x

PT LIB Temui Petinggi Klub, Bek Blasteran Amerika Milik Persis Tak Sabar Liga 1 Bergulir Lagi

Sabtu, 5 November 2022 23:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Pergerakan Winger Persis Solo, Gavin Kwan Adsit dikawal bek PSS Sleman, Derry Rachman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek Persis Solo, Gavin Kwan Adsit, berharap ada kabar baik tentang lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023, setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) menemui para petinggi klub di Jakarta, Jumat (4/11/22).

Owners Meeting Club 2022 digelar PT LIB di Hotel Sultan Jakarta. Pertemuan ini disebut-sebut sebagai upaya agar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa LIB berjalan lebih cepat.

Baca Juga

Namun, setelah dilakukannya pertemuan, jadwal RUPS Luar Biasa tak berubah. Agenda ini tetap akan berjalan pada 15 November 2022.

Bedanya, PT LIB akan berupaya agar izin keamanan Liga 1 bisa didapat sebelum RUPS Luar Biasa. PT LIB punya opsi agar Liga 1 bisa dimulai antara 18 November, 25 November atau 2 Desember mendatang.

Gavin Kwan Adsit menjadi salah satu pemain yang sudah tak sabar menanti lanjutan Liga 1. Menurutnya, melalui pertemuan itu, para pelaku sepak bola bisa saling berdiskusi mencari jalan keluar.

Baca Juga

"Semoga ada jalan keluar agar semua bisa enak, liga bisa berjalan secepatnya, karena kita sudah latihan cukup lama dan itu setiap hari," kata Gavin.

Bagi pemain asal Sanur ini, menjalani latihan di tengah jadwal pertandingan dan ketidakpastian merupakan hal berbeda.

Selama ini, para pemain Persis Solo coba tetap berjuang keras agar siap ketika liga digelar lagi. Persis Solo punya keinginan tampil lebih maksimal ketika Liga 1 dilanjutkan lagi.

Baca Juga

"Pastinya cukup beda ya ketika latihan tanpa ada pertandingan. Kami berharap liga berjalan secepatnya dan dengan cara yang paling tepat," tutur bintang Timnas Indonesia berdarah Amerika ini.

Ada dua opsi terkait sistem yang akan diterapkan pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Persis Solo bersama Persebaya Surabaya meminta agar kompetisi berjalan dengan sistem kandang dan tandang.


1. Opsi Sistem Gelembung di Liga 1

Uji coba Persis Solo melawan Persiba Bantul di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (28/10/22). (Foto: Persis Solo)

Namun, ada pula opsi Liga 1 digelar dengan sistem gelembung. Opsi ini kemungkinan dilakukan pada awal lanjutan Liga 1, untuk melihat seberapa aman kompetisi ketika dilanjutkan.

Sebagai pemain, Gavin tak bisa memberi jawaban terkait opsi mana yang terbaik setelah Tragedi Kanjuruhan. Melalui pertemuan yang rutin, Gavin berharap segera ditentukan rumusan paling tepat.

Baca Juga

"Tentang formatnya, semua punya opini berbeda-beda, dan bukan posisi saya memberi jawaban. Sayayakin semua bisa diskusi agar ada solusi terbaik, meski pasti tetap ada pro dan kontra," harap Gavin.

Tunggu RUPS Luar Biasa
Setelah ada Owners Meeting Club di Jakarta, Jumat (4/11/22), PT LIB bersama klub-klub Liga 1 akan bertemu lagi pada RUPS Luar Biasa, 15 November 2022 mendatang.

Dalam agenda itu, salah satu yang akan ditentukan adalah posisi direktur utama PT LIB. Posisi ini butuh figur baru karena Akhmad Hadian Lukita ditetapkan sebagai tersangka Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

Persis Solo sendiri sudah mengambil keputusan terkait agenda tersebut. Keputusan ini diambil setelah manajemen Persis Solo dan Persebaya bertemu di Surabaya, Rabu (2/11/22) lalu.

"Menentukan komposisi direksi PT LIB baru, ini sejalan dengan status Dirut PT LIB yang kini tersangka dan ditahan di Polda Jatim. Direksi baru ini bersifat sementara, bertugas untuk menuntaskan Liga 1 2022/2023 sesuai jadwal yang sudah ditentukan."

"Setelah liga selesai akan diselenggarakan lagi RUPS untuk membentuk direksi baru yang lebih permanen untuk transformasi liga secara menyeluruh,"

Baca Juga

"Bukan sekadar jangka pendek, tapi juga jangka menengah maupun jangka panjang," demikian poin pertama pernyataan resmi Persis Solo.

Lalu, poin kedua berfokus pada lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023. Persis Solo bersama Persebaya menginginkan kompetisi tetap dilanjutkan dengan format awal, yakni kandang dan tandang.

"Menentukan lanjutan Liga 1 2022/2023 dengan tetap mempertahankan format home-away, dihadiri penonton. Tentunya dibarengi dengan standar keamanan baru yang bisa menjamin keselamatan dan kenyamanan penonton, pemain, ofisial, maupun seluruh pihak yang hadir di stadion," poin kedua pernyataan resmi Persis Solo.

Persis SoloGavin Kwan AdsitLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini