x

Profil Trio Wasit Wanita yang Siap Catat Sejarah di Piala Dunia 2022

Rabu, 19 Oktober 2022 15:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart, akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 di Qatar akan jadi panggung besar bagi tiga wasit wanita ini, yang akan mencetak sejarah tersendiri di dunia sepak bola.

Tidak dapat dipungkiri, jelang Piala Dunia 2022, publik disibukkan dengan berbagai serba-serbi terkait event akbar empat tahunan tersebut.

Baca Juga

Mulai dari pemain, para kontestan timnas, sampai hal-hal menarik tentang Qatar sebagai tuan rumah - pertama kalinya bagi negara Timur Tengah.

Kali ini, redaksi berita olahraga INDOSPORT.com akan membahas profil tiga wasit wanita yang bakal mengukir sejarah dengan kehadiran mereka di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, FIFA diketahui sudah memilih tiga wasit plus tiga asisten wasit wanita sebagai pengadil lapangan di Qatar nanti.

Baca Juga

“Kami sangat senang dengan adanya Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda, dan Yoshimi Yamashita dari Jepang,

“Lalu, ada asisten wasit Neuza Back dari Brasil, Karen Díaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari AS,” kata ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, seperti pernah diwartakan Eurosport.

Partisipasi tiga sosok di atas sendiri merupakan wujud konsistensi berlanjut FIFA, yang sudah sejak lama memasukkan wasit wanita untuk memimpin pertandingan-pertandingan sepak bola pria.

Baca Juga

“Kami dengan jelas menitikberatkan bahwa yang penting adalah kualitas, bukan gender,” tambahnya lagi.

Pierluigi Collina pun berharap, suatu hari nanti keberadaan wasit wanita di pertandingan sepak bola pria dianggap wajar, bukan sesuatu hal yang sensasional.


1. Profil 3 Wasit Wanita Piala Dunia 2022

Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart, akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images.

Tiga wasit wanita yang ditunjuk untuk Piala Dunia 2022, Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita pun bersiap mengukir nama mereka di buku sejarah.

Bersama tiga asisten wasit yang lain, mereka semua sudah menasbihkan diri sebagai figur yang punya nama di pertandingan-pertandingan sepak bola pria.

Baca Juga

Sekarang mari mengenal lebih dekat profil tiga wasit wanita di Piala Dunia 2022: Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita.

Stephanie Frappart

Wasit berusia 38 tahun ini terpilih sebagai salah satu pengadil lapangan di Piala Dunia 2022 setelah popularitasnya yang melejit di kompetisi-kompetisi Eropa.

Pada 2019 contohnya. Ia menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Ligue 1 Liga Prancis.

Baca Juga

Selain itu, wanita kelahiran Prancis tersebut juga menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019 yang digelar di negara asalnya.

Amerika Serikat tampil sebagai pemenang usai mengalahkan Belanda 2-0. Nama Stephanie Frappart turut melejit bersama sejumlah pemain bintang di event tersebut, termasuk Megan Rapinoe.

Bukan hanya itu. Sejumlah laga besar lain juga masuk CV wasit wanita asal Le Plessis-Bouchard tersebut, yakni final Piala Eropa antara Liverpool vs Chelsea dan final Coupe de France antara Nice vs Nantes.

Baca Juga

Bicara soal penunjukan dirinya sebagai salah satu wasit di Piala Dunia 2022, Stephanie Frappart pun mengaku tersentuh.

Ia bahkan tidak menyangka kesempatan emas dari FIFA tersebut akan singgah padanya.


2. Salima Mukansanga dan Yoshimi Yamashita

Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Salima Mukansanga

Selanjutnya ada pengadil lapangan asal Rwanda yang telah mencatat sejarah sebagai menjadi wasit wanita pertama di Piala Afrika beberapa waktu lalu.

Selain itu, ia juga pernah menangani pertandingan-pertandingan di Olimpiade, Piala Dunia Wanita, Africa Women Cup of Nations, dan CAF Women's Champions League.

Baca Juga

Berasal dari Rwanda, Salima Mukansanga tercatat sebagai wanita asal Afrika pertama yang menjadi pengadil lapangan di pertandingan-pertandingan sepak bola pria.

Kini, ia akan kembali mengukir sejarah dengan berada di panggung sebesar Piala Dunia 2022. Apalagi, eksistensinya sebagai wasit sudah teruji sejak berusia 20 tahun.

Di usia yang masih sangat muda tersebut, ia sudah terjun sebagai wasit di liga domestik wanita di negaranya.

Baca Juga

Yoshimi Yamashita

Apabila Stephanie Frappart mewakili Prancis, Salima Mukansanga mewakili Rwanda, kini ada Yoshimi Yamashita yang berasal dari Jepang.

Ia menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions Asia pada tahun 2019 , yang mempertemukan Melbourne City vs Chunnam Dragons.

Selain itu, wanita berusia 36 tahun tersebut juga sempat berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020 dan J1 League.

Baca Juga

Kini diberi tugas di Piala Dunia 2022, Yoshimi Yamashita mengaku senang namun ia sadar betul bahwa apa yang akan dilakukannya tersebut mengandung tanggung jawab yang besar.

Sama seperti Stephanie Frappart, ia juga tidak menyangka kesempatan untuk berada di Qatar bakal datang ke karier dan kehidupannya.

Piala Dunia 2022WasitBola InternasionalWasit PerempuanStephanie FrappartTrivia Piala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini