x

Liga 1: Rumor Eks PSG Merapat ke PSS Sleman Menguat, Begini Komentar Seto Nurdiyantoro

Rabu, 26 Oktober 2022 13:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ilham Oktafian
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memberikan jawaban terkait rumor pemain asing baru pada putaran kedua Liga 1 2022-2023. Seto memastikan evaluasi pada tim masih akan terus berjalan.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memberikan jawaban terkait rumor pemain asing baru pada putaran kedua Liga 1 2022-2023. Seto memastikan evaluasi pada tim masih akan terus berjalan.

PSS Sleman dirumorkan bakal mengambil dua pemain asing baru pada putaran kedua nanti. Dua pemain ini disebut-sebut bakal menggantikan Jihad Ayoub dan Mychell Chagas.

Baca Juga

Sumber INDOSPORT bahkan sudah membocorkan dua sosok yang akan direkrut PSS Sleman. Opsi pengganti Jihad Ayoub datang dari pemain Jepang, sementara pengganti Mychell Chagas berasal dari Prancis.

Meski belum diungkapkan identitasnya, pemain asal Perancis memiliki pengalaman luar biasa. Salah satu klub yang pernah ia bela selama berkarir di Liga Eropa adalah Paris Saint Germain (PSG).

Terkait hal itu, Seto Nurdiyantoro, memastikan tim pelatih bersama manajemen belum membuat keputusan terkait pemain baru. Seto menyebut bahwa evaluasi bukan saja mengarah ke pemain asing, namun juga pemain lokal.

Baca Juga

"(Evaluasi) tidak hanya pemain asing, pemain lokal juga sama. Kita akan lakukan evaluasi untuk membuat tim semakin baik," kata Seto, Rabu (26/10/22).

Seto menyebut belum ada gambaran tentang siapa yang akan dibuang usai putaran pertama nanti. Kini, pemain yang terkena evaluasi terus ditingkatkan kondisinya.

"Ini tekad kami semua dari staf pelatih bahwa semua pemain sama. Belum ada gambaran pemain yang mau dibuang siapa, tapi yang evaluasi sebelumnya, akan kita tingkatkan. Mudah-mudahan yang merasa ada di bawah semakin naik lagi," jelas Seto.

Baca Juga

Namun, Seto tak memungkiri bahwa tim pelatih juga punya buruan. Ketika pemain yang terkena evaluasi tak menunjukkan progres selama putaran pertama akan ditendang. Bagi Seto, evaluasi ini merupakan hal biasa dalam dunia profesional. PSS Sleman tentu ingin semakin lebih baik lagi pada putaran kedua mendatang.

"Gambaran (pemain baru) belum ada, tapi kalau kita lihat-lihat oke, incaran-incaran pasti ada. Cuma kepastiannya belum," tutur Seto.


1. Lebih Pilih Evaluasi

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Foto: Prabowo/INDOSPORT.

Ketimbang memikirkan pemain baru, Seto akan membantu pemain yang sebelumnya terkena evaluasi untuk lebih kerja keras lagi.

Terkait siapa-siapa saja yang dievaluasi kinerjanya, Seto memilih tak mengungkapkan identitasnya. Kini, performa semua pemain diperbaiki melalui latihan dan uji coba.

Baca Juga

Bisa jadi, salah satu nama yang coba digempur program peningkatan adalah Mychell Chagas. Bomber asal Brasil belum mencetak gol di Liga 1 2022-2023.

"Harapannya dengan sisa waktu yang ada, evaluasi kami, analisis kami, ada beberapa pemain yang menurun, ini komitmen dari staf pelatih, pemain yang evaluasi kemarin kita tingkatkan," tegas Seto.

Sebelumnya, sumber INDOSPORT yang enggan disebutkan namanya menyebut PSS Sleman akan mengambil winger asal Jepang.

Baca Juga

Hal itu dipengaruhi performa winger asing yang menawan, seperti Privat Mbarga (Bali United) dan Taisei Marukawa (PSIS Semarang). Kedua nama itu begitu melejit pada Liga 1 2021/2022.

"Sekarang yang sedang naik daun di Liga 1 itu pemain asing posisi winger. Pemain Jepang yang ini posisinya winger," kata sumber INDOSPORT yang enggan disebutkan namanya.

Musim lalu, Privat Mbarga merupakan aktor utama yang membawa Bali United jadi juara Liga 1 2021/2022. Mbarga membuat sembilan assist dan empat gol dalam 17 laga.

Baca Juga

Sementara Marukawa membawa Persebaya tampil mengejutkan dengan masuk lima besar. Marukawa mencetak 17 gol untuk Persebaya dalam 32 penampilan.

Performa ciamik itu membuat Marukawa dibayar mahal PSIS Semarang musim ini.

PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroBerita Liga 1

Berita Terkini