x

Menanti Keahlian Jurgen Klopp untuk Jadi Pawang Bagi Liverpool dari Badai Cedera

Selasa, 11 Oktober 2022 16:39 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Juni Adi
Berikut langkah yang bisa dilakukan Jurgen Klopp untuk menyikapi sisa laga jelang Piala Dunia 2022, setelah dua pemain andalan Liverpool diterpa cedera.

INDOSPORT.COM – Berikut langkah yang bisa dilakukan Jurgen Klopp untuk menyikapi sisa laga Liga Inggris (Premier League) jelang Piala Dunia 2022, setelah dua pemain andalan Liverpool diterpa cedera.

Tim besutan Jurgen Klopp kini berada di peringkat 10 klasemen Liga Inggris 2022/23, setelah dikalahkan oleh Arsenal pada, Minggu (09/10/22).

Baca Juga

Liverpool telah mengalami musim awal dengan buruk dan tampaknya menjadi lebih buruk lagi, menyusul cedera yang dialami oleh Trent Alexander-Arnold dan Luis Diaz.

Luis Diaz mengalami cedera setelah mendapatkan takel dari Thomas Partey, setelah ia turut menyumbangkan satu assist untuk gol Darwin Nunez.

Meskipun takel yang dilakukan Thomas Party tidak terlalu berbahaya, tetapi penempatan kaki yang salah membuat Diaz menderita kerusakan ligamen di lututnya.

Baca Juga

Kabar baiknya, Diaz tidak perlu melakukan operasi, tetapi sebagai gantinya penyerang sayap asal Kolombia itu harus absen selama delapan minggu.

Sementara Trent Alexander-Arnold mengalami cedera pada pergelangan kakinya. Meskipun masih belum diketahui berapa lama ia akan absen.

Tapi, Jurgen Klopp mengungkapkan bahwa kondisinya tidak terlalu baik, melainkan justru terlihat semakin bengkak.

Baca Juga

Kabar cedera tersebut tentu turut disesalkan Jurgen Klopp. Sebab, Liverpool masih harus memainkan 10 laga jelang Piala Dunia 2022.

Lalu langkah apa yang perlu disiapkan? Berikut INDOSPORT akan mengulas langkah yang bisa dilakukan Jurgen Klopp untuk menyikapi sisa laga Liverpool jelang Piala Dunia 2022.


1. Jurgen Klopp Patut Meracik Susunan Pemain Baru

Diogo Jota, pemain Liverpool.

Sebagaimana diketahui, Diogo Jota merupakan satu-satunya pemain sayap kiri yang tersisa, setelah Luis Diaz mengalami cedera.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan jika Jota juga dimainkan dalam berbagai posisi yang berbeda.

Baca Juga

Diogo Jota pernah bermain sebagai gelandang serang, striker dan penyerang sayap kiri. Hanya saja, ia kerap menjadi opsi kedua karena penampilan Luis Diaz yang selalu positif.

Kini, adalah waktu yang tepat bagi Jota untuk kembali mengesankan Jurgen Klopp, setelah dipastikan akan menjadi pemain pengganti Luis Diaz.

Dengan begitu, Diogo Jota dipercaya akan bermain sebagai penyerang sayap kiri dan meninggalkan posisinya sebagai gelandang serang dalam dua pertandingan terakhir Liverpool.

Baca Juga

Pemain kelahiran Portugal berusia 20 tahun, Fabio Carvalho, bisa menjadi salah satu opsi untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Luis Diaz.

Fabio Carvalho sejatinya telah memainkan sejumlah laga bersama Liverpool di Liga Inggris pada musim ini.

Setidaknya Fabio Cavalho kini sudah mencicipi tujuh pertandingan dan mampu mencetak dua gol untuk Liverpool.

Baca Juga

Dengan absennya Luis Diaz, tentu ini menjadi kesempatan emas bagi Fabio Carvalho untuk meningkatkan performa sekaligus mengesankan Jurgen Klopp.

Pasalnya, Fabio Carvalho masih berusia 20 tahun, sehingga dengan memberikannya kesempatan bermain maka akan membantunya untuk mencapai level terbaik.


2. Berani Mengubah Formasi yang berbeda

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Sebagaimana diketahui, formasi 4-3-3 merupakan skema andalan Jurgen Klopp yang selalu dimainkan selama menjadi pelatih Liverpool.

Dengan formasi tersebut, Jurgen Klopp telah membantu Liverpool untuk meraih berbagai gelar seperti, Liga Inggris hingga Liga Champions.

Baca Juga

Tak pelak jika skema andalan itu terus menjadi dasar dari permainan Liverpool selama ditangani oleh Jurgen Klopp.

Hanya saja, pada dua pertandingan terakhir Klopp telah mencoba formasi yang berbeda, yakni 4-2-3-1 dengan menempatkan Darwin Nunez sebagai ujung tombak.

Formasi baru itu pertama kali ditunjukkan Jurgen Klopp ketika Liverpool melakoni pertandingan melawan Rangers di Liga Champions, Rabu (05/10/22).

Baca Juga

Menggunakan formasi baru, Liverpool mampu mengakhiri pertandingan melawan Rangers dengan kemenangan 2-0.

Sayangnya, formasi tersebut tidak cukup untuk mengalahkan Arsenal dan harus menelan kekalahan 3-2 saat bertandang ke Emirates Stadium.

Belum konsisten dengan formasi baru, Jurgen Klopp harus dipusingkan dengan cedera yang dialami Luis Diaz dan Trent.

Baca Juga

Oleh karena itu, Jurgen Klopp harus merencanakan sesuatu termasuk mengganti lagi formasi baru yang belum lama ini ia terapkan.

Dengan ketersediaan pemain Liverpool yang ada, berikut prakiraan formasi baru Jurgen Klopp (4-4-2): Alisson; Tsimikas, Van Dijk, Matip, Gomez; Jota, Thiago, Fabinho, Milner; Salah, Nunez.

LiverpoolJurgen KloppPiala Dunia 2022Liga InggrisTrent Alexander-ArnoldLuis Diaz

Berita Terkini