x

Mirip Hanno Behrens, PSIS Semarang Didesak Rekrut Duje Javorcic

Senin, 31 Oktober 2022 10:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pemain trial PSIS Semarang, Duje Javorcic. (Foto: PSIS Semarang)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSIS Semarang mengajak para suporter setianya melihat sendiri kualitas gelandang trial asal Kroasia, Duje Javorcic. Ternyata, ada banyak komentar positif mengenai eks Lazio Primavera tersebut.

Duje Javorcic ditampilkan PSIS dalam laga uji coba melawan Persijap Jepara di Stadion Citarum, Semarang, Jumat (28/10/22) lalu. Duje main dari menit pertama bersama Oktafianus Fernando dan Reza Irfana di sektor tengah.

Baca Juga

Uji coba ini berakhir dengan skor 1-0 untuk PSIS lewat gol Hari Nur Yulianto yang tercipta pada awal pertandingan. Gol tercipta setelah Hari Nur memanfaatkan bola liar hasil umpan Oktafianus Fernando.

Uji coba ini bisa disaksikan para suporter setia PSIS melalui channel youtube klub. Makanya, secara tidak langsung PSIS mengajak suporternya menilai performa Duje Javorcic.

Duje didatangkan sebagai opsi pemain baru pada putaran kedua nanti. Belum diketahui siapa yang akan tersingkir, meski banyak yang menilai Alie Sesay paling terancam.

Baca Juga

Ternyata, penilaian para suporter cukup positif terhadap aksi Duje Javorcic. Umpan-umpan Duje dianggap cukup bagus dan sangat kental aroma Eropa.

"Duje maennya simple akurasi umpan juga oke, ga kebanyakan bawa bola. Cuma butuh adaptasi lagi dan fisiknya dikencengi lagi," tulis  warganet @widjayaputra dalam postingan instagram PSIS.

Performa stylish Duje juga dianggap mirip pemain asing Persija Jakarta, Hanno Behrens. Selama ini, pemain asal Jerman itu juga tak banyak membawa bola, tapi sering memberi umpan-umpan kunci.

Baca Juga

Yang menjadi poin plus Duje, dia baru berusia 22 tahun atau terpaut sepuluh tahun dari Hanno. Duje pun bisa menjadi proyek jangka panjang PSIS.

"Duje permainane mirip Hanno Behrens Persija, simple dan taktik wis ndang digaske iseh enom," tulis @arisryan41.


1. Umpan Kunci

Pemain trial PSIS Semarang, Duje Javorcic. (Foto: PSIS Semarang)

Para suporter PSIS juga menilai Duje bisa menjadi contoh bagi para pemain lokal, terutama tenaga muda. Duje mengajarkan permainan efektif yang tak banyak menyedot tenaga sepanjang laga.

"Duje pemain seng ngerti posisi pemain. Lokale kudu sinau akeh mbek kelas Eropa. Rak asal ntuk bal langsung tentang mumbul tekan mangkang (Duje pemain yang mengerti posisi. Pemain lokal harus belajar banyak dari kelas Eropa. Tidak ada dapat bola langsung ditendang naik sampai Mangkang)," tulis @selasarsitit.

Baca Juga

Dalam laga ini, Duje tampil hampir 70 menit. Gol yang dicetak Hari Nur sejatinya merupakan salah satu kontribusinya. Umpan terobosan ke sisi kanan pada akhirnya diteruskan Oktafianus Fernando dan menjadi bola liar yang disapu Hari Nur.

Namun, sangat terlihat bahwa Duje bermasalah dengan kondisi fisik. Bisa jadi, hal itu karena cuaca panas saat laga melawan Persijap yang dimulai pukul 15.00 WIB.

PSIS sendiri masih memberi waktu bagi Duje untuk membuktikan kualitasnya. Ketika performanya bagus, tak menutup kemungkinan Duje akan didaftarkan pada putaran kedua nanti.

Baca Juga

"Duje kami datangkan atas rekomendasi tim pelatih dan akan melakukan trial selama kurang lebih satu bulan ke depan. Kami akan lihat dulu bagaimana kondisinya dan bagaimana kemampuan Duje baik dari segi taktik maupun fisik serta medical test. Itu akan kami lihat secara detail," Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi.

Duje diperkenalkan PSIS pada 17 Oktober 2022 lalu. Bila berpatokan pada statemen Yoyok Sukawi, artinya Duje masih memiliki waktu dua pekan untuk membuktikan kualitasnya.

Persipa Pati bisa jadi akan menjadi penguji kedua Duje Javorcic. Manajemen Persipa Pati mengaku sudah berkomunikasi dengan PSIS terkait agenda uji coba.

Baca Juga

Namun, uji coba ini baru bisa bergulir pada pekan kedua bulan November. Pasalnya, setelah melawan Persis Solo, Jumat (28/10/22), Persipa meliburkan tim selama sepekan.

"Iya, paling cepat dua pekan kedepan untuk uji coba melawan PSIS," kata General Manager Persipa, Dian Dwi Budianto.

PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Duje Javorcic

Berita Terkini