x

Mengesankan Saat Tekuk Brighton, Sudah Waktu Bagi Ivan Toney Gantikan Harry Kane di Piala Dunia 2022

Sabtu, 15 Oktober 2022 20:48 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
Berikut alasan Ivan Toney sudah siap untuk menggantikan Harry Kane di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Inggris. Foto: REUTERS/Andrew Couldridge

INDOSPORT.COM – Berikut alasan Ivan Toney sudah siap untuk menggantikan Harry Kane di Piala Dunia 2022 Qatar bersama Timnas Inggris.

Ivan Toney tampil begitu mengesankan ketika melakoni pertandingan melawan Brighton di Liga Inggris 2022/23, Sabtu (15/10/22).

Baca Juga

Pada laga yang berakhir dengan kemenangan Brentford, Ivan Toney menjadi bintang setelah mencetak gol di menit ke-17 dan di menit ke-64 lewat penalti .

Padahal, Brighton tampil dengan mendominasi dengan menguasai 73 persen penguasaan bola, serta melakukan 21 percobaan.

Sementara Ivan Toney mampu memanfaatkan tujuh peluang dan mengonversinya menjadi dua gol bagi Brentford.

Baca Juga

Berkat kemenangan itu, Brentford saat ini berada di peringkat delapan dan hanya berjarak tiga poin dari empat besar.

Selain itu, Ivan Toney sekarang telah mengemas delapan gol sehingga membuatnya bersanding dengan Harry Kane.

Dengan kerja kerasnya selama ini, ia pada akhirnya mendapatkan panggilan dari Gareth Southgate untuk bergabung dengan Timnas Inggris.

Baca Juga

Hanya saja, sejak Ivan Toney dipanggil Timnas Inggris di jeda internasional September kemarin, ia sama sekali belum mendapatkan kesempatan bermain.

Untuk hal itu, INDOSPORT akan mengulas alasan Ivan Toney sudah siap untuk menggantikan Harry Kane di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Inggris.


1. Perbandingan Harry Kane dengan Ivan Toney

Harry Kane saat laga Liga Inggris antara Arsenal vs Tottenham Hotspur

Dalam segi pengalaman, Harry Kane memang lebih unggul karena telah berusia 29 tahun, sedangkan usia Ivan Toney terpaut tiga tahun lebih muda darinya.

Harry Kane juga telah memainkan 401 pertandingan sebagai striker dengan mencatatkan 263 gol dan 79 assist.

Baca Juga

Sementara Ivan Toney baru memainkan laga sebanyak 288 sebagai striker dan mencetak 143 gol serta 52 assist dari seluruh kompetisi bersama klub yang berbeda.

Berdasarkan catatan tersebut, dalam urusan gol Ivan Toney memang belum mampu menyamai rekor Harry Kane.

Tapi, Ivan Toney memiliki keunggulan lain yakni, dalam hal memberikan assist kepada rekannya sehingga ia tetap turut terlibat dalam proses gol.

Baca Juga

Melalui Whoscored, Ivan Toney memiliki peluang untuk memberikan assist (xA) sebesar 0.22 dari 90 menit disetiap pertandingan yang dimainkannya.

Sedangkan Harry Kane hanya memiliki xA sebesar 0.16 per 90 menit, sehingga terdapat gap xA sebanyak 0.12.

Dengan keunggulan tersebut, Ivan Toney tentu menjadi harapan baru bagi penyerang lain seperti Raheem Sterling atau Phil Foden untuk mencetak gol.

Baca Juga

Selain memiliki kemampuan dalam memberikan assist, Ivan Toney juga mampu mencetak gol meski peluang yang didapatkannya kecil.

Seperti pada pertandingan melawan Manchester United pada pertengahan Januari 2022 kemarin, Ivan Toney mampu menjebol gawang De Gea meski dengan expected goal (xG) sebesar 0,12.


2. Membantu Brentford Menjadi Tim yang Tajam

Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

Sebagaimana diketahui, pada musim lalu Brentford finish di peringkat 13 klasemen Liga Inggris 2021/2022.

Mereka hanya mampu mengoleksi 46 poin dari 38 pertandingan yang dilakoninya. Bahkan, selisih gol mereka juga berakhir dengan minus delapan.

Baca Juga

Sementara saat ini, mereka berhasil naik ke peringkat delapan dengan mencatatkan 13 poin dari 10 pertandingan di Liga Inggris.

Meskipun pencapaian mereka tidak terlalu signifikan. Tetapi, Brentford secara perlahan mulai menunjukkan adanya peningkatan.

Selain itu, Brentford juga dikenal sebagai kuda hitam yang kerap melibas tim-tim besar di Liga Inggris.

Baca Juga

Seperti pada pertandingan melawan Manchester United, Ivan Toney turut berkontribusi dengan memberikan dua assist untuk kemenangan 4-0.

Sedangkan pencapaian terbaiknya musim ini ketika ia mencatatkan hattrick, dalam kemenangan 5-2 atas Leeds.

Bahkan dalam pertandingan melawan Brighton, Ivan Toney menjadi satu-satunya pencetak gol untuk kemenangan Brentford dengan hasil 2-0.

Baca Juga

Berkat pencapaiannya bersama Brentford, tak pelak membuat Ivan Toney memiliki peluang untuk menggantikan Harry Kane di Timnas Inggris.

Dengan kemampuannya dalam mencetak gol dan mengeksekusi penalti, Ivan Toney dipandang telah siap menyongsong Piala Dunia 2022.

Harry KanePiala Dunia 2022Timnas InggrisIvan Toney

Berita Terkini