x

Rumor Ricky Kambuaya Diincar Klub Malaysia, 4 Pemain Ini Layak Susul Saddil Ramdani

Kamis, 27 Oktober 2022 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Baru-baru ini terdapat rumor Ricky Kambuaya dilirik oleh tim Malaysia dan berikut empat pemain lokal yang juga punya kualitas main di liga luar negeri.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini terdapat rumor yang mengatakan Ricky Kambuaya dilirik oleh tim Malaysia. Empat pemain lokal berikut ini juga punya kualitas untuk main di negeri tetangga.

Saat ini, pemain Indonesia yang mentas di Liga Malaysia adalah Saddil Ramdani saja. Ia sukses membawa Sabah FC menjadi salah satu tim papan atas musim ini.

Baca Juga

Jika dihitung, pemain naturalisasi Indonesia, Jordi Amat, juga berkarier di Malaysia. Kini ia tercatat sebagai pemain Johor Darul Ta'zim.

Perlu diketahui pula, mulai musim 2023, operator Liga Malaysia membuat regulasi bahwa setiap tim boleh mendaftarkan 9 pemain asing, tapi maksimal 5 masuk DSP.

Regulasi ini membuka banyak peluang bagi para pesepak bola Tanah Air untuk berkarier di Negeri Jiran, di tengah situasi kompetisi sepak bola dalam negeri yang tanpa kepastian.

Baca Juga

Konon, baru-baru ini gelandang serang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, juga diminati oleh Terengganu FC di Malaysia.

"Runner-up MSL 2022, Terengganu FC dikabarkan tertarik dengan Gelandang Persib dan Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (26)," via Twitter @Indostransfer.

Pamor Ricky Kambuaya memang sudah besar di level Asia Tenggara. Gelandang milik Persib Bandung itu menjadi salah satu pemain terbaik di ajang Piala AFF 2020 lalu.

Baca Juga

Namun faktanya, Ricky Kambuaya masih terikat kontrak bersama Persib Bandung hingga akhir musim 2023-24 mendatang. Sulit bagi Terengganu mendatangkannya.

Barangkali, tim asal Malaysia tertarik untuk melirik beberapa pemain Indonesia berikut ini, yang juga mempunyai kualitas dan jam terbang yang mentereng bersama Timnas.


1. 1. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga saat melakukan sesi latihan rutin bersama penggawa PSIS.

Sejak beberapa waktu lalu, Alfeandra Dewangga memang beberapa kali dilirik oleh tim luar negeri. Namun, CEO PSIS Semarang masih menahannya di tim.

Menurut CEO PSIS, Yoyok Sukawi, tim yang berminat untuk mendatangkan Alfeandra Dewangga masih di level Asia Tenggara, mulai dari Malaysia hingga Thailand.

Baca Juga

Padahal, ia berharap Dewangga bisa menyusul rekannya, Pratama Arhan ke Liga Jepang, atau ke Liga Korea hingga Eropa.

Namun, mengingat ketidakpastian kapan bergulirnya Liga Indonesia, ada peluang jika Alfeandra Dewangga dilepaskan oleh PSIS Semarang, meski ke tim Malaysia sekali pun.

2. Yakob Sayuri

Yakob Sayuri adalah pemain muda yang bersinar saat memperkuat Barito Putera, jadi andalan di Timnas Indonesia, hingga membawa PSM Makassar ke Piala AFC.

Baca Juga

Winger berusia 25 tahun itu mencetak dua gol dari empat pertandingan PSM Makasar di Piala AFC 2022. Ia juga mencetak empat gol dan tiga assist di pentas Liga 1 2022.

Dengan produktivitasnya itu, Yakob Sayuri memiliki kans besar untuk bersinar di Liga Malaysia, sebagaimana Saddil Ramdani.

3. Dimas Drajad

Dimas Drajad, pemain andalan Persikabo 1973 juga digadang-gadang menjadi the next Boaz Solossa. Penampilannya mulai meyakinkan bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pada laga uji coba internasional melawan Curacao, Dimas Drajad mencetak dua gol dari dua pertandingan. Penyerang 25 tahun itu juga menjadi salah satu top skorer Liga 1.

Berkaca pada pendahulunya, Bambang Pamungkas hingga Kurniawan Dwi yang sukses di Liga Malaysia, apakah Dimas Drajad akan menempuh jalur serupa?


2. 4. Marselino Ferdinan

Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan adalah mutiara yang bersinar di usia muda. Ia sudah menjadi pemain utama Persebaya di usia belia, dan kini diandalkan di berbagai kelompok usia.

Setelah 'lulus' dari Timnas U-16, Marselino Ferdinan langsung dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-19, bahkan ia juga ambil bagian di Timnas U-23 dan senior. 

Untuk pemain sekelas Marselino Ferdinan, sangat disayangkan jika hanya berkarir di dalam negeri. Ia harus berani melebarkan sayap ke luar negeri, minimal Liga Malaysia.

Liga Malaysia akan jadi batu loncatan untuk gelandang 18 tahun itu, sebelum menapaki karier berikutnya, di liga top Asia atau Eropa. Dengan usia yang masih belia, Marselino Ferdinan tentu memiliki kapasitas untuk itu. 

Persib BandungDimas DrajadTerengganu FAIn Depth SportsLiga Super MalaysiaLiga Primer MalaysiaMuhammad Dimas DrajadSaddil RamdaniLiga MalaysiaTerengganu FC 2Terengganu City FCTRIVIAYakob SayuriMarselino FerdinanAlfeandra Dewangga SantosaRicky Kambuaya