x

Sukses Tembus Papan Atas, 3 Kehebatan Newcastle United di Liga Inggris 2022/23

Senin, 31 Oktober 2022 13:28 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Bruno Guimaraes dan Sven Botman, pemain Newcastle United. Foto: REUTERS/Lee Smith

INDOSPORT. COM - Kiprah terkini Newcastle United pada pentas Liga Inggris 2022/23 tampak mengejutkan, karena mampu menembus deretan papan atas klasemen sementara.

Newcastle sejauh ini sudah memainkan total 13 pertandingan, atau lebih banyak satu buah dibandingkan tim-tim pesaingnya di papan atas, seperti Arsenal, Manchester City, Manchester United, serta Chelsea.

Hasil yang didapat klub besutan pelatih Eddie Howe terbilang bagus, lantaran mampu menduduki peringkat empat, meraih enam kemenangan, enam imbang, dan cuma sekali kalah.

Baca Juga

Padahal, kalau kita melihat kekuatan Newcastle musim lalu, mereka tampak kesulitan bersaing, hingga beberapa kali terancam jurang degradasi.

Namun, sejak klub diakuisisi investor kaya raya Arab Saudi, klub mengalami pembenahan, hingga menciptakan kejutan besar seperti sekarang.

Situasi yang Newcastle alami belakangan tentu menjadi modal mentereng untuk langkah mereka ke depannya selaku klub kaya raya baru.

Andai pemilik klub mulai mengucurkan dana fantastis guna belanja pemain-pemain bintang, rasanya prestasi The Magpies bakal lebih mengerikan lagi.

Berkaitan soal kejutan Newcastle musim ini, INDOSPORT lantas coba membedah secara lebih jauh perihal kekuatan mereka.

Kami akan menjabarkan poin-poin penting yang sejauh ini tampak menjadi kekuatan utama Newcastle, sehingga bisa bersaing menembus papan atas Liga Inggris.


1. 1. Tangguh di Lini Belakang

Liverpool vs Newcastle United di Liga Inggris.

Salah satu kekuatan utama Newcastle United musim ini sepertinya terletak kepada lini belakang mereka yang tampil lumayan tangguh.

Pelatih Eddie Howe mampu meramu permainan timnya agar tampil solid menjaga barisan pertahanan dan minim dari nestapa dibobol lawan.

Sejauh 13 pertandingan yang sudah dilakoni, Newcastle berhasil menorehkan catatan mengesankan, yakni cuma 10 kali kebobolan.

Angka ini menjadi yang paling sedikit di antara tim-tim peserta Premier League 2022/23 lainnya, bahkan mengungguli para klub raksasa.

Arsenal dan Manchester City yang menduduki dua posisi teratas klasemen, jumlah kebobolannya juga tak lebih baik dari Newcastle. 

Keduanya sama-sama sudah menderita kebobolan sebanyak 11 kali, sedikit lebih buruk ketimbang Newcastle yang sejatinya hanya berstatus tim medioker.

Baca Juga

2. Memaksimalkan Kualitas Individu Penyerangnya

Allan Saint-Maximin, bintang Newcastle United

Berdasarkan catatan situs Whoscored, salah satu letak kekuatan Newcastle United pada musim ini adalah kehebatan mereka dalam memaksimalkan kualitas individu pemain-pemainnya.

Newcastle setidaknya memiliki dua pemain dengan teknik bola mumpuni dan di atas rata-rata, yakni Allan Saint-Maximin serta Miguel Almiron.

Peran keduanya berbagi tugas di sisi sayap; Saint-Maximin menyisir sayap kiri; Almiron menusuk lewat sayap kanan penyerangan.

Kombinasi kinerja Saint-Maximin dan Almiron pun sejauh ini berjalan manis, terbukti dari prestasi tim sekarang yang menembus papan atas.

Saint-Maximin lebih sering melakukan tusukan dengan kualitas dribbling serta kecepatannya, sehingga memudahkan Newcastle membongkar pertahanan lawan.

Sementara Almiron, selain handal menggocek lawan, ia turut mengesankan sebagai juru gedor, terbukti lewat torehan tujuh golnya (tertajam di antara pemain-pemain Newcastle).


2. 3. Handal Manfaatkan Situasi Bola Mati

Kieran Trippier, pemain Newcastle United. Foto: REUTERS/Scott Heppell

Newcastle United memang lebih sering membangun serangan efektif yang berasal dari skema open-play, bertumpu kepada dua pemainnya, Alan Saint-Maximin serta Miguel Almiron.

Namun, ketika situasi serangan sedang dilanda kebuntuan, tim besutan Eddie Howe mampu dengan cerdik memanfaatkan skema serangan bola mati.

Berdasarkan data situs Whoscored, kekuatan serangan Newcastle yang merusak pertahanan lawan salah satunya memang berasal dari situasi set-piece.

Baca Juga

Lebih detail lagi, Newcastle sudah lima kali berhasil mencetak gol lewat situasi tersebut musim (21 persen dari total gol Newcastle musim ini).

Patut dinanti, apakah ke depannya kekuatan Newcastle sebagai tim medioker kuda hitam, bisa terus konsisten bersaing di papan atas klasemen Liga Inggris?

Newcastle UnitedEddie HoweLiga Inggris

Berita Terkini