x

Deretan Trofi Sepak Bola Termahal di Dunia, Nomor 1 Jadi yang Paling Bikin Kantong Kering

Sabtu, 29 Oktober 2022 11:50 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Trofi Piala FA, salah satu kompetisi bergengsi sepak bola di Inggris

INDOSPORT.COM – Berikut deretan trofi sepak bola termahal di dunia, diantaranya ada trofi Liga Italia hingga Piala Dunia.

Dalam dunia olahraga seperti sepak bola, trofi dapat menjadi penanda bagi kesuksesan sebuah tim dalam mengarungi kompetisi yang ia jalani.

Baca Juga

Perjuangan meraih trofi pun juga menjadi sebuah perjalanan yang panjang karena harus melewati berbagai macam rintangan.

Rintangan tersebut berupa para pemain di tim yang cedera hingga kalah dalam melawan klub-klub rival saat bertanding.

Tak ayal, satu trofi yang didapatkan oleh sebuah klub sepak bola atau para pemain akan dapat menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Baca Juga

Hal itu juga akan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi klub yang mampu memenangkan sebuah trofi atau piala.

Selain itu, memenangkan trofi juga dapat menjadi salah satu wujud kebahagiaan tersendiri yang bisa terasa hingga beberapa hari setelah mendapatkannya.

Di sepak bola, dari kompetisi liga domestik hingga turnamen internasional memiliki trofi tersendiri sebagai penanda untuk pemenangnya.

Baca Juga

Bentuk trofi yang ditunjukkan pun beragam. Selain itu, harga trofi atau piala tersebut juga beragam, ada yang murah hingga yang termahal.

Berikut adalah deretan trofi atau piala termahal yang pernah dibuat dan menjadi penghargaan dalam industri sepak bola. Trofi apa saja itu? Berikut ulasannya.


1. Deretan Trofi Sepak Bola Termahal di Dunia

Alessio Romagnoli mengangkat trofi juara Liga Italia 2021/2022 milik AC Milan (REUTERS/Alberto Lingria)

5. Trofi Liga Italia

Siapa yang tak kenal dengan Liga Italia (Serie A)? Kompetisi domestik di negara Italia tersebut ternyata memiliki trofi yang masuk ke dalam jajaran trofi termahal dalam dunia sepak bola.

Trofi Liga Italia sendiri diberikan kepada pemenang yang berhasil mengarungi satu musim penuh dan mempertahankan posisinya di puncak klasemen.

Baca Juga

Harga trofi Liga Italia (Serie A) sendiri mencapai nilai 66.000 dolas AS atau setara Rp956 juta. Mahalnya trofi Liga Italia dilaporkan karena terbuat dari berbagai jenis logam berharga tinggi.

Pada musim lalu, AC Milan berhasil mengangkat salah satu trofi termahal dalam dunia sepak bola ini.

4. Trofi Piala Afrika

Trofi selanjutnya adalah trofi Piala Afrika. Siapa sangka trofi yang berasal dari turnamen di benua yang kerap dikatakan sebagai salah satu benua termiskin di dunia itu memiliki trofi dengan nilai fantastis.

Baca Juga

Piala Afrika sendiri merupakan trofi bergengsi bagi para pesepak bola yang ada di benua Afrika. Sejak tahun 1980, model trofi Piala Afrika telah berubah sebanyak tiga kali.

Harga atau nilai dari trofi Piala Afrika dilaporkan mencapai 150.000 dolas AS atau setara Rp2,17 miliar. Mengalami perubahan model sebanyak tiga kali, negara yang pertama kali mendapatkan trofi dengan model tersebaru adalah Kamerun.

3. Trofi Ballon d’Or

Mungkin ada yang berbeda dengan trofi ini dibanding dengan trofi-trofi sebelumnya. Jika sebelumnya trofi yang diberikan adalah untuk kategori sebuah tim, kali ini trofi yang diberikan adalah untuk individual.

Baca Juga

Ya, trofi itu adalah trofi Ballon d’Or. Pada tahun 2022, Karim Benzema menjadi pemenang dari trofi paling bergengsi bagi para atlet sepak bola di seluruh dunia itu.

Trofi Ballon d’Or memiliki nilai seharga 600.000 dolar AS atau setara Rp8, miliar. Trofi ini sendiri memiliki bentuk seperti bola dengan warna keemasan yang menghiasinya.


2. Trofi Piala Dunia Termahal

Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

2. Trofi Piala FA

Trofi selanjutnya yang masuk ke dalam jajaran trofi termahal di dunia adalah trofi Piala FA. Trofi ini memiliki tinggi 61,5 cm dengan berat mencapai 6,3 kilogram.

Trofi Piala FA sendiri merupakan trofi yang terbuat dari perak murni. Merek pembuat trofi premium asal Inggris, Thomas Lyte adalah yang membuat trofi ini.

Baca Juga

Thomas Lyte dilaporkan membutuhkan setidaknya 250 jam dalam mengerjakan trofi Piala FA yang terbuat dari perak murni ini.

Meski hanya piala untuk sebuah turnamen domestik, trofi Piala FA harga atau nilainya sendiri ditaksir mencapai 1,18 juta dolar AS atau setara Rp17,1 miliar.

Arsenal menjadi tim tersukses yang berhasil merebut trofi Piala FA ini. The Gunners telah memenangkannya sebanyak 14 kali.

Baca Juga

1. Trofi Piala Dunia

Bagi para penggemar sepak bola mungkin tak asing dengan salah satu turnamen paling besar di dunia, yakni Piala Dunia.

Turnamen yang hanya dilaksanakan selama empat tahun sekali ini ternyata menjadi salah turnamen yang memiliki trofi dengan harga yang fantastis.

Harga trofi Piala Dunia sendiri dilaporkan mencapai 20 juta dolar AS atau setara Rp289 miliar. Trofi ini terbuat dari emas 18 karat.

Baca Juga

Prancis adalah negara yang terakhir kali memenangkan gelaran Piala Dunia ini pada tahun 2018 yang lalu setelah mengalahkan Kroasia dengan skro 4-2.

Piala DuniaPiala AfrikaBallon d'OrPiala FALiga ItaliaSepak Bola

Berita Terkini