x

Ethan Nwaneri Termuda di Arsenal, kalau Liverpool Dulu Punya Titisan Michael Owen

Selasa, 20 September 2022 21:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Jika Arsenal punya Ethan Nwaneri, rival mereka di Liga Inggris (Premier League), Liverpool, juga punya pemain muda yang bisa jadi penerus Michael Owen.

Seperti diketahui, Arsenal baru-baru ini ‘mengeluarkan’ salah satu hidden card-nya berupa seorang pemain muda berusia 15 tahun, Ethan Nwaneri.

Baca Juga

Sekilas, ia nampak seperti pemain remaja pada umumnya yang baru terjun ke kompetisi kasta teratas sepak bola Inggris.

Menit bermainnya saja masih sangat terbatas lantaran dimasukkan jelang berakhirnya babak kedua antara Brentford vs Arsenal pekan lalu.

Di pertandingan tersebut, ia ternyata mencatatkan rekor sebagai debutan termuda di kompetisi kasta teratas Liga Inggris, Premier League.

Baca Juga

Usianya saat masuk di pertandingan Brentford vs Arsenal adalah 15 tahun 181 hari, menurut catatan The Guardian.

Sebelum ini, Harvey Elliott (Liverpool) mencatatkan diri sebagai debutan termuda di usia 16 tahun 30 hari saat bermain untuk Fulham pada 2019 lalu.

Selain meraih predikat tersebut, Ethan Nwaneri juga mencatatkan rekor tersendiri dalam ruang lingkup klubnya, Arsenal.

Baca Juga

Ia dinobatkan sebagai pemain termuda The Gunners melangkahi dua seniornya yakni Cesc Fabregas dan Jack Wilshere.

Nama yang pertama, sah menjadi pemain Arsenal di usia 16 tahun 5 bulan 24 hari), sedangkan yang kedua mencatatkan rekor 16 tahun 256 hari, seperti diwartakan laman Mirror.


1. Arsenal Punya Ethan Nwaneri, Liverpool Pernah Punya Titisan Michael Owen

Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein.

Ethan Nwaneri memang pemain unik yang hadir di Liga Inggris musim ini, berkat usianya yang masih muda ditambah statusnya yang masih mengenyam bangku sekolah.

Namun sebagai pemain yang masih sangat hijau, nampaknya pemain kelahiran 21 Maret 2007 ini harus menunggu sedikit lebih lama untuk melejitkan popularitasnya di Liga Inggris.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, ia akan melanjutkan jejak para seniornya, Cesc Fabregas dan Aaron Ramsey, dengan catatan Arsenal tidak kehilangan dirinya karena dibajak klub-klub lain di luar sana.

Ya, Arsenal memang memiliki Ethan Nwaneri, namun Liverpool juga tidak kalah menarik. Mereka juga punya pemain remaja yang bahkan digadang-gadang bisa jadi penerus Michael Owen.

Ia adalah Jerome Sinclair, yang pernah mencatatkan diri sebagai pemain termuda Liverpool sepanjang masa.

Baca Juga

Meski sedikit lebih tua dari Ethan Nwaneri saat pertama melakoni debut di tim senior, kemunculan Jerome Sinclair pada 2012 silam tentu patut dicatat dalam sejarah.

Di usia 16 tahun 6 hari, ia masuk dari bangku cadangan di pertandingan Liverpool melawan WBA di Piala Liga Inggris.

Hanya saja, sepak terjang Jerome Sinclair sebagai pesepak bola pada tahun-tahun berikutnya ternyata lebih sering diisi dengan petualangan sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga

Dari Wigan Athletic, Birmingham City, Sunderland, hingga klub-klub luar Inggris seperti CSKA Sofia sudah pernah ia singgahi.

Meski begitu, Jerome Sinclair yang baru saja angkat kaki dari Watford ini patut berbangga lantaran ia pernah mendapat pujian dari salah satu legenda Liverpool, Jamie Carragher.

 

2. Nasib Sedih sang Titisan Michael Owen

Jerome Sinclair sempat digadang-gadang sebagai titisan Michael Owen namun tidak sukses di Liverpool. Foto: PAUL ELLIS/AFP/Getty Images.

Sempat tampil brilian bersama Liverpool U-21, Jerome Sinclair pun berhasil meraih perhatian Jamie Carragher, yang melihat ada masa depan cemerlang yang membentang di hadapan juniornya itu.

Hanya saja, ia merasa merasa masih terlalu dini bagi sang pemain untuk langsung bermain bersama tim utama.

Baca Juga

Salah satu alasannya, saat itu Liverpool sudah memiliki cukup banyak pencetak gol andal termasuk Luis Suarez.

“Dia perlu dipinjamkan, mendapatkan menit bermain dan membuktikan diri. Mudah-mudahan awal musim depan dia akan menjalani tur pramusim,

“Dan menunjukkan kepada Brendan Rodgers apa yang bisa dia lakukan,” ucap Carra seperti pernah diwartakan Liverpool Echo.

Baca Juga

Akan tetapi sayang, meski pernah menyandang status pemain termuda Liverpool sepanjang sejarah seperti Ethan Nwaneri di Arsenal, nasib Jerome Sinclair ternyata tidak pernah membaik.

Setelah berstatus tanpa klub, belum lama ini ia kembali ke Oxford United untuk melakoni trial. Ia angkat kaki dari Watford pada 2021 setelah mengakhiri masa-masa berseragam Liverpool pada 2016.

Meski sempat disebut-sebut sebagai penerus Michael Owen, Jerome Sinclair justru berakhir sebagai pemain tanpa klub di usia 25 tahun.

Baca Juga

Namun bagaimanapun juga, ia tetap tercatat di buku sejarah Liverpool sebagai pemain termuda klub sepanjang masa.

Semoga saja Ethan Nwaneri di Arsenal bernasib lebih baik, ya.

LiverpoolArsenalLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne FootballEthan Nwaneri

Berita Terkini