x

3 Perubahan yang Bisa Dilakukan Xavi Jelang Real Madrid vs Barcelona, Auto Tiga Poin?

Minggu, 16 Oktober 2022 15:29 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Aksi Xavi Hernandez kala memimpin Barcelona di laga kontra Atletico Madrid (06/02/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM – Berikut 3 perubahan yang sekiranya bakal dilakukan Xavi Hernandez jelang bentrok El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona di Liga Spanyol (La Liga).

Pertandingan Liga Spanyol antara Real Madrid vs Barcelona ini bakal dilaksanakan pada Minggu (16/10/2022) pukul 21:15 WIB.

Baca Juga

Real Madrid masih sempurna di semua ajang yang berarti Los Blancos belum pernah menelan sekali pun kekalahan, tak terkecuali di Liga Spanyol.

El Real sebelumnya harus merelakan takhtanya digeser oleh Barcelona setelah Real Madrid sempat ditahan imbang Real Osasuna 1-1 pada awal Oktober.

Dengan demikian, Real Madrid bertengger di posisi kedua dengan raihan 22 poin hanya kalah produktivitas gol dari Barcelona yang sama-sama memenangi tujuh laga dan imbang sekali dari delapan pertandingan.

Baca Juga

Sementara itu, Barcelona terus meroket dengan menyapu bersih kemenangan setelah sempat meraih hasil imbang kontra Rayo Vallecano di laga perdana Liga Spanyol.

Konsistensi pasukan Xavi Hernandez ini membuat El Barca berhak bertengger di peringkat pertama kendatipun terseok-seok di Liga Champions.

Ya, Robert Lewandowski cs pun terancam terlempar ke Liga Europa karena menghuni peringkat ketiga di fase grup yang dihuni oleh Bayern Munchen, Inter Milan, dan Viktoria Plzen.

Baca Juga

Kendatipun demikian, Barcelona tetap menatap laga El Clasico ini dengan keyakinan penuh bisa menghentikan laju Real Madrid.

Berikut ini tiga perubahan yang diprediksi bakal diterapkan oleh pelatih Los Cules, Xavi Hernandez, dalam laga El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona, auto tiga poinkah?


1. Busquets Out, Frenkie de Jong In

Frenkie de Jong saat laga LaLiga Spanyol antara Cadiz vs Barcelona

Saat melawan Inter Milan, penampilan Sergio Busquets bisa dibilang jauh dari kata memuaskan. Tentu hal ini juga tidak lepas dari usianya yang kian menua.

Memang di usia emasnya, Sergio Busquets menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia yang mana juga banyak membantu Barcelona memenangi trofi bergengsi.

Baca Juga

Akan tetapi, kini pria asal Spanyol ini sudah lapuk dimakan usia sehingga kemampuannya sudah tidak sehebat dahulu kala.

Di sisi lain, Frenkie de Jong adalah pemain muda dan berbakat yang menggantikan Busquets pada menit ke-63 di laga Liga Champions melawan Inter Milan.

Keahliannya membawa bola dari dalam sembari melihat ke depan adalah kemampuan yang dipunyai pemain yang begitu diminati Manchester United.

Baca Juga

Pria asal Belanda ini bahkan memberikan suntikan kekuatan dan visi kepada Barcelona yang mana hal itu tidak kelihatan sebelum De Jong masuk sebagai pemain pengganti.

Menghadapi Real Madrid yang belum pernah menelan satu pun kekalahan, Xavi Hernandez tentu harusnya memainkan Frenkie de Jong sejak awal.

Pasalnya, Sergio Busquets dirasa bukan pilihan yang pas untuk mengawali laga nan penting ini mengingat usianya yang sudah memasuki penghujung kariernya serta sang pemain sudah kian melambat dalam berlari.

Baca Juga

Tentu, memainkan Frenkie de Jong bakal jelas lebih berdampak bagi lini tengah Barcelona yang tentunya penting dalam bertahan dan mengalirkan bola ke depan demi terciptanya sebuah gol.


2. Gerard Pique Out, Jules Kounde In

Gerard Pique diprediksi bakal menepi dan digantikan oleh Jules Kounde dalam laga El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona.

Gerard Pique memang merupakan salah satu bek terbaik pada eranya saat masih berduet dengan Carles Puyol sekitar 10 tahun yang lalu.

Akan tetapi, tentu saja Gerard Pique kian lama makin menua yang berarti pemain veteran Barcelona itu juga sudah tidak secepat dahulu di zaman keemasannya.

Baca Juga

Terlebih lagi, pria asal Spanyol ini memiliki andil yang besar dalam terciptanya gol penyama kedudukan pemain Inter Milan, Nicolo Barella, di Liga Champions.

Bahkan, Pique pun tampaknya sudah tidak menjadi rencana jangka panjang Xavi Hernandez ke depan. Maka, sang pemain mungkin bakal diganti oleh Jules Kounde yang sudah fit pada El Clasico melawan Real Madrid nanti.

Marcos Alonso Out, Alejandro Balde In

Memang tidak ada jaminan bahwa Marcos Alonso tidak bermain seperti biasanya pada pertandingan El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona nanti.

Baca Juga

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pula Marcos Alonso bakal diparkir sementara waktu dan Xavi Hernandez bakal memainkan Alejandro Balde di posisi bek kiri.

Memang tidak ada salahnya untuk memberi Balde kesempatan pada laga ini mengingat sang pemain tengah on-fire saat ini.

Kemampuan, kreativitas, dan kecepatan Balde bisa saja menggoda Xavi Hernandez untuk memainkannya pada laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona nanti.

Baca Juga

Lantas apakah perubahan ini membuat Barcelona otomatis mendapatkan tiga poin melawan Real Madrid? Jawabannya tentu saja belum tentu.

Pasalnya, sepak bola memang tidak bisa diprediksi. Terlebih, setidaknya dengan tiga perubahan tersebut, peluang Barcelona untuk memenangkan laga menjadi lebih besar walaupun perubahan itu belum tentu menjamin bisa mencuri tiga angka.

Real MadridBarcelonaXavi HernandezEl ClasicoLiga Spanyol

Berita Terkini