x

Liga 1 Belum Bergulir Lagi, Barito Putera Nekat Perpanjang Kontrak Pemain Muda

Kamis, 13 Oktober 2022 22:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Barito Putera perpanjang kontrak Alexandro Felix Kamuru. (Foto: Barito Putera)

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 2022 belum bergulir lagi, namun Barito Putera nekat untuk memperpanjang kontrak pemain muda, Alexandro Felix Kamuru.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 2022 harus dihentikan pada pekan ke-11, setelah ada Tragedi Kanjuruhan antara Arema FC vs Persebaya, yang memakan korban jiwa.

Baca Juga

Beberapa tim memilih untuk membubarkan sesi latihan dan memulangkan para pemain ke kediaman masing-masing, mulai dari Madura United hingga Persija Jakarta.

Namun Barito Putera justru menempuh langkah yang berbeda. Lewat unggahan di media sosial Instagram, Laskar Antasari sampai saat ini masih menggelar latihan.

Bahkan, manajemen Barito Putera juga nekat memperpanjang kontrak salah satu pemain muda potensial, Alexandro Felix Kamuru, jebolan Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

"Wonderkid Alexandro Felix Kamuru akan tetap berseragam Laskar Antasari. Mari berjuang bersama," tertulis di unggahan Instagram Barito Putera, Kamis (13/10/22).

Baca Juga

Alexandro Felix merupakan pesepak bola muda asal Papua yang berposisi sebagai bek kiri. Alex masih berusia 17 tahun, dan sudah dipromosikan ke tim senior Barito.

Alexandro Felix Kamuru pernah menjadi andalan di Timnas Indonesia U-16, dan kini di Timnas U-19. Alex juga sempat dipantau oleh talent scout untuk Garuda Select 5.


1. Rencana Liga 1 Digelar November

Action plane dari hasil pertemuan PSSI, FIFA dan AFC untuk perbaikan sepak bola Indonesia usai tragedi Kanjuruhan, Malang, Kamis (13/10/22).

Keputusan berani dilakukan oleh Barito Putera, memperpanjang kontrak pemain muda di saat kompetisi Liga 1 2022 masih dihentikan akibat Tragedi Kanjuruhan lalu.

Beruntung, saat ini tim Task Force Transformasi bentukan FIFA dan PSSI sudah menyusun timeline kerja untuk pembenahan sepak bola Indonesia, khususnya Liga 1.

Baca Juga

Salah satunya rencana mereka adalah melanjutkan kompetisi Liga 1 2022, dan diperkirakan akan mulai bulan November.

Liga 1 rencananya akan digelar secara normal pada 25-26 November, hanya saja sifatnya masih tentatif, masih bisa berubah jadwalnya tergantung dinamika yang terjadi.

"Kami bersama pemerintah, FIFA, hingga AFC, akan membahas timeline tugas (Tim Task Force)," ungkap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Kamis (13/10/22).

Baca Juga

"Sudah disampaikan tadi, tanggal 17 (Oktober) akan digelar pertemuan antara FIFA, PSSI, dan AFC," lanjut Iriawan lagi.

"Insyaallah akan berangkat tanggal 17 (ke Kuala Lumpur), tanggal 18 Presiden FIFA akan bertemu presiden Jokowi dan PSSI."

"Presiden FIFA (Gianni Infantino) akan terbang ke Jakarta setelah kegiatan di Kuala Lumpur. Pembahasannya nanti adalah komitmen FIFA dan pemerintah," jelasnya.

Baca Juga

Iriawan berharap kedatangan Infantino bisa membantu misi Tim Task Force, agar sepak bola Indonesia bisa digelar lagi, dengan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.

"Presiden FIFA akan hadir di G20, kami berharap kedatangannya bisa menunjukkan bahwa Indonesia tempat yang aman dan siap untuk memulai liga lagi," tukas Iriawan.


2. Barito Putera Gelar Doa Bersama

Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC.

Sebagai ungkapkan rasa simpati terhadap Tragedi Kanjuruhan, pemain Barito Putera dan manajemen menggelar doa bersama dan open donasi, Senin (3/10/22) malam.

Usai memanjatkan doa bersama, pemain dan para tamu yang hadir juga melakukan pengumpulan uang yang didonasikan untuk keluarga korban yang meninggal dunia. 

"Kita mendoakan, mudah-mudahan para korban mendapat tempat yang baik di sisi Allah SWT," ungkap Hansuryadi Sulaiman.

"Dan juga bagi yang masih dirawat di rumah sakit, bisa segera sembuh dan sehat."

"Kami berharap kejadian ini tidak terjadi lagi di manapun, dan mudah-mudahan ini yang terakhir. Sekali lagi kami berduka dan mendoakan," sambung Hasnur.

Barito PuteraPSSILiga IndonesiaLiga 1Hasnuryadi SulaimanIwan BuleAlexandro KamuruAlexandro Felix KamuruMochamad IriawanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini