x

Tularkan 'Virus' Alex Ferguson, Kini Pemain Man United Segan kepada Erik ten Hag

Senin, 31 Oktober 2022 13:40 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Teringat dengan Sir Alex Ferguson, manajer Manchester United, Erik ten Hag, dicap sukses buat anak asuhnya segan pada dirinya.

INDOSPORT.COM – Teringat dengan Sir Alex Ferguson, manajer klub Liga Inggris, Manchester United, Erik ten Hag, dicap sukses buat anak asuhnya segan pada dirinya.

Pelatih anyar Manchester United, Erik ten Hag, langsung berdampak luar biasa bagi perkembangan Setan Merah.

Baca Juga

Demi memperkuat ikatan hubungan antar pemain, Erik ten Hag mewajibkan penggawa Manchester United untuk makan bersama di Carrington.

Budaya tersebut sempat hilang di zaman kekuasaan Ole Gunnar Solksjaer dan Ralf Rangnick sehingga para pemain Man United tampil seakan-akan kurang maksimal di lapangan.

Sir Alex Ferguson juga dikenal sebagai pelatih yang menerapkan budaya baik ini kala masih menukangi Manchester United yang membuat hubungan antarpemainnya kian dekat satu sama lain.

Baca Juga

Selain itu, masih ada satu hal yang dilakukan Ten Hag yang membuat fans teringat dengan sosok pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Tindakan tersebut adalah menghukum pemain saat Man United menderita kekalahan. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta membuat Sir Alex Ferguson menghukum anak asuhnya ketika Setan Merah kalah.

Ferguson tidak pernah mempermasalahkan jika Man United kalah asalkan jarak lari yang ditempuh anak asuhnya tidak jauh dari lawan.

Baca Juga

Nyatanya, Erik ten Hag sempat murka pada pemainnya mengenai hal tersebut kala Manchester United dibabat 4-0 oleh Brentford di laga kedua Liga Inggris.

Oleh sebab itu, Erik ten Hag memotong jatah libur anak asuhnya dan memberikan mereka porsi latihan tambahan sebagai bentuk ‘hukuman’ pada pemainnya.

Alhasil, Manchester United belum merasakan kalah di laga setelahnya sebelum sempat dibabat Manchester City pada awal bulan Oktober.


1. Kemampuan Ten Hag Mengelola para Bintang Dipuji

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Erik ten Hag telah dipuji karena membawa 'faktor keseganan' ke pemain Manchester United sejak ditunjuk sebagai manajer anyar saat musim panas.

Sejak kekalahan memalukan dari Brighton & Hove Albion dan Brentford, Manchester United menunjukkan perkembangan ciamik dan bisa duduk di peringkat kelima saat ini.

Baca Juga

Setelah kalah hanya sekali dalam 10 pertandingan Liga Inggris dan lolos ke babak berikutnya Liga Europa dengan satu pertandingan tersisa, jelas bahwa Man United keliatan kian bertaji musim ini.

Terbaru, Manchester United berhasil menumbangkan West Ham United dengan skor tipis 1-0 yang membuat Setan Merah akhirnya bisa menggeser Chelsea dari peringkat kelima.

Mantan pemain Crystal Palace, Darren Ambrose, turut memuji Erik ten Hag dalam menangani kasus jebloknya performa Harry Maguire dan masalah indisipliner Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

"Apakah Anda tahu apa yang dia lakukan? Dia menciptakan sedikit rasa keseganan dalam diri manajer lagi,” tandas Ambrose pada talkSPORT.

“Saya berpikir bahwa Manchester United sudah tidak memiliki (manajer seperti itu dalam) waktu yang lama sejak Sir Alex Ferguson.”

“Mereka sudah mencobanya, Jose Mourinho mencobanya, tetapi ini adalah faktor ‘ketakutan’ yang berasal dari mengambil semua keputusan dengan benar menurut saya.”

Baca Juga

Ambrose menjelaskan bahwa Ten Hag tetap memercayakan ban kapten pada Harry Maguire. Memang pria asal Inggris ini sempat bermain buruk sehingga sang pelatih memparkirnya di bangku cadangan.

Hal yang sama juga terjadi pada Luke Shaw yang penampilannya sempat kurang menggigit sehingga tergusur oleh Tyrell Malacia.

Selain itu, Ten Hag mengambil keputusan yang berani untuk mengasingkan Cristiano Ronaldo dari tim utama membuat rasa segan itu tercipta.

Baca Juga

“Dia membawa faktor ketakutan itu sebagai manajer dan para pemain telah merespons dengan sangat baik untuk itu,” lanjut Ambrose.

“Sekarang mereka tahu bahwa tidak masalah siapa Anda atau apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak perform atau Anda membuat keputusan yang salah di luar lapangan, Anda dikeluarkan dari tim.”

Hal ini tentu bagus bagi skuad Manchester United sebab hal tersebut sempat hilang di era Solksjaer dan Rangnick yang mana kedua eks manajer tersebut kerap memainkan pemain yang sama meskipun tampil jeblok di laga sebelumnya.

Hal tersebut setidaknya tidak akan terjadi di bawah tangan dingin Erik ten Hag. Dia pelatih yang ambisius dan tegas jika anak asuhnya tidak bermain sesuai instruksinya, bersiaplah menghangatkan bangku cadangan Manchester United di laga berikutnya.

Sumber: talkSPORT

Manchester UnitedSir Alex FergusonLiga Primer InggrisLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini