x

Tunggu Perizinan, Ada Kemungkinan Kompetisi Liga 1 Berlanjut Tanpa Penonton

Kamis, 3 November 2022 17:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Menpora Zainudin Amali menilai ada kemungkinan besar kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 dilanjutkan tanpa adanya penonton.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menilai ada kemungkinan besar kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 dilanjutkan tanpa adanya suporter atau penonton.

Nasib kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 memang masih belum jelas terkait kapan akan kembali bergulir kembali.

Baca Juga

Kompetisi strata teratas di Indonesia tersebut terpaksa dihentikan sementara karena adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober lalu.

Tragedi kelam ini pun memakan korban jiwa sebanyak 135 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka ringan maupun berat.

Kini tim gabungan antara Pemerintah, FIFA, AFC dan PSSI sedang bekerja agar hal serupa tak terulang kembali. Namun meski tim gabungan sudah bekerja, kapan kembali Liga 1 bergulir kembali masih tanda tanya.

Baca Juga

Menpora Zainudin Amali pun menilai Liga 1 bida kembali bergulir asal pihak kepolisian sudah memberikan lampu hijau.

"Pasti (ada rakor lagi) kalau Polri bilang sudah boleh. Tapi bayangan saya (kalau Liga 1 berlanjut) belum ada penonton," kata Zainudin Amali.

Terkait perizinan Liga 1, Menpora Zainudin Amali pun mengatakan memang menjadi wewenang kepolisian.

Baca Juga

Kemenpora posisinya hanya sebagai pemimpin saat rapat koordinasi dengan berbagai pihak bila kompetisi Liga 1 akan bergulir.

"Pemerintah itu Polri maksudnya, bukan Kemenpora. Saya, kan, biasanya hanya memimpin rapat koordinasi," katanya.


1. Kompetisi Harus Berjalan

Menpora Zainudin Amali menilai ada kemungkinan besar kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 dilanjutkan tanpa adanya penonton.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun berharap agar Liga 1 bisa segera diberikan izin pelaksanaan oleh para pemangku kebijakan di pemerintah.

Zainudin Amali menegaskan bahwa kelanjutan roda kompetisi Liga 1 Indonesia, Liga 2, dan Liga 3 tergantung dari pihak kepolisian.

Baca Juga

Amali menambahkan, kalau pihak kepolisian sudah mengatakan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 sudah boleh berjalan, Kemenpora segera melangsungkan rapat koordinasi dengan pihak terkait.

"Kalau Polisi sudah bilang boleh nanti akan ada rapat koordinasi lagi. Dan bila nanti Liga 1 berjalan lagi saya rasa masih tanpa penonton," ujar menteri asal Gorontalo ini.

Baca Juga

Terkait penanganan kasus Tragedi Kanjuruhan di Liga 1, Menpora memastikan proses penyelidikan dan penyidikan tetap berlanjut. Penanganan hukum kasusnya terpisah dari kompetisi sepak bola.

"Kan waktu itu Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan kita boleh bersedih tapi ini (sepak bola) harus berjalan," ujar Menpora Zainudin Amali.

PSSISuporterPolriMenporaLiga IndonesiaLiga 1Zainudin Amali

Berita Terkini