x

Menerka Pikiran Stefano Pioli Soal Skuat AC Milan Hadapi Torino, Rotasi Atau Full Team?

Sabtu, 29 Oktober 2022 14:05 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Stefano Pioli saat laga Liga Italia antara AC Milan vs Napoli

INDOSPORT.COM – Jelang laga kontra Torino di Liga Italia (Serie A), pelatih AC Milan, Stefano Pioli, dihadapkan dengan skema rotasi untuk menjaga kebugaran pemain.

Pasalnya, AC Milan sedang menatap jadwal padat pekan depan. Mereka akan berjumpa Red Bull Salzburg di Liga Champions.

Baca Juga

Pertandingan keenam Liga Champions 2022-2023 ini penting untuk AC Milan mengingat peluang untuk lolos ke 16 besar semakin tipis.

RB Salzburg sendiri berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan raihan enam poin, sedangkan Rossoneri berada di atasnya dengan unggul satu poin.

Mengingat pentingnya laga ini, AC Milan dan sang pelatih Stefano Pioli bertambah pusing. Mereka tetap harus memprioritaskan liga domestik karena masih terpaut tiga poin dari peringkat pertama, Napoli. 

Baca Juga

AC Milan tentu wajib memenangi pertandingan sisa sebelum jeda Liga Italia untuk Piala Dunia 2022 mulai berlangsung. Tujuannya untuk menjaga jarak poin dengan Napoli, juga Lazio dan Atalanta yang duduk di peringkat ke-3 dan 4.

Baca Juga

Tentunya, Stefano Pioli harus memutar otak dan mencari taktik terbaik demi membuat pemainnya tetap bugar untuk bermain di Liga Italia dan Liga Champions.

Berikut perkiraan formasi dan taktik yang akan diramu Stefano Pioli untuk menjaga kebugaran AC Milan jelang dua laga penting di Liga Italia dan Liga Champions.


1. Formasi 4-2-3-1 Rotasi AC Milan

Rafael Leao, pemain AC Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Formasi 4-2-3-1 merupakan dasar permainan AC Milan dalam dua tahun belakangan, mengingat pola ini adalah andalan Stefano Pioli.

Namun, AC Milan harus merotasi susunan pemain untuk menjaga kebugaran demi menghadapi laga Liga Italia melawan Torino dan Liga Champions melawan Red Bull Salzburg.

Baca Juga

Susunan formasi ini diawali dengan posisi penjaga gawang yang masih akan diisi Ciprian Tatarusanu sebagai penjaga gawang.

Tatarusanu setidaknya akan terus turun membela Rossoneri sebagai penjaga gawang mengingat Mike Maignan dibekap cedera.

Di pos bek tengah, Fikayo Tomori kemungkinan akan turun seperti dalam laga melawan Monza, tetapi beberapa pilihan, seperti Simon Kjaer dan Matteo Gabbia bisa jadi pilihan.

Baca Juga

Matteo Gabbia baru-baru ini menjadi perhatian, karena satu golnya membawa AC Milan memenangi laga melawan Dinamo Zagreb di Liga Champions.

Dengan performa menawannya itu, bek hasil binaan akademi klub akan kembali diturunkan Stefano Pioli dalam laga Liga Italia melawan Torino dibantu Sergino Dest dan Fode Ballo-Toure di sisi kanan dan kiri.

Sementara itu, di posisi double pivot, nama Ismael Bennacer dan Tommaso Pobega kemungkinan akan turun, mengingat Stefano Pioli akan mengistirahatkan Sandro Tonali untuk laga Liga Champions.

Baca Juga

Di posisi gelandang serang, Brahim Diaz menjadi andalan dengan dibantu Junior Messias dan Ante Rebic di sisi kanan dan kiri. Rafael Leao kemungkinan bakal diturunkan dari bangku cadangan oleh AC Milan.

Untuk posisi penyerang tengah, Divock Origi bakal kembali diandalkan AC Milan selepas mencetak satu gol di Liga Italia melawan Monza.


2. Olivier Giroud Jadi Pemain Inti

Olivier Giroud saat laga Serie A Liga Italia antara Sampdoria vs AC Milan

Selain formasi 4-2-3-1 rotasi, Stefano Pioli bisa kembali mengandalkan formasi 4-2-3-1 inti dengan mengandalkan Olivier Giroud sebagai penyerang tunggal.

Posisi kiper masih akan diisi oleh Ciprian Tatarusanu, yang menjadi satu-satunya kiper inti dan dibantu oleh Fikayo Tomori dan Simon Kjaer di lini belakang.

Baca Juga

Hanya posisi bek kanan yang akan berbeda, yaitu Pierre Kalulu yang bakal digeser ke sisi kanan dibantu oleh Theo Hernandez di sisi kiri.

Untuk posisi double pivot, Sandro Tonali kemungkinan akan turun sebagai pengatur serangan di tengah ditopang oleh Ismael Bennacer sebagai gelandang bertahan.

Posisi gelandang serang bia saja diisi oleh Charles De Ketelaere, yang masih sulit mendapatkan performa terbaik di Liga Champions usai baru saja sembuh dari cedera.

Baca Juga

De Ketelaere sendiri sempat terlihat frustrasi ketika performanya tidak terlalu bagus dan akan berusaha untuk kembali bermain dengan baik.

Rafael Leao akan mengisi posisi sayap kiri yang menjadi andalannya dan akan menjadi pilihan utama Stefano Pioli.

Namun, perubahan akan terjadi di sayap kanan, yaitu Ante Rebic yang akan dicoba mengisi posisi inverted winger AC Milan.

Baca Juga

Mengingat kemungkinan menjaga kebugaran, AC Milan juga bisa memanfaatkan stok pemain cadangan, seperti Rade Krunic dan Aster Vrancx sebagai pengganti.

Tentunya, hanya dua jenis susunan pemain yang bisa digunakan oleh Stefano Pioli untuk melakukan rotasi skuat AC Milan di Liga Italia dan Liga Champions.

AC MilanOlivier GiroudStefano PioliLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini