x

Xavi Terancam Didepak, 3 Pelatih Nganggur yang Bisa Buat Barcelona Kembali Berjaya

Senin, 17 Oktober 2022 19:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi Xavi Hernandez kala memimpin Barcelona di laga kontra Atletico Madrid (06/02/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM – Buruknya performa Barcelona di bawah arahan Xavi Hernandez membuat isu pemecatan pun muncul. Berikut tiga pelatih nganggur yang bisa dilirik Blaugrana kelak.

Xavi Hernandez tengah menjadi sorotan setelah performa Barcelona menurun drastis dalam beberapa laga terakhirnya.

Baca Juga

Terbaru, Barcelona harus menelan kekalahan memalukan dari rival abadinya, Real Madrid, dengan skor 1-3 di lanjutan Liga Spanyol 2022/23, Minggu (16/10/22).

Kekalahan dari rivalnya itu membuat Xavi kemudian membuat banyak orang, terutama manajemen Barcelona, diselimuti keraguan akan kapasitasnya.

Pasalnya, Barcelona sudah mendukung Xavi sepanjang bursa transfer musim panas 2022 lalu dengan mendatangkan para pemain yang ia sukai.

Baca Juga

Meski banyak mendatangkan pemain bintang, nyatanya permainan Barcelona tak menunjukkan progres nyata di bawah arahan legendanya itu.

Sebuah fakta mengejutkan pun tercipta di periode kepelatihan Xavi. Diketahui, pelatih berusia 42 tahun itu punya catatan buruk ketimbang pelatih Barcelona lainnya dalam 50 laga.

Dalam 50 laga sebagai pelatih Barcelona, Xavi hanya menang 28 kali, 11 kali imbang, dan 11 kekalahan. Catatan ini jauh lebih buruk ketimbang Ronald Koeman dan Ernesto Valverde.

Baca Juga

Tak pelak ancaman pemecatan pun kini menghantui Xavi, jika Barcelona tak kunjung menunjukkan peningkatan performa di segala ajang yang diikuti.

Jika Xavi dipecat, Barcelona pun bisa melirik deretan pelatih berikut ini agar klubnya tak terus jadi bulan-bulanan lawannya. Berikut ulasan INDOSPORT.


1. Ada Raja Turnamen

Marcelo Gallardo pelatih River Plate

1. Thomas Tuchel

Pelatih nganggur pertama yang bisa dilirik Barcelona adalah Thomas Tuchel. Pelatih berjuluk ‘Raja Turnamen’ ini tengah menganggur usai dipecat Chelsea.

Tuchel bisa menjadi opsi bagi Barcelona yang ingin memilik pelatih spesialis juara dan cocok dengan filosofi tim yang menyerang.

Tuchel sendiri telah membuktikan dirinya merupakan pelatih yang akrab dengan gelar. Selain itu, ia juga memiliki taktik menyerang yang telah diperagakan di Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain.

Baca Juga

Karena Tuchel tengah menganggur, Barcelona pun bisa mulai melakukan pendekatan dengan eks pelatih Chelsea tersebut sebagai antisipasi jika Xavi dipecat.

Apalagi skuad Barcelona saat ini merupakan skuad yang cocok dengan Tuchel, dengan banyaknya eks pemain Chelsea dan juga mantan pemain buruannya di musim panas 2022 lalu.

2. Marcelo Gallardo

Marcelo Gallardo memang belum sepenuhnya menganggur. Tapi, ia sendiri sudah menekankan bahwa dirinya akan cabut pada Desember 2022 mendatang.

Dengan kata lain, terhitung pada akhir Oktober 2022 ini, Gallardo akan menganggur, mengingat November dan Desember aktivitas sepak bola akan disibukkan dengan Piala Dunia 2022.

Alhasil, Barcelona bisa mencoba mendekati Gallardo dalam waktu dekat ini sebelum dirinya dipinang oleh tim lainnya, utamanya dari Eropa.

Baca Juga

Apalagi Gallardo punya catatan impresif sebagai pelatih, di mana ia berhasil membuat River Plate meraih beragam titel di kancah domestik dan kontinental.

Di sisi lain, Barcelona pun bisa menuntaskan hasratnya menggaet Gallardo setelah sebelumnya pelatih asal Argentina itu disebutkan akan menjadi pengganti Ronald Koeman sebelum kedatangan Xavi.


2. Ada Penakluk Tim Raksasa

Marcelino Garcia Toral, eks pelatih Valencia.

3. Marcelino Garcia

Barcelona punya riwayat apik saat merekrut manta pelatih Athletic Bilbao. Karenanya, tak ada salahnya Blaugrana mencoba melirik Marcelino Garcia Toral.

Marcelino Garcia sendiri saat ini tengah menganggur usai memutuskan berpisah dengan Bilbao pada musim panas 2022 lalu.

Baca Juga

Ia dikenal sebagai pelatih progresif yang kerap melahirkan banyak bakat muda dan juga mampu meraih gelar dengan skuad yang biasa-biasa saja.

Dalam beberapa musim terakhir, Marcelino Garcia dicap sebagai pelatih pembunuh tim raksasa, karena kiprahnya yang bisa mengalahkan tim-tim besar seperti Barcelona dan Real Madrid.

Baca Juga

Dengan rekam jejak itu, jika Barcelona ingin memiliki pelatih asli Spanyol, tak ada salahnya mencoba menggaet Marcelino Garcia sebagai pengganti Xavi.

BarcelonaLaLiga SpanyolXavi HernandezThomas TuchelMarcelino Garcia ToralLiga SpanyolMarcello GallardoOne Football

Berita Terkini