x

Progres Arkhan Kaka di Timnas Indonesia U-17 Buat Persis Solo Tersenyum

Rabu, 12 Oktober 2022 14:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo bisa tersenyum dengan performa menawan Arkhan Kaka Putra Purwanto bersama Timnas Indonesia U-17. Kaka menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Arkhan Kaka merupakan salah satu pemain termuda di skuad Timnas Indonesia U-17. Anak dari mantan bomber Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo, ini menjadi tulang punggung lini depan Garuda Muda.

Baca Juga

Tujuh gol dicetak Arkhan Kaka selama babak kualifikasi. Pemain kelahiran 2 September 2007 tersebut mencetak empat gol ke gawang Guam, dua gol ke gawang Uni Emirat Arab serta satu gol ke gawang Malaysia.

Tujuh gol ini memang tak menempatkan Arkhan Kaka sebagai top skor. Ia masih kalah dari bomber Australia, Nestory Irankunda dan bomber Chia, Wang Yudong, yang mencetak delapan gol.

Meski begitu, Arkhan Kaka sudah membuat Persis Solo tersenyum. Dengan usia yang baru 15 tahun, Kaka cukup menonjol di kelompok usianya.

Baca Juga

"Saya pribadi tidak terkejut karena dia berangkat dari latihan juga melakukan hal itu. Cuma memang sedikit surprise ketika dia bisa melakukan hal yang sama di level internasional," kata asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, Senin (11/10/22).

Mantan pelatih Persis U-20 ini menyebut, Arkhan Kaka punya bekal bagus saat di Persis Solo. Dia termasuk pemain yang diberi kesempatan untuk naik kelas.

Selama ini, Arkhan Kaka berlatih di tim U-20. Makanya, Rasiman cukup paham dengan bagaimana level permainan dari mantan pilar tim muda Bhayangkara FC ini.

Baca Juga

"Keuntungan dia adalah karena selama ini berlatih dengan tim Persis U-20. Itu membuat dia lebih strong dibanding anak-anak seumurnya. Mungkin hanya dia yang berlatih dengan tim U-20," jelas Rasiman.

Meski namanya mulai naik, Rasiman berharap Arkhan Kaka tak puas pada titik sekarang. Ia menilai para pemain muda, termasuk Arkhan Kaka, masih harus berjuang dengan keras.


1. Segera Move On

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Persis Solo punya rencana untuk memainkan Arkhan Kaka pada Elite Pro Academy (EPA) U-20. Pada pekan ini, Arkhan Kaka sudah kembali gabung dengan tim.

"Saya bersyukur, mudah-mudahan bisa tetap humble, karena itu penting. Kita tunggu saja, mudah-mudahan dia bisa bermain di Liga 1 U-20," harap Rasiman.

Baca Juga

Persis Solo punya keinginan agar Arkhan Kaka bisa berproses lebih cepat. Ketika Marselino Ferdinan bisa membela Timnas Indonesia pada usia 17 tahun, hal yang sama mungkin saja bisa dilakukan Arkhan Kaka.

Namun, semua itu juga bergantung pada konsistensi Arkhan Kaka. Ketika semangat dan kerja keras dilakukan setiap hari, kemungkinan akan selalu terbuka baginya.

Baca Juga

"Kita akan bantu mempercepat prosesnya untuk menjadi pemain profesional," ucap Rasiman.

Sebelum berjuang bersama tim muda Persis Solo, ada hal penting yang perlu dilakukan Arkhan Kaka. Ia perlu move on dari kegagalan Timnas U-17 masuk babak utama Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga

Kegagalan ini menjadi pil pahit setelah Indonesia dijagokan lolos sebagai juara grup. Nahas, pada laga terakhir, skuat besutan Bima Sakti justru dibantai Malaysia 1-5.

Kegagalan itu menimbulkan sorotan, terutama dari warganet yang menganggap skuat Timnas U-17 terkena stars syndrome, hingga meremehkan Malaysia.


2. Dukungan Keluarga

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Proses ini tentu saja tak akan dilakukan Arkhan Kaka sendirian. Sang ayah, Purwanto Suwondo, tentu bisa memberi masukan berbekal pengalaman panjang sebagai pemain profesional.

Selain itu, teman-temannya dari pemain muda Persis Solo juga akan memberinya semangat. Saat kalah dari Malaysia 1-5, Arkhan Kaka termasuk pemain yang menangis usai laga.

Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Timnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini