x

Deretan Prestasi yang Pernah Ditorehkan Gerard Pique Bersama Barcelona dan Timnas Spanyol

Jumat, 4 November 2022 21:14 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Gerard Pique menyodorkan lima jarinya ke fans Barcelona.

INDOSPORT.COM - Bintang Barcelona yakni Gerard Pique baru saja membuat heboh jagat sepak bola setelah resmi mengumumkan pensiun menjadi pemain profesional.

Gerard Pique resmi mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional lewat sebuah video yang diunggah di akun media sosial pribadinya pada Jumat (04/11/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam video itu, Gerrard Pique menyatakan bahwa pertandingan Barcelona vs Almeria di pekan ke-13 Liga Spanyol pada Minggu (06/11/22) mendatang bakal menjadi laga terakhirnya.

"Saya ingin memberi tahu bahwa inilah saatnya untuk menutup perjalanan ini. Saya selalu mengatakan bahwa setelah Barcelona tidak ada tim lain. Itu akan terjadi," ujar bitang Barcelona tersebut.

Baca Juga

"Sabtu ini akan menjadi laga terakhir saya di Camp Nou. Saya akan menjadi fans Barcelona lagi."

"Cepat atau lambat, saya akan kembali. Sampai jumpa Camp Nou. Visca Barca!" tuturnya menambahkan.

Keputusan Gerard Pique pensiun sebagai pemain profesional memang menimbulkan tanda tanya para penggemar. Namun ada sejumlah alasan yang mendasari keputusan ini.

Seperti Barcelona yang memang menginginkan dirinya pergi. Pasalnya, bek jangkung asal Spanyol ini menjadi salah satu pemain Barca yang bergaji besar.

Baca Juga

Selain itu, Xavi Hernandez juga terlihat sudah tidak membutuhkan jasanya. Pique adalah pilihan kelima di musim ini karena kalah bersaing dengan Ronald Araujo, Eric Garcia, Andreas Christensen, dan Jules Kounde.

Meski begitu, jasa Gerrard Pique tentu akan selalu dikenang oleh seluruh fans Barcelona dan Timnas Spanyol. Berikut INDOSPORT telah merangkum sederet prestasi yang pernah ia torehkan:


1. Prestasi Gerrard Pique

Gerard Pique memutuskan pensiun dari Barcelona. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Gerrard Pique merupakan produk akademi La Masia. Ia sempat hengkang ke Manchester United pada musim 2004. Di musim tersebut, ia sukses melakukan debut di usia 17 tahun.

Saat bermain bersama Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Gerrard Pique sukses membantu Setan Merah memenangkan Piala Liga, Liga Inggris dan Liga Champions.

Baca Juga

Sayang, performa Gerrard Pique masih naik turun dan hanya bermain sebanyak 23 penampilan selama empat tahun di Liga Inggris.

Ia akhirnya kembali ke pelukan Barcelona pada musim 2008-2009 silam. Saat itu Blaugrana baru saja menujuk Pep Guardiola sebagai pelatih.

Baca Juga

Di genggaman tangan dingin Pep Guardiola, Pique disulap menjadi bek tangguh dan selalu dijadikan andalan di lini belakang.

Alhasil, ia sukses membawa Barca meraih tiga gelar La Liga Spanyol dan dua Copa del Rey, dua trofi Liga Champions, dua Piala Super Eropa dan dua kali juara Piala Dunia Antarklub.

Setelah Pep Guardiola pergi, Pique tetap menjadi andalan Barcelona. Ia sukses memenangkan 13 trofi utama lainnya dalam 11 tahun.

Baca Juga

Di level tim nasional, pemain berusia 35 tahun itu juga sempat tampil ciamik. Ia menjadi pusat kesuksesan Timnas Spanyol.

Gerrard Pique pernah membawa Timnas Spanyol meraih juara di ajang Piala Dunia 2010 di Afrika. Setelah itu, Spanyol sukses menjadi juara Euro 2012 silam.


2. Makin Kaya Usai Pensiun dari Barcelona?

Gerard Pique memutuskan pensiun dari klub Liga Spanyol, Barcelona. Foto: REUTERS/Juan Medina.

Setelah nanti tidak lagi berseragam Barcelona, kini kehidupan baru akan menanti eks pacar penyanyi pop Latin Sharkira tersebut, yakni mengurusi bisnis yang dia rintis di luar sepak bola.

Melansir Marca, Gerard Pique tercatat memiliki empat perusahaan bisnis, salah satunya bernama Kosmos.

Bertindak sebagai pendiri sekaligus presiden  Kosmis, Pique membangun perusahaan ini dengan menggandeng Hiroshi Mikitani, yang merupakan pencipta Rakuten pada 2017.

Perusahan ini mengurusi banyak kegiatan bisnis seperti akuisisi, administrasi, dan manajemen bisnis yang terkait dengan industri hiburan.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki hak atas Davis Cup dan telah berpartisipasi dalam negosiasi reformasi Piala Super Spanyol.

BarcelonaXavi HernandezGerard PiqueShakiraLiga Spanyol

Berita Terkini