x

Ulangi Kesuksesan Mane dan Salah, 3 Penyerang Tajam Afrika yang Layak Diboyong Liverpool

Rabu, 12 Oktober 2022 03:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Dua pemain Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

INDOSPORT. COM - Liverpool mungkin bisa mengulangi kesuksesan Sadio Mane dan Mohamed Salah, dengan mendatangkan lagi penyerang tajam yang berasal dari Benua Afrika.

Kiprah Liverpool dalam beberapa tahun terakhir, jelas memiliki kenangan manis terhadap kinerja dua penyerang Afrika, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Keduanya pernah saling bekerja sama menciptakan permainan ciamik yang membuat lini depan The Reds begitu mengerikan.

Baca Juga

Namun, duet maut tersebut kini hanya tinggal cerita, sebab Mane telah memilih pergi meninggalkan Anfield Stadium pada bursa transfer musim panas 2022 kemarin.

Bomber asal Senegal itu hijrah ke raksasa Liga Jerman, Bayern Munchen, sementara Salah masih setia membela Liverpool.

Kepergian Mane dan hanya menyisakan Salah saja, ternyata tampak memberikan dampak cukup besar kepada penurunan prestasi tim.

The Kop saat ini terseok-seok langkahnya di awal musim Liga Inggris 2022/23, cuma bisa menempati urutan 10 setelah melakoni delapan laga.

Demi membangkitkan lagi prestasi Anfield Gank, mungkin pelatih Jurgen Klopp bisa merepetisi langkahnya di masa lalu, yaitu memberikan kepercayaan penyerang-penyerang Afrika untuk mengisi lini depan timnya.

Klopp mungkin harus mendatangkan penyerang tajam Afrika lagi, yang kebetulan di luar sana tersedia beberapa opsi menarik.


1. 1. Patson Daka

Patson Daka

Patson Daka merupakan penyerang muda milik Leicester City, yang digadang-gadang bakal memiliki masa depan cerah sebagai penyerang tajam.

Perkiraan demikian tentu tidak sembarangan, sebab pemain asal Zambia itu memang punya rekam jejak ketajaman yang mentereng.

Musim 2020/21 lalu, pemain berusia 24 tahun tersebut masih bermain untuk Red Bull Sazlburg, dan menghasilkan total 27 gol dari 28 penampilan di Liga Austria.

Pindah ke Leicester pada musim panas 2021, perkembangan potensi Daka memang belum maksimal, tapi masih tergolong cukup tajam.

Sepanjang musim 2021/22 lalu, Daka yang masih beradaptasi dengan iklim sepak bola Inggris, mencetak total 11 gol buat Leicester.

Awal musim 2022/23, Daka mencoba tampil lebih baik di tengah merosotnya prestasi Leicester yang begitu hancur-hancuran.

Empat penampilan terakhirnya di pentas Liga Inggris 2022/23, Daka diketahui mampu mencatatkan koleksi tiga buah gol.

Bila Liverpool ingin mengulangi kesuksesan Mane dan Salah, mungkin Daka layak untuk diboyong ke Anfield Stadium.

Potensi luar biasa yang dimiliki Daka, bukan mustahil akan berkembang pesat jika dipoles oleh tangan dingin pelatih hebat seperti Jurgen Klopp.

Baca Juga

2. Wilfried Zaha

Wilfried Zaha dari Crystal Palace beraksi dengan Cedric Soares dan Martin Odegaard dari Arsenal REUTERS-David Klein

Kehilangan Sadio Mane yang pergi ke Bayern Munchen, memang meninggalkan lubang di posisi winger kiri Liverpool.

Posisi tersebut dahulu biasa ditempati Mane dengan sangat baik, begitu eksplosif dan tajam menghasilkan gol.

Sekarang, Liverpool mengandalkan Luis Diaz guna mengisi kekosongan yang ada, tapi kinerjanya belum mampu menyamai level Mane.

Maka dari itu, The Reds mungkin layak membeli penyerang sayap Afrika lagi, terutama untuk meningkatkan ketajaman winger kiri, serta mengulangi kesuksesan Mane dulu.

Ada satu nama winger kiri Afrika yang kualitasnya tampak mumpuni, yaitu pemain asal Pantai Gading milik Crystal Palace, Wilfried Zaha.

Kiprah Zaha dalam beberapa musim terakhir termasuk memukau, karena selalu mampu mencetak dua digit gol, meski cuma bermain bersama tim medioker.

Musim ini, performa Zaha terlihat masih terjaga kecakapannya, sudah mencetak empat gol dari tujuh laga yang dimainkan.

Bila The Reds tertarik memboyong Zaha, harga pasaran sang pemain saat ini menurut data Transfermarkt ada di kisaran 38 juta euro.

Namun Liverpool berpeluang mendapatkan Zaha secara gratis tahun depan, mengingat kontraknya di Palace akan habis pada Juni 2023 mendatang.


2. 3. Victor Osimhen

Selebrasi gol Victor Osimhen di laga Napoli vs Cagliari.

Penyerang paling tajam yang berasal dari Benua Afrika di pentas sepak bola Eropa saat ini, ialah bomber asal Nigeria milik Napoli, Victor Osimhen.

Sejak 2018/19, Osimhen selalu mampu mencetak dua digit gol untuk klub-klub yang dibelanya, tentu termasuk Napoli.

Musim lalu, kiprah penyerang berusia 23 tahun berhasil menyumbangkan total 18 gol dari 32 penampilan berbagai ajang.

Baca Juga

Jika Liverpool berminat, Osimhen mungkin cocok diboyong guna mengulangi kesuksesan Mane dan Salah perihal penyerang Afrika.

Selain memang berkualitas jempolan, Osimhen juga handal untuk memainkan sejumlah posisi sekaligus, baik penyerang tengah, maupun winger kanan dan kiri.

Namun, harga pasaran Osimhen saat ini tergolong sangat mahal, yakni 65 juta euro, dan rasanya bakal memberatkan finansial Liverpool.

LiverpoolMohamed SalahSadio ManeLiga InggrisAfrika

Berita Terkini