x

Baru Teken Kontrak, 5 Pelatih Liga 1 Langsung Nganggur Usai Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 25 Oktober 2022 15:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih PSIS, Ian Andrew Gillan saat memimpin anak asuhnya latihan pasca-laga lawan Bali United.

INDOSPORT.COM - Baru saja teken kontrak, lima pelatih asing di Liga 1 Indonesia 2022-2023 langsung menganggur, karena kompetisi dihentikan pasca-Tragedi Kanjuruhan di Jawa Timur.

Pergantian pelatih memang sudah biasa terjadi di pertengahan kompetisi Liga 1. Demikian pula yang terjadi di musim ini, pelatih asing pun datang silih berganti.

Baca Juga

Ada klub yang dengan cepat merekrut pelatih pengganti, tetapi ada pula tim yang memerlukan cukup lama dalam menentukan siapa sosok yang tepat untuk meracik tim.

Naasnya, ketika pelatih baru sudah datang dan menandatangani kontrak, kompetisi Liga 1 2022-2023 justru dihentikan sampai batas waktu yang tak bisa ditentukan.

Sebab, selain untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 korban jiwa di laga Arema FC vs Persebaya, juga perlu adanya pemulihan paska tragedi itu terjadi.

Baca Juga

Alhasil, lima pelatih asing berikut ini langsung menganggur, padahal mereka sudah terlanjur menandatangani kontrak dengan tim masing-masing di Liga 1 2022.

1. Ian Andrew Gillan

Ian Andrew Gillan, sosok yang menjabat sebagai Direktur Teknik, mendadak harus didaftarkan sebagai pelatih sementara PSIS Semarang di Liga 1 2022-2023.

Baru naik jabatan pada akhir September 2022, Ian Gillan pun harus kecewa karena Tragedi Kanjuruhan terjadi di awal Oktober.

Baca Juga

Ian Gillan bahkan belum menjalani debut bersama Laskar Mahesa Jenar, tetapi ia sudah harus menganggur karena Liga 1 harus dihentikan selama beberapa waktu.

Namun, saat ini pelatih asal Inggris tersebut terpantau tetap mendampingi skuat PSIS Semarang berlatih, walau kompetisi Liga 1 2022-2023 masih belum mendapatkan kejelasan.


1. 2. Rodney Borges Goncalves

Rodney Borges Goncalves, pimpin latihan Barito Putera.

Rodney Borges Goncalves, pelatih yang baru didatangkan manajemen Barito Putera di pertengahan bulan September, akhirnya kembali menganggur sejak awal Oktober.

Rodney Goncalves tercatat baru sekali mendampingi Barito Putera di pertandingan Liga 1, yakni saat menjamu Persik Kediri di Stadion Demang Lehman, 29 September.

Baca Juga

Cukup disayangkan, di laga debutnya itu, Rodney gagal memberikan kemenangan untuk Laskar Antasari. Tuan rumah nyaris kalah saat tertinggal 1-2 dari Persik Kediri.

Beruntung, gol di detik terakhir dari Bagas Kaffa menyelamatkan muka Rodney. Barito Putera akhirnya menutup laga di angka 2-2.

3. Andre Gaspar

Pelatih Borneo FC, Milomir Seslija dipecat pada 25 September 2022. Jeda satu hari, manajemen mengumumkan perekrutan pelatih anyar, yakni Andre Gaspar.

Baca Juga

Tak sendiri, Borneo FC juga mengontrak asisten pelatih anyar, Alex Fernandes, dan berharap prestasi mereka bisa meroket saat ditangani oleh dua juru taktik asing di Liga 1.

Matheus Pato dkk masih didampingi oleh sang caretaker, Mukson Miftahudin ketika menjamu Madura United di Stadion Segiri, 1 Oktober, saat Tragedi Kanjuruhan terjadi.

Mestinya, setelah itu skuat Pesut Etam akan dipimpin oleh Andre Gaspar, saat melawat ke markas Persija Jakarta, tetapi nyatanya kompetisi justru dihentikan sampai hari ini. 

Baca Juga

4. Divaldo Alves

Divaldo Alves diboyong ke Persik Kediri pada awal September lalu. Berbeda dengan nama sebelumnya, Divaldo sudah berpengalaman melatih klub Indonesia.

Divaldo Alves juga sudah mendampingi skuat Macan Putih di laga kontra Rans Nusantara FC, menjamu Arema FC, dan bertandang ke markas Barito Putera.

Pada tiga kesempatan itu, Persik Kediri belum meraih satu pun kemenangan, tapi kompetisi Liga 1 2022-2023 terlanjur dihentikan.


2. 5 Javier Roca

Pelatih Arema FC, Javier Roca.

Javier Roca adalah mantan pelatih Persik Kediri yang menyeberang ke Arema FC di awal September lalu. Ia menjalani debut saat menjamu Persib Bandung.

Meski akhirnya kalah di laga debutnya, pemandangan haru terjadi ketika akhirnya Aremania dan Bobotoh berada dalam satu tribun dan menyanyi bersama.

Javier Roca akhirnya meraih kemenangan perdana saat Arema FC menjajal mantan timnya, Persik Kediri. Tetapi Singo Edan kembali kandas saat menjamu Persebaya.

Pada momen ini, Tragedi Kanjuruhan pun terjadi. Ratusan orang dilarikan ke RS, dan total 135 orang meninggal dunia. Ada rasa trauma yang dihadapi oleh Javier Roca.

Tragedi Kanjuruhan membuat Liga 1 2022-2023 harus dihentikan, dan Javier Roca harus menganggur lagi. Dia mengaku tabah menunggu kompetisi kembali bergulir.

Barito PuteraKanjuruhanPersik KediriPSIS SemarangBorneo FCAremaPelatihIn Depth SportsLiga IndonesiaArema FCLiga 1TRIVIABerita Liga 1Divaldo AlvesIan Andrew GillanJavier RocaLiga 1 2022-2023Rodney Borges GoncalvesTragedi KanjuruhanAndre Gaspar

Berita Terkini