x

Badai Cedera, Sudah Saatnya Southgate Ambil Keputusan 'Ekstrim' di Piala Dunia 2022

Rabu, 19 Oktober 2022 18:41 WIB
Editor: Ilham Oktafian
Sudah saatnya Gareth Southgate mengambil keputusan ekstrim menyusul badai cedera yang dialami Inggris jelang bergulirnya Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Sudah saatnya Gareth Southgate mengambil keputusan ekstrim menyusul badai cedera yang dialami Inggris jelang bergulirnya Piala Dunia 2022.

Keputusan ekstrim yang dimaksud adalah dengan memanggil para pemain debutan untuk dipercaya tampil di event empat tahunan tersebut.

Baca Juga

Bukan tanpa sebab, saat ini The Three Lions dihantam badai cedera. Pasukan Soutgate bertumbangan satu-persatu, mulai dari lini stopper, wingback hingga sektor tengah.

Di sektor wingback misalnya, saat ini pilihan Southgate jadi menipis setelah Reece James divonis mengalami cedera lutut serius pekan lalu. 

Pemain Chelsea tersebut kemungkinan besar tak akan berangkat ke Piala Dunia 2022. Situasi tersebut bikin Southgate kelimpungan.

Baca Juga

Pasalnya, sebelum cederanya Reece James, Southgate sudah ditinggal Trent Alexander-Arnold serta Kyle Walker.

Pun di sektor stopper. Dua palang pintu andalan Southgate yakni Harry Maguire dan John Stones masih belum pulih dari cedera saat mempekuat negaranya di ajang UEFA Nations League.

Ditambah lagi, gelandang muda yang jadi tulang punggung Southgate di ajang Euro 2020 lalu yakni Kalvin Philips juga belum ada kabar terbaru tentang cedera yang dialaminya.

Baca Juga

Tak ayal, jika Southgate sudah saatnya mengambil keputusan ekstrim dengan memanggil nama-nama yang belum ia sertakan di Timnas Inggris.

Berikut beberapa debutan, dan para pemain lain yang bisa dipanggi Southgate untuk mengatasi krisis The Three Lions sebelum bertolak ke Piala Dunia 2022.


1. 1. Harvey Elliott

Harvey Elliott saat laga Liga Champions antara Rangers vs Liverpool

Nama pertama yang layak dipanggil Southgate ke Timnas Inggris adalah Harvey Elliott. Bukan tanpa alasan, saat ini The Three Lions membutuhkan gelandang kreatif untuk menggantikan Phillips. Elliot bisa menjadi jawabannya. 

Penggawa Liverpool ini tercatat belum pernah memperkuat tim senior Timnas Inggris. Meski demikian, ia jadi andalan di usia muda The Three Lions.

Baca Juga

Tercatat, sebelum ditimpa cedera, Elliott sudah punya caps 14 pertandingan, baik di kelompok umur 15 tahun hingga 21 tahun.

Dengan kebangkitannya usai cedera panjang, sudah selayaknya Southgate memanggil Elliott untuk pertama kalinya menjajal tim senior.

2. Ben White

Musim ini, Arsenal tampil beringas dan memuncaki klasemen sementara Liga Inggris. Salah satu penyebab The Gunners tampil solid adalah lini belakang.

Baca Juga

Jika ditarik garis lurus, di sektor tersebut ada nama Ben White yang menjadi starter dalam 10 pertandingan Liga Inggris sejauh ini.

Penampilan apik tersebut bisa membukakan jalan bagi Ben White untuk kembali masuk Timnas Inggris. Nantinya, ia bisa ditempatkan sebagai wingback kanan menggantikan Reece James maupun Arnold.

Ben White sendiri memiliki empat caps di Timnas Inggris tetapi belum dipanggil lagi sejak pertandingan persahabatan melawan Swiss dan Pantai Gading pada bulan Maret 2022 lalu.

Baca Juga

3. Ruben Loftus-Cheek 

Sudah saatnya bagi Ruben Loftus-Cheek untuk masuk ke skuat The Three Lions di Piala Dunia 2022 mendatang. Pasalnya, kini ia menjadi langganan starter di bawah asuhan Graham Potter.

Pemain serba bisa ini bisa dipasang di area tengah untuk membentuk duet maut bersama gelandang West Ham United, Declan Rice.


2. 4. James Justin

Reaksi Conor Gallagher sebelum diusir dari lapangan di laga Chelsea vs Leicester City (27/08/22). (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Wingback milik Leicester City ini bisa menjadi nama selanjutnya yang bisa dibawa Southgate ke Piala Dunia 2022 mendatang.

Sama seperti Ben White, James Justin bisa menjadi solusi krisis wingback kanan yang dialami oleh The Three Lions.

Baca Juga

Sinyal James Justin kembali memperkuat Timnas Inggris menguat saat Southgate menonton pertandingan Leicester vs Crystal Palace akhir pekan lalu.

Tentu banyak yang menyangka ia memantau James Maddison. Namun beberapa laporan menyebut jika Southgate mengamati James Justin. 

5. Conor Gallagher

Conor Gallagher juga layak dibawa Southgate ke Qatar. Pasalnya, ia menawarkan fleksibilitas yang baik di area tengah. Baik dimainkan sebagai gelandang box to box maupun deep lying playmaker.

Baca Juga

Di bawah asuhan Graham Potter, penampilan Gallagher berkembang pesat. Itulah sebabnya ia layak masuk The Three Lions.

6. Joe Gomez

Opsi lain untuk mengatasi krisis wingback Inggris adalah penggawa Liverpool, Joe Gomez. Saat ini Gomez layak dipanggil ke Piala Dunia 2022 mendatang.

Laga melawan Manchester City pekan lalu membuktikan jika Gomez tampil apik dan mempu 'mengantongi' Erling Haaland. Nantinya, ia bisa dipasang sebagai wingback maupun stopper.

Baca Juga

7. Ivan Toney

Ivan Toney menjadi nama selanjutnya yang bisa masuk skuat Inggris. Saat ini ia membuktikan ketajamannya bersama Brentford.

Dengan Tammy Abraham yang tak kunjung menemukan performa terbaiknya, Toney bisa menjadi pelapis bagi Harry Kane.

InggrisPiala Dunia 2022Gareth SouthgateRuben Loftus-CheekJoe GomezHarvey ElliottBen WhiteConor GallagherIvan Toney

Berita Terkini