x

Manuel Neuer Cedera! Ini Statistik 4 Calon Pengganti untuk Piala Dunia 2022

Kamis, 27 Oktober 2022 15:24 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Manuel Neuer gabung dalam sesi latihan Timnas Jerman.

INDOSPORT.COM – Kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer tengah dirundung cedera jelang Piala Dunia 2022, ini statistik empat calon penggantinya termasuk Marc-Andre ter Stegen.

Seperti diketahui, Timnas Jerman agaknya tengah dirundung kesialan sebulan jelang laga Piala Dunia 2022 di Qatar pada November nanti.

Baca Juga

Pasalnya, kiper utama mereka, Manuel Neuer dikabarkan terkena cedera bahu saat berlatih bersama Bayern Munchen pada awal Oktober ini.

Bahkan, Manuel Neuer sudah tak turun dalam pertandingan Bayern Munchen sejak laga matchday keempat Liga Champions melawan Viktoria Plzen.

Tempat Neuer di Der Bavarian diisi oleh kiper kedua, Sven Ulreich yang bermain cukup bagus dalam lima pertandingan.

Baca Juga

Sejak bermain melawan Viktoria Plzen, eks kiper Stuttgart ini sudah kebobolan total empat gold an mencetak tiga cleansheet.

Satu cleansheet sendiri dicetak oleh Ulreich ketika Bayern Munchen mengalahkan Barcelona di Liga Champions pada Kamis (27/10/22).

Meskipun Bayern Munchen terlihat baik-baik saja, timnas Jerman tentu ketar-ketir, mengingat pemain yang cedera bisa memengaruhi performa jeang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Salah satu yang menjadi perhatian pelatih timnas Jerman, Hansi Flick mungkin adalah performa para kiper pelapis yang total berjumlah 4 orang.

Berikut catatan performa kiper pelapis timnas Jerman, yang bisa saja naik kelas di Piala Dunia 2022 jika Manuel Neuer harus absen di beberapa pertandingan perdana.


1. Marc-Andre ter Stegen

Kiper Inter Milan, Marc Andre ter Stegen melakukan selebrasi usai laga pada laga kedua fase grup Liga Champions di Camp Nou, Kamis (03/10/19).

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen menjadi kandidat utama calon pelapis Manuel Neuer, meskipun penampilannya tergolong biasa-biasa saja.

Namun, faktor Barcelona sebagai klub besar menjadi penilaian Hansi Flick yang memang kerap kali memanggil Ter Stegen sebagai kiper kedua dan tak jarang diturunkan sebagai pemain inti.

Baca Juga

Menurut catatan Sofascore, Ter Stegen sebenarnya cenderung tampil biasa-biasa saja dengan rataan kebobolan sebanyak 2.0 dan penyelamatan sebanyak 57 persen.

Selain itu, Ter Stegen bahkan sudah kebobolan 10 gol dengan sembilan di antaranya berasal dari dalam kotak penalti. Kondisi ini mengindikasikan pertahanan Barcelona benar-benar buruk dan mengandalkan Ter Stegen sebagai pemblokir bola.

Namun demikian, ada hal lain yang bisa diandalkan dari seorang Ter Stegen, yaitu caranya membangun serangan dengan rataan 91 persen akurasi umpan. Tentunya, Jerman bisa mengandalkan Ter Stegen sebagai pelapis utama Manuel Neuer dengan catatan statistik ini.

Kevin Trapp

Baca Juga

Dengan kondisi tim yang sama-sama bermain di kompetisi domestik dan Liga Champions, Kevin Trapp sebenarnya jauh lebih baik dari Marc-Andre ter Stegen dalam penampilan.

Tampil bersama klub Liga Jerman, Eintracht Frankfurt, Trapp mampu mendapatkan 2.8 penyelamatan per pertandingan atau 67 persen.

Statistik ini jauh lebih baik dari Ter Stegen bersama Barcelona yang hanya mencatatkan rataan 2.0 atau 57%.

Baca Juga

Namun demikian, Hansi Flick hanya bisa menggunakan Trapp sebagai shot-stopper di timnas Jerman dalam laga Piala Dunia 2022 nanti, mengingat caranya membangun serangan yang sangat buruk.

Sofascore mencatat kiper 32 tahun ini mencatat 57 persen akurasi umpan yang tentu jauh lebih buruk dari Ter Stegen dengan gaya bermain yang berbeda, 


2. Oliver Baumann

Kiper Jerman, Bernd Leno saat masih berseragam Arsenal

Jika mencari kiper yang memiliki statistik seimbang, pelatih timnas Jerman, Hansi Flick bisa memilih Oliver Baumann sebagai pelapis Manuel Neuer.

Soal bertahan dan menyerang, kiper Hoffenheim ini jelas memiliki catatan yang nyaris seimbang, sehingga bisa dikedepankan selain Ter Stegen.

Baca Juga

Baumann mengemas 3.1 penyelamatan atau 74 persen yang tentu lebih baik dari kiper Barcelona itu.

Namun demikian, kiper berusia 32 tahun ini memiliki akurasi umpan lebih rendah dari Ter Stegen dan Trapp, yaitu hanya 77 persen.

Hanya saja, pada musim ini Baumann tak memiliki kesempatan bermain di kompetisi Eropa, seperti Liga Champions, sehingga agak meragukan jika dibawa ke Piala Dunia 2022.

Bernd Leno

Baca Juga

Eks kiper Arsenal ini sebenarnya sudah mulai ditepikan oleh timnas Jerman usai mulai kerap melakukan blunder beberapa waktu lalu.

Bahkan, Bernd Leno kemudian ditepikan oleh pelatih Arsenal, Mikel Arteta dan mencari pelabuhan baru di Liga Inggris, yaitu Fulham

Bersama Fulham yang merupakan tim promosi Liga Inggris, Bernd Leno mampu mencetak 4.4 save atau 69 persen yang sebenarnya adalah rasio tertinggi dari semuanya dengan persentase yang lebih rendah dari Oliver Baumann.

Baca Juga

Soal menyerang, Leno bahkan lebih menjanjikan dari Baumann maupun Trapp dengan akurasi umpan 71 persen yang tentu menarik diamati oleh Hansi Flick.

Bernd Leno bisa jadi kandidat kuat kiper pelapis di Piala Dunia 2022 jika timnas Jerman kehilangan Manuel Neuer nanti.

JermanBarcelonaBayern MunchenManuel NeuerPiala Dunia 2022TRIVIATrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini