x

Update Pemain Keturunan Grade A untuk Piala Dunia U-20, Dirilis dalam Waktu Dekat?

Selasa, 11 Oktober 2022 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik Indra Sjafri dan utusan PSSI, Hamdan Hamedan, telah kembali ke Tanah Air usai mencari pemain keturunan untuk timnas Indonesia U-20. Keduanya memantau targetnya di Belanda lebih dari sepekan.

Indra Sjafri dan Hamdan terbang ke Belanda setelah pelatih Shin Tae-yong mengajukan sejumlah nama untuk meningkatkan kualitas timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Indonesia berstatus tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, sehingga Shin Tae-yong butuh pemain dengan skill, fisik dan pengalaman apik. Sebab, lawan yang dihadapi nanti tidak mudah.

Rupanya, tak hanya Indra Sjafri dan Hamdan yang ditugaskan. Shin Tae-yong juga mengirim langsung asistennya, Kim Jong-jin, yang merupakan analis pertandingan di timnas Indonesia. 

Mereka bertiga bahkan sudah memantau langsung pemain incaran saat pertandingan. Sayangnya, nama-nama tersebut masih dirahasiakan. 

Baca Juga

"Saya bersama coach Indra Sjafri dan coach Jim yang ke Belanda. Kami sudah melihat langsung pertandingan dari pemain incaran," kata utusan PSSI, Hamdan Hamedan, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (11/10/22).

Ketiga perwakilan PSSI juga telah berbicara langsung dengan pemain incaran. Tapi, lagi-lagi hasil komunikasi mereka masih dirahasiakan. 

Baca Juga

Hamdan mengaku baru akan bertemu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam waktu dekat. Mereka siap melaporkan hasil pantauan selama di Belanda. 

"Ya kami sempat berbicara langsung dengan pemainnya. Tapi, untuk nama-nama dan laporan lengkapnya nanti biar Pak Ketum yang akan merilisnya," jelas Hamdan. 


1. Ivar Jenner dan Justin Hubner

Ivar Jenner tanda tangan kontrak dengan saudaranya Irfan Bachdim.

Sebelumnya, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan ada dua nama yang sudah setuju bergabung ke timnas U-20. Sedangkan lima nama lain masih tahap pembicaraan. 

Berdasarkan informasi yang didapat INDOSPORT, pemain pilihan Shin Tae-yong merupakan grade A atau kualitasnya sudah teruji di klub. 

Baca Juga

Ketum PSSI juga menyebut dua nama yang telah memberikan keputusan adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner. Keduanya saat ini berusia 18 tahun.

Baca Juga

Ivar Jenner bermain untuk klub Belanda, FC Utrecht U-21 dan Justin merupakan bek tengah klub Inggris, Wolverhampton Wanderers U-21. 


2. STY Belum Puas

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Sebelumnya ada tiga pemain keturunan yang sempat dipanggil ikut latihan menjelang Piala AFF U-19 2022. Mereka adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Akan tetapi, kabarnya Shin Tae-yong kurang puas dengan kemampuan ketiga nama itu. Sehingga, dia memutuskan mengajukan nama baru kepada PSSI. 

Sebagai informasi, pada tahun 2020 lalu, Shin Tae-yong juga mengajukan nama Elkan Baggott untuk membela timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. 

Hanya saja, Elkan kemudian tidak bisa tampil lantaran event tersebut ditunda ke 2023 gara-gara pandemi covid-19. Dia toh tetap memilih WNI dan telah membela timnas senior.

BelandaPSSIIndra SjafriPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Ivar JennerBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20One Football

Berita Terkini