x

Menakar Nasib Kepa Arrizabalaga dan David De Gea di Timnas Spanyol, Lebih Layak ke Piala Dunia 2022?

Rabu, 26 Oktober 2022 13:40 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Penjaga gawang Manchester United, David De Gea.

INDOSPORT.COM –Jelang Piala Dunia 2022, pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique jelas makin pusing dengan moncernya Kepa Arrizabalaga (Chelsea) dan David de Gea (Man United).

Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique terkenal memiliki kebiasaan aneh dalam memanggil pemain untuk mengisi skuat.

Baca Juga

Salah satu keanehan eks pelatih Barcelona ini adalah keengganan untuk memanggil pemain yang tampil di klub besar dan cenderung memanggil pemain yang tampil di klub semenjana.

Posisi kiper jelas akan menjadi sorotan bagi timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 nanti, mengingat ada beberapa pemain yang tengah moncer atau bahkan mampu bangkit dari keterpurukan.

Setidaknya, ada enam pemain yang bisa dinominasikan untuk mengisi tiga posisi di skuat inti Piala Dunia 2022 dan satu untuk daftar tunggu pilihan Luis Enrique.

Baca Juga

Tiga pemain yang kemungkinan besar akan mengisi posisi pilihan Enrique di timnas Spanyol ialah Robert Sanchez (Brighton), David Raya (Brentford), dan Unai Simon (Athletic Bilbao).

Nama Unai Simon sebelumnya sempat jadi pertanyaan ketika dipilih oleh Luis Enrique di skuat Piala Eropa 2020.

Kala itu, Enrique memilih Unai Simon bersama dengan Robert Sanchez, dan David De Gea untuk mengisi skuat timnas Spanyol.

Baca Juga

Akan tetapi, David De Gea kala itu tengah mengalami penurunan performa bersama Manchester United dan kerap dirotasi oleh pelatih Ole Gunnar Solskjaer dengan Dean Henderson.

Sementara itu, Kepa Arrizabalaga tak dipanggil oleh Luis Enrique, lantaran kerap melakukan blunder dan tak lagi dipasang sebagai kiper utama Chelsea.


1. Kemampuan Bertahan Kepa Arrizabalaga dan David De Gea

Kepa Arrizabalaga di laga Chelsea vs AC Milan (06/10/22). (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

Selain itu datangnya kiper Senegal, Edouard Mendy membuat persaingan posisi kiper di Chelsea semakin sulit untuk Kepa Arrizabalaga.

Namun demikian, keadaan di musim 2022/2023 ini sungguh berbeda dan akan memusingkan Luis Enrique untuk memilih kiper timnas Spanyol selanjutnya.

Baca Juga

Berikut analisis dan prediksi INDOSPORT soal bagaimana nasib Kepa Arrizabalaga serta David de Gea? Juga siapa kiper timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 ? dengan menilai kemampuan membangun serangan dan bertahan.

Kemampuan membangun serangan

Sebagai kiper utama Manchester United, David De Gea nampak mengalami perkembangan dari segi permainan, semenjak Erik ten Hag masuk sebagai pelatih,

Model bermain Erik ten Hag yang menekankan soal membangun serangan dari lini belakang membuat eks kiper Atletico Madrid ini harus berbenah jika tak ingin diganti.

Baca Juga

Kini, De Gea bahkan mampu mencetak rataan akurasi umpan yang jauh lebih baik, yaitu 90 persen daripada Unai Simon (72%), Robert Sanchez (62%), David Raya (63%), dan Kepa Arrizabalaga (69%)

Tentunya, catatan ini membuat David De Gea unggul dari pesaing-pesaingnya dalam hal membangun serangan dari belakang yang juga menjadi andalan dari Luis Enrique sebagai pelatih.

Melihat perkembangan yang jauh lebih baik, David De Gea masih layak diapungkan sebagai calon kiper utama timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Akan tetapi, untuk bertahan dan melakukan penyelamatan, hal ini perlu diperhatikan oleh Luis Enrique.

Kemampuan Bertahan

Baca Juga

Sebagai penjaga gawang, meskipun pemain moderen haruslah bisa membantu dalam membangun serangan dengan umpan, tak boleh lupa soal tugas utamanya, yaitu menyelamatkan gawang dari kebobolan.

Dari catatan ini, pemain yang layak dijadikan unggulan adalah Kepa Arrizabalaga yang baru-baru ini kembali diandalkan oleh Chelsea.


2. Tiga Kiper timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Kepa Arrizabalaga mengamankan serangan sekaligus tendangan dari pemain Plymouth Argyle Ryan Hardie pada laga di Stamford Bridge, Minggu (06/02/22). FOTO: Reuters/Paul Childs

Kepa Arrizabalaga yang sebelumnya dikenal sebagai kiper konyol dengan serangkaian blunder sejak didatangkan dari Chelsea dari Athletic Bilbao pada 2019 lalu.

Satu kasus yang terkenal adalah saat Kepa Arrizabalaga menolak diganti oleh pelatih The Blues kala itu, Maurizio Sarri di final Piala Liga Inggris.

Baca Juga

Namun demikian, sejak kedatangan Graham Potter ke Chelsea, Kepa Arrizabalaga mampu tampil bagus dengan catatan penyelamatan 79 persen dan catatan kebobolan 0,6.

Soal catatan kebobolan, Kepa Arrizabalaga jelas unggul dari David De Gea, yang mencatat 0,8 kebobolan per pertandingan, Unai Simon (1,1), Robert Sanchez (1,3), dan David Raya (1,8).

Sementara itu, soal catatan penyelamatan, catatan Kepa Arrizabalaga hanya mampu didekati oleh David Raya (4,3) atau 71 %) dan David De Gea (1,8 atau 70%).

Baca Juga

Unai Simon dan Robert Sanchez yang kerap jadi pilihan timnas Spanyol hanya mencetak kurang dari catatan tiga kiper di atas.

Menurut catatan Sofascore, Unai Simon hanya mencetak 1.5 penyelamatan (57%) dan Robert Sanchez 2,1 (62%).

Melihat catatan ini, David De Gea dan Kepa Arrizabalaga layak menjadi kiper timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 dengan satu tempat lain bisa diisi oleh David Raya sebagai kiper ketiga.

Manchester UnitedChelseaDavid de GeaPiala Dunia 2022Kepa ArrizabalagaUnai Simon

Berita Terkini