x

Liga Champions: Real Madrid dan Manchester City Duluan ke 16 Besar, Penampakan Calon Finalis?

Rabu, 12 Oktober 2022 15:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Real Madrid dan Manchester City tercatat sebagai tim pertama yang melangkah ke 16 besar Liga Champions. Foto: REUTERS/Isabel Infantes.

INDOSPORT.COM - Real Madrid dan Manchester City tercatat sebagai tim pertama yang melangkah ke 16 besar Liga Champions (Champions League) 2022-2023.

Kepastian tersebut diperoleh setelah wakil Spanyol dan Inggris tersebut meraup 10 poin di grupnya masing-masing.

Baca Juga

Meski sedikit terseok-seok lantaran hanya meraih hasil imbang, baik Los Blancos maupun The Citizens sama-sama hampir tidak terbendung di klasemen grup.

Real Madrid yang nyaris kalah dari Shakhtar Donetsk saat ini berstatus juara Grup F. Wajah mereka hampir saja tercoreng di laga semalam andaikata Antonio Rudiger tidak mencetak gol saat injury time.

Meski begitu, satu poin berharga Real Madrid tersebut harus dibayar dengan cedera horor Antonio Rudiger yang mengerikan.

Baca Juga

Mengalami luka berdarah-darah, ia harus mendapat 20 jahitan di bagian dahi. Untungnya, kondisinya baik-baik saja sebagaimana disampaikan oleh sang pelatih, Carlo Ancelotti.

“Dia mendapat luka di dahinya, dia baik-baik saja secara mental. Dia tertawa dan bahagia lantaran mencetak gol penting,” ucap Don Carlo dikutip dari laman resmi klub.

Sementara itu, Manchester City yang bermain sama kuat 0-0 melawan Copenhagen, bertengger di puncak klasemen Grup G.

Baca Juga

Padahal, anak-anak asuh Pep Guardiola sebelumnya tampil digdaya saat menghadapi wakil Denmark tersebut dengan kemenangan 5-0.

Namun Real Madrid dan Manchester City nampaknya sudah bisa bernapas lega, lantaran tiket ke 16 besar Liga Champions 2022-2023 sudah dalam genggaman.


1. Rapor Real Madrid dan Manchester City

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. Foto: REUTERS/Javier Barbancho.

Bicara soal hitung-hitungan dan melihat situasi Grup F, klub di peringkat dua dan tiga, RB Leipzig (6 poin) dan Shakhtar Donetsk (5 poin), sejatinya punya peluang mengejar Real Madrid.

Akan tetapi, kedua tim ini akan berjumpa pada matchday 6 alias terakhir, yang diprediksi jadi laga hidup mati mereka ke 16 besar.

Baca Juga

Manchester City bernasib sedikit lebih baik dengan mengumpulkan 10 poin di Grup G. Satu-satunya ancaman mereka saat in adalah Borussia Dortmund (7 poin).

Di sisi lain, peringkat tiga dan empat yakni Sevilla dan Copenhagen bisa dibilang tidak punya harapan lagi dengan raihan 2 poin mereka.

Manchester City membutuhkan kemenangan maupun sekadar hasil imbang di markas Borussia Dortmund pada matchday 5 untuk mengunci predikat juara grup.

Baca Juga

Persaingan di kompetisi Liga Champions memang selalu ketat dari masa ke masa, lantaran berisikan tim-tim terpilih yang tampil cemerlang di kompetisi domestik masing-masing.

Tidak jarang pula, peta kekuatan sebuah tim sudah bisa dilihat sejak berada di fase grup. Biasanya, setelah melalui empat pertandingan pertama, di mana poin yang diraih sudah menginjak angka dua digit.

Sejauh ini, hanya Real Madrid dan Manchester City yang sudah mencatatkan dua digit poin di saat para tim pesaingnya masih berjibaku mengamankan posisi di klasemen.

Baca Juga

Bahkan, Paris Saint-Germain (PSG) masih harus menanti tiket 16 besar usai berada di posisi yang sama kuat dengan Benfica (8 poin).

Penampilan Real Madrid dan Manchester City musim ini pun terbilang cukup layak untuk menjadi dua tim pertama yang lolos ke 16 besar Liga Champions, setidaknya dengan status runner-up. 

 

2. Sejauh Ini Terbaik di Fase Grup Liga Champions

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Foto: Reuters/Carl Recine.

Real Madrid sudah tampil on fire sejak musim lalu, membawa pulang gelar Liga Champions ke-14 mereka dari Paris 2021-2022.

Selain itu, anak-anak asuh Carlo Ancelotti juga mememenangkan gelar Liga Spanyol usai finis dengan 86 poin di klasemen akhir.

Baca Juga

Produktivitas gol mereka pun terbilang cukup mentereng dengan 80 gol dan hanya kebobolan 31 kali sepanjang liga.

Musim ini, selain tampil apik di Liga Champions, mereka juga menjaga persaingan dengan Barcelona di dua peringkat teratas klasemen Liga Spanyol.

Dua musuh bebuyutan tersebut sama-sama meraih 22 poin dari 8 pertandingan, yang tidak ayal menambah panas kompetisi sepak bola kasta tertinggi Negeri Matador 2022-2023.

Baca Juga

Status sebagai kampiun musim lalu juga sebuah keunggulan tersendiri bagi Real Madrid. Bagaimana pun juga, mereka adalah tim yang sudah memiliki mental juara sejak lama.

Sementara itu, Manchester City juga tidak kalah ganas di Liga Inggris. Kampiun 2021-2022 tersebut pun tampil brilian musim ini bersama rekrutan anyarnya yang sulit dibendung, Erling Haaland.

Bahkan, pemain muda asal Norwegia tersebut sampai saat ini masih bertengger di puncak top skor Liga Inggris dengan 15 gol.

Baca Juga

Harry Kane yang berada di peringkat 2 saja baru bisa mengumpulkan 8 gol untuk Tottenham Hotspur. Padahal, ia termasuk pemain yang sudah sangat kawak untuk urusan menjebol gawang di Liga Inggris.

Dengan rapor positif di atas, patut dinanti sepak terjang Real Madrid dan Manchester City di Liga Champions musim ini. Bukan tidak mungkin salah satu mereka akan jadi juara di Istanbul 2023.

Real MadridManchester CityLiga ChampionsBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini