x

Tuntutan Pemecatan Bergema, Deretan Pelatih yang Layak Gantikan Klopp di Liverpool

Minggu, 30 Oktober 2022 12:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pelatih yang dirasa layak menggantikan sosok Jurgen Klopp di klub Liga Inggris, Liverpool, seiring munculnya tuntutan pemecatan terhadapnya.

Tuntutan pemecatan tengah menghampiri Jurgen Klopp usai Liverpool kembali menelan kekalahan di pentas Liga Inggris (Premier League) 2022/23 dari Leeds United, Minggu (30/12/22).

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung di hadapan pendukungnya tersebut, Liverpool harus dibungkam oleh Leeds United dengan skor 1-2.

Di laga tersebut, Liverpool sempat terhentak kala Leeds United mampu mencetak gol cepat pada menit ke-4 lewat penyerangnya, Rodrigo.

Gol cepat itu membuat Liverpool tampil kesetanan, sehingga berhasil menyamakan kedudukan 10 menit berselang lewat Mohamed Salah.

Baca Juga

Jelang bubaran, Leeds justru memberikan kejutan ke Liverpool pada menit ke-89 lewat gol Crysencio Summerville yang memberikan kekalahan bagi The Reds.

Kekalahan dari Leeds ini pun lantas memperpanjang rekor buruk Liverpool di Liga Inggris, terutama di dua pertandingan terakhirnya.

Sebelum takluk dari Leeds, Liverpool sebelumnya harus menelan kekalahan memalukan dari tim papan bawah lainnya, yakni Nottingham Forest.

Baca Juga

Akibat hasil minor tersebut, nama Jurgen Klopp pun menjadi sasaran para pendukung Liverpool yang meminta agar dirinya dipecat. Tuntutan pemecatan ini hadir di media sosial, terutama Twitter.

Jika nantinya, Jurgen Klopp dipecat, kira-kira siapa saja pelatih yang layak untuk menggantikan posisinya di Liverpool? Berikut ulasan INDOSPORT.


1. 1. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel saat laga final Liga Champions antara Manchester City vs Chelsea

Di tengah minimnya pelatih top yang menganggur, Liverpool bisa mencoba melirik nama kompatriot Jurgen Klopp, yakni Thomas Tuchel.

Sejarah mencatat bahwa ia adalah merupakan pengganti sepadan Klopp. Hal ini terbukti saat Tuchel menggantikan posisi kompatriotnya itu di Mainz 05 dan Borussia Dortmund.

Kultur sepak bola Jerman yang telah mengakar di kubu Liverpool membuat nama Tuchel pun dianggap layak untuk menggantikan Klopp.

Baca Juga

Secara taktik, kedua pelatih punya perbedaan yang jauh. Namun, penerapan taktik yang keduanya pakai terbilang sama, yakni mengandalkan pressing tinggi dan lebar lapangan.

Penerapan taktik yang sama ini membuat Tuchel menjadi pengganti natural Klopp di Liverpool. Apalagi eks pelatih Chelsea ini punya rekam jejak apik dalam meraih gelar.

2. Hansi Flick

Jika tetap mempertahankan kultur Jerman sebagai opsi utama, selain Tuchel Liverpool juga bisa melirik Hansi Flick sebagai pengganti Klopp.

Namun untuk merekrut Hansi Flick sebagai pengganti Klopp, Liverpool harus bersabar, setidaknya hingga Piala Dunia 2022 Qatar berakhir.

Baca Juga

Sebab, eks pelatih Bayern Munchen itu akan memimpin Timnas Jerman di ajang empat tahunan tersebut dalam waktu dekat.

Selain itu, Liverpool harus bisa mempersuasi Hansi Flick untuk meninggalkan statusnya di Jerman demi melatih di Merseyside.

Hansi Flick dianggap cocok karena punya rekor mentereng, di mana ia mampu membawa Bayern Munchen meraih Sextuple dengan gaya menyerang.


2. 3. Pep Ljinders

Steven Gerrard, eks pelatih Aston Villa. Foto: REUTERS/David Klein

Jika Liverpool tak menemukan pengganti sepadan usai Klopp dipecat, tak ada salahnya The Reds mempromosikan Pep Ljinders sebagai pelatih.

Pep Ljinders memang berstatus asisten Klopp. Namun dirinya terbilang lebih lama berada di Liverpool ketimbang pelatih asal Jerman itu.

Ljinders sudah berada di Liverpool sejak era Brendan Rodgers, yang dianggap membangun Liverpool di dekade 2010 hingga menjadi tim sukses seperti saat ini.

Baca Juga

Dengan pengalamannya menjadi asisten Brendan Rodgers dan Klopp, Ljinders bisa dikatakan mafhum dengan taktik yang tepat bagi Liverpool.

Selain itu, adaptasi dari Klopp ke Ljinders diyakini tak akan memakan proses lama, mengingat ia paham betul klub asal Merseyside itu luar dalam.

4. Steven Gerrard

Jika Liverpool ingin berkaca pada sejarahnya, maka tak ada salahnya The Reds melirik mantan pemain legendarisnya, Steven Gerrard, sebagai pelatih.

Dalam sejarahnya, Liverpool pernah mengenyam kesuksesan bersama mantan pemain legendarisnya, salah satunya adalah Kenny Dalglish.

Baca Juga

Dengan berkaca pada sejarah manis itu, penunjukkan Gerrard sebagai pelatih pun bisa menjadi opsi bagi Liverpool jika memutuskan memecat Klopp.

Belum lagi dengan fakta bahwa Klopp pernah mendukung Gerrard sebagai penerusnya usai meraih kesuksesan bersama Rangers FC.

Namun, penunjukkan Stevan Gerrard sebagia pengganti Jurgen Klopp di Liverpool akan mendapat pro dan kontra, apalagi menyusul pemecatan yang ia dapatkan belum lama ini dari klub Liga Inggris lainnya, Aston Villa.

LiverpoolSteven GerrardJurgen KloppThomas TuchelLiga InggrisTRIVIAHans-Dieter FlickOne Football

Berita Terkini