x

Jelang Brighton vs Chelsea, Graham Potter Sebut Pentingnya Kesehatan Mental Pemain

Sabtu, 29 Oktober 2022 14:45 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
Dikenal sebagai pelatih cerdas, Graham Potter jelaskan pentingnya kesehatan mental jelang pertandingan Brighton vs Chelsea di Liga Inggris (Premier League). (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM – Dikenal sebagai pelatih cerdas, Graham Potter menjelaskan betapa pentingnya kesehatan mental menjelang pertandingan Brighton vs Chelsea di Liga Inggris (Premier League).

Graham Potter tengah bersiap untuk menyongsong laga yang akan mempertemukan dirinya dengan klub lamanya, Brighton.

Baca Juga

Sejak memilih untuk menjadi pelatih baru Chelsea, tak disangka jika kesempatan bagi Potter untuk mengunjungi markas klub lamanya datang begitu cepat.

Berdasarkan hal tersebut, tentu pertandingan melawan Brighton menjadi laga yang begitu spesial bagi dirinya.

Melansir dari Independent, Graham Potter menyebutkan bahwa dirinya memiliki kenangan mendalam ketika menangani Brighton.

Baca Juga

Potter mengungkapkan jika Brighton merupakan tempat terbaik baginya untuk memulai karier sebagai pelatih di Liga Inggris.

Sebab, ketika berada di The Seagulls dirinya telah mendapatkan sejumlah dukungan dan bantuan, sehingga bisa ikut bersaing dengan sejumlah klub lainnya.

Lebih lanjut, kenangan di Brighton juga mengingatkan Ayahnya yang turut menjadi saksi kesuksesan Potter, sebelum tiada karena mengalami kanker.

Baca Juga

Merefleksikan kisah hidupnya, pelatih baru Chelsea itu mengingatkan bahwa kehidupan setiap manusia berharga dan berjalan singkat.

Sementara itu, menyongsong kembalinya Graham Potter ke Brighton, membuat dirinya mengungkapkan betapa pentingnya kesehatan mental dalam sepak bola.


1. Tak Hanya Berbicara Taktik

Graham Potter, pelatih Chelsea. Foto: REUTERS/Matthew Childs

Masih melansir Independent, Graham Potter menyebutkan bahwa seseorang harus berada dalam tekanan untuk mencapai impiannya.

Bahkan, juru taktik The Blues itu juga menyebutkan jika Steven Gerrard pernah mengalami hal serupa ketika menangani Aston Villa.

Baca Juga

“Seseorang harus berada di bawah tekanan, seperti Steven Gerrard beberapa minggu lalu. Tetapi, kemudian ia menjadi orang lain,” ucap Graham Potter.

“Kesehatan mental tidak benar-benar membedakan status Anda, atau berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan. Ini adalah sebuah tantangan,” sambungnya.

“Ini adalah sebuah proses. Meskipun para pendukung secara emosional hanya fokus dengan hasil,” tambahnya.

Baca Juga

Atas hal yang disampaikan Graham Potter, tentu menarik untuk melihat hasil yang mampu ditawarkan untuk Chelsea.

Sebab, pelatih berusia 47 tahun itu tak hanya berfokus dengan pertandingan. Melainkan juga dengan setiap orang yang ada didalamnya.

Baca Juga

Untuk itu, kehadirannya sangat penting, secara khusus memberikan motivasi dan meningkatkan mental para pemainnya.

“Anda memiliki masa-masa sulit, Anda memiliki saat-saat indah, sehingga membuat Anda merasa sedikit lebih siap,” pungkasnya.

Sumber: Independent

ChelseaLiga Primer InggrisBrighton & Hove AlbionLiga InggrisGraham Potter

Berita Terkini