x

5 Mantan Bintang Liverpool Era Rafael Benitez yang Kini Berusia Uzur dan Masih Aktif Bermain

Kamis, 20 Oktober 2022 16:19 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Milan Baros.

INDOSPORT. COM - Sejumlah mantan bintang klub Liga Inggris, Liverpool, era kepelatihan Rafael Benitez, ternyata masih ada yang aktif berkarier, meski kini sudah berusia uzur.

Kiprah Liverpool di masa lalu, memang sempat menjalani masa-masa yang cukup indah bersama arahan pelatih asal Spanyol, Rafael Benitez, sedari 2004 sampai 2010.

Pertama kali datang ke Anfield Stadium pada musim panas 2004, tangan dingin racikan taktik Benitez sukses menghadirkan beberapa prestasi bergengsi.

Baca Juga

Benitez mampu mengantarkan The Reds menjuarai Liga Champions 2004/05, Piala Super Eropa 2005/06, serta Piala FA 2005/06.

Semua prestasi tersebut bisa Benitez berikan berkat bantuan pemain-pemain berkualitas jempolan yang dimiliki Liverpool.

Duet Steven Gerrard dan Fernando Torres jelas merupakan dua nama tersohor yang kariernya begitu mentereng kala Liverpool ditangani Benitez.

Namun, tentu bukan cuma Gerrard serta Torres saja yang berjasa besar, masih ada nama-nama lain dengan kontribusi tak kalah penting.

Menariknya, sejumlah mantan bintang Liverpool era kepelatihan Benitez, diketahui masih ada yang aktif berkarier hingga sekarang.

Padahal, kalau dibedah berdasarkan usia, mereka saat ini sudah tergolong sangat uzur bagi lingkup profesi pemain sepak bola.

Lantas, siapa saja para mantan bintang Liverpool yang dimaksud? Untuk mengetahui ulasan lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan INDOSPORT berikut!


1. Pepe Reina

Pepe Reina saat masih membela Liverpool.

Pepe Reina merupakan kiper yang diandalkan sebagai pilihan utama untuk mengawal gawang Liverpool di era kepelatihan Rafael Benitez dulu.

Ia pertama kali datang ke Anfield Stadium pada musim panas 2005, setelah ditebus dari Villarreal dengan harga 9,8 juta euro.

Reina berseragam Liverpool sampai musim panas 2014, mencatatkan total 394 penampilan, termasuk ketika membawa tim menjuarai Piala FA 2005/06.

Ia sempat dipinjamkan kepada Napoli sepanjang musim 2013/14, kemudian dijual ke Bayern Munchen seharga 3 juta euro pada musim panas 2014.

Kini, Reina sudah menginjak usia 40 tahun, tapi ia masih aktif berkarier bersama mantan klubnya di Spanyol, yaitu Villarreal.

Baca Juga

Lucas Leiva

Lucas Leiva sudah membela Liverpool selama 10 musim.

Rafael Benitez pertama kali mendatangkan Lucas Leiva ke Liverpool pada musim panas 2008, dibeli dari klub Liga Brasil, Gremio.

Leiva pun langsung menjadi andalan utama The Reds di lini tengah, terutama untuk mengisi posisi gelandang bertahan.

Karier Leiva lantas terbina bersama Liverpool sampai musim panas 2017, mencatatkan total 346 penampilan, tujuh gol, dan 21 assists.

Kebersamaan Leiva dengan Liverpool berakhir karena ia dijual kepada klub Liga Italia, Lazio, seharga 5,7 juta euro.

Kini, Leiva yang sudah menginjak usia 35 tahun, diketahui masih aktif menjalani karier sebagai pesepak bola profesional.

Ia saat ini membela mantan klubnya di Brasil, Gremio, dan baru gabung ke sana sejak bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Baca Juga

Martin Skrtel

Daniel Sturridge dan Martin Skrtel semasa masih membela Liverpool

Kiprah karier sepak bola Martin Skrtel dahulu sempat begitu diandalkan Liverpool untuk mengawal lini pertahanan tim.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini, pertama kali datang ke Anfield Stadium pada musim panas 2008, dibeli Rafael Benitez dari Zenit.

Skrtel sendiri membela Liverpool sampai musim panas 2016, mencatatkan total 320 penampilan, mencetak 18 gol dan enam assists.

Kebersamaannya dengan Liverpool harus berakhir karena ia dijual manajemen ke klub Liga Turki, Fenerbache, seharga 6 juta euro.

Kini, Skrtel yang sudah menginjak usia 37 tahun, diketahui masih aktif menjalani karier selaku pesepak bola profesional.

Ia saat ini sedang membela klub lokal negaranya, Slovakia, yakni Raztocno, dan bermain di sana sejak musim panas 2022 kemarin.


2. Ryan Babel

Dani Carvajal dan Raphael Varane berusaha keras untuk merebut bola dari Ryan Babel pada laga Liga Champions games ke-4 di Santiago Bernabeu Stadium

Rafael Benitez pertama kali mendatangkan Ryan Babel ke Liverpool pada bursa transfer musim panas 2007, dibeli dari Ajax Amsterdam.

Babel bermain untuk Liverpool sampai 2011, mencatatkan total 146 penampilan, menyumbangkan torehan sebanyak 22 gol dan 18 assists.

Kebersamaan Babel dengan skuat The Reds harus berakhir lantaran ia dijual manajemen ke klub Liga Jerman, Hoffenheim.

Kini, Babel yang sudah menginjak usia 35 tahun, diketahui masih aktif menjalani kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Ia saat ini membela klub Liga Turki, Eyupspor, dan bermain di sana sejak musim panas 2022, setelah meninggalkan Galatasaray.

Baca Juga

Milan Baros

Milan Baros.

Milan Baros adalah penyerang penting Rafael Benitez kala mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions 2004/05.

Karier Baros bersama Liverpool berakhir tepat setelah musim 2004/05 rampung, dijual kepada Aston Villa seharga 8,84 juta euro.

Kini, Baros yang sudah berusia 40 tahun, diketahui masih aktif menjalani hari-harinya sebagai pesepak bola profesional.

Ia saat ini tengah membela klub negaranya, Republik Ceko, yakni FK Vigantice, dan bermain di sana sejak musim panas 2020.

LiverpoolRafael BenitezLiga Inggris

Berita Terkini