga Inggris, dari Liverpool dan Arsenal

Ethan Nwaneri, pemain muda Arsenal. Foto: REUTERS/David Klein

4. Bobby Clark

Dalam pertandingan menghadapi Bournemouth, Liverpool yang menang sembilan gol tanpa balas ternyata memberikan kesempatan debut untuk pemain muda selain Bajcetic.

Yakni Bobby Clark, yang juga bermain di posisi gelandang tengah. Usianya kala memainkan debut masih 17 tahun 6 bulan. 

Namun, Clark hanya diturunkan menit-menit akhir oleh Klopp. Menurut Transfermarkt, dia hanya bermain delapan menit kontra Bournemouth. 

Baca Juga

5. Ethan Nwaneri

Ethan Nwaneri adalah pemain Arsenal yang melakoni laga debutnya melawan Brentford. Menjadi perhatian karena usianya baru 15 tahun. Sebuah usia bagi pemain yang masih aktif duduk di bangku sekolah tingkat SMP.

Menit bermainnya saja masih sangat terbatas lantaran dimasukkan jelang berakhirnya babak kedua antara Brentford vs Arsenal pekan lalu. 

Di pertandingan tersebut, ia ternyata mencatatkan rekor sebagai debutan termuda di kompetisi kasta teratas Liga Inggris, Premier League.

Usianya saat masuk di pertandingan Brentford vs Arsenal adalah 15 tahun 181 hari, menurut catatan The Guardian.

LiverpoolArsenalManchester CityLiga Inggris

Berita Terkini