x

5 Top Skor Sepanjang Masa Piala Dunia, Para Legenda Brasil Lewat!

Selasa, 25 Oktober 2022 11:33 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Ronaldo dan Ronaldinho di Timnas Brasil.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 5 pemain yang menjadi top skor sepanjang masa Piala Dunia. Para legenda Brasil dibuat tak berdaya.

Perhelatan akbar Piala Dunia yang digelar empat tahun sekali sebentar lagi akan dimulai di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022.

Baca Juga

Tim nasional dari berbagai penjuru dunia yang telah dipastikan lolos akan berebut gelar sebagai juara dunia.

Tak hanya itu, setiap tim nasional yang telah lolos tersebut juga pasti akan menurunkan skuad terbaiknya demi bisa mencapai target ke final dan menjadi juara.

Pada tahun 2022 ini, Piala Dunia menjadi gelaran yang untuk kedua kalinya diselenggarakan di benua Asia setelah Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Baca Juga

Sebanyak 32 tim akan mencicipi kerasnya persaingan di turnamen paling bergengsi antar negara-negara di seluruh dunia ini.

Negara-negara besar seperti Argentina, Brasil, Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis hingga Portugal difavoritkan untuk menjadi salah satu juara Piala Dunia tahun ini.

Namun, sebelum menuju kesana, sedikit bernostalgia terhadap hal-hal yang telah terjadi di Piala Dunia sebelumnya juga merupakan sesuatu yang menarik.

Baca Juga

Salah satunya adalah dengan menilik deretan para pemain yang telah mencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia.

Berikut adalah lima pemain yang menjadi top skor sepanjang masa Piala Dunia hingga saat ini.


1. 5. Pele, Brasil (12 Gol)

Pele.

Pada posisi ke-5, legenda Brasil Pele berhasil menempati posisi ini. Pele sendiri selama membela Brasil di Piala Dunia telah berhasil menorehkan 12 gol.

Tak cukup hanya dengan pencapaian sebagai top skor Piala Dunia, pemain dengan nama asli Edson Arantes do Nascimento ini juga memiliki pencapaian lain.

Baca Juga

Bersama Brasil, Pele juga telah tercatat berhasil menangkat trofi Piala Dunia. Tak tanggung-tanggung, Pele telah meraih trofi Piala Dunia sebanyak tiga kali pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Tak hanya itu, penghargaan individu pun turut ditorehkannya. Salah satunya adalah dengan diakuinya dirinya sebagai pemain terbaik sepenjang masa oleh The International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) sebagai World Player of the Century.

4. Just Fontaine, Prancis (13 Gol)

Tak ingin kalah dari Pele yang membukuan 12 gol sepanjang keikusertaannya di Piala Dunia. Prancis pun memiliki pencatat rekor serupa.

Baca Juga

Ya, dia adalah Just Fontaine. Fontaine sendiri merupakan salah satu legenda sepak bola Prancis selama ini.

Selama aktif menjadi pemain, mantan pemain OGC Nice dan Stade Reims tersebut telah sukses mengukir 13 gol di pentas Piala Dunia.

Menariknya, 13 gol yang diciptakannya itu hanya dibuat dalam satu sesi Piala Dunia yakni pada tahun 1958.

Baca Juga

Fontaine tercatat juga pernah membukukan hat-trick dalam kemenangan 7-3 atas Paraguay di babap penyisihan grup.

Just Fontaine tercatat juga pernah melesatkan empat gol kala Prancis berhadap dengan Jerman yang berakhir dengan kemenangan negaranya, 6-3 saat perebutan juara ketiga.


2. 3. Gerd Muller, Jerman Barat (14 Gol)

Caption

Pemain dari Benua Eropa lain yang turut mencatatkan rekor perkasa sebagai pencetak top skor sepanjang masa Piala Dunia adalah Gerd Muller.

Selama aktif bermain bersama Timnas Jerman Barat waktu itu, Gerd Muller telah sukses menorehkan 14 gola di Piala Dunia.

Baca Juga

Gol terbannyaknya dihasilkan kalan dirinya tampil di Piala Dunia 1970 dengan mencetak 10 gol, sedangkan empat sisanya diukir di Piala Dunia edisi berikutnya pada tahun 1974.

2. Ronaldo Luiz Nazario, Brasil (15 Gol)

Siapa yang tak kenal dengan pemain yang satu ini, Ronaldo Luiz Nazario. Legenda sepak bola Brasil yang satu ini memang tak diragukan lagi kemampuannya.

Pada masanya, Ronaldo adalah momok mematikan bagi lawan-lawannya di lini pertahanan. Di Timnas Brasil, eks striker Inter Milan tersebut telah mengukir 15 gol di gelaran Piala Dunia.

Baca Juga

Momen paling produktifnya dalam mencetak gol adalah saat dirinya tampil di Piala Dunia 1998 dengan berhasil mencetak empat gol dari tujuh penampilannya.

1. Miroslav Klose, Jerman (16 Gol)

Setelah nama-nama Pele hingga Ronaldo, pemuncak daftar top skor Piala Dunia telah sampai pada yang terbanyak dalam mencetak gol.

Baca Juga

Ya, sosok tersebut adalah striker Jerman, Miroslav Klose. Tampil dalam empat edisi Piala Dunia dari 2002 hingga 2014, Klose telah berhasil mencatatkan 16 gol dari semua penampilannya bersama Timnas Jerman di Piala Dunia.

Klose sukses mencatatkan lima gol pada edisi Piala Dunia 2002 dan 2006. Kemudian empat gola lagi saat tampil di Piala Dunia 2010, dan tambahan dua gol lagi saat Piala Dunia 2014 yang berakhir dengan Jerman sebagai juaranya.

PrancisJermanBrasilPelePiala DuniaMiroslav KloseRonaldoPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini