x

Serba-serbi Drawing Liga Champions: Man City Beruntung, PSG-Liverpool Apes

Senin, 7 November 2022 19:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Berikut sederet fakta yang hadir pasca digelarnya Drawing Liga Champions 2022/23, di mana Manchester City untung dan Paris Saint-Germain buntung.

Drawing Liga Champions 2022/23 telah digelar pada Senin (07/11/22) petang WIB. Dalam Drawing ini, terdapat beberapa kejutan tercipta.

Baca Juga

Dalam Drawing babak 16 besar Liga Champions 2022/23 ini, terdapat dua Big Match tercipta yang melibatkan empat tim besar.

Keempat tim itu adalah Liverpool yang akan bertemu Real Madrid, dan Paris Saint-Germain yang akan bertemu Bayern Munchen.

Laga Big Match antara empat tim ini pun menarik atensi banyak pecinta sepak bola karena sejarah setiap tim dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya.

Baca Juga

Selain Big Match ini, terdapat beberapa hasil Drawing lainnya yang menyita perhatian. Sebagai contoh ada Tottenham Hotspur yang bertemu AC Milan.

Selain itu adalah pula Chelsea yang bertemu Borussia Dortmund, Napoli yang bertemu Club Brugge, Manchester City yang bertemu RB Leipzig, dan lain sebagainya.

Drawing ini pun kemudian menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta sepak bola. Apalagi terdapat beberapa fakta menarik di dalamnya.

Baca Juga

Setidaknya ada beberapa fakta menarik yang tercipta pasca terciptanya Drawing babak 16 besar Liga Champions 2022/23 ini.

Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut rangkuman INDOSPORT.


1. Ulangan Final

Proses gol Vinicius Jr di final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid (29/05/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

1. Partai Ulangan Final

Hadirnya laga Big Match di Drawing babak 16 besar Liga Champions 2022/23 ini menghadirkan dua partai ulangan final beberapa waktu lalu.

Pertama adalah Liverpool vs Real Madrid. Bukan rahasia lagi jika pertemuan terakhir kedua tim adalah final Liga Champions 2021/22 lalu.

Pertemuan itu dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor 1-0, dan membuat Liverpool gagal mengoleksi gelar ketujuhnya di ajang ini.

Baca Juga

Lalu Big Match kedua adalah Paris Saint-Germain (PSG) vs Bayern Munchen yang merupakan ulangan final Liga Champions 2019/20.

Dalam final itu, PSG harus tumbang di final dari Bayern Munchen dan pertemuan ini menjadi pertemuan ketiga bagi kedua tim dalam empat musim terakhir di Liga Champions.

2. Man City Untung, PSG Buntung

Drawing babak 16 besar Liga Champions ini menghadirkan fakta unik terkait Manchester City dan PSG yang bertemu level lawan yang bak langit dan bumi.

Manchester City akan bertemu wakil Jerman, yakni RB Leipzig. Sedangkan PSG akan bertemu jawara Bundesliga, Bayern Munchen.

Baca Juga

Di sisi lain, kedua tim punya riwayat Drawing yang berbeda jauh. Dalam tiga musim terakhir, di babak 16 besar PSG bertemu lawan berat, yakni Barcelona, Real Madrid, dan Bayern Munchen.

Sedangkan Manchester City justru kebalikannya. Enam dalam tujuh Drawing babak 16 besar Liga Champions terakhirnya, The Cityzens bertemu lawan-lawan mudah.

Lawan-lawan mudah itu adalah FC Basel, Schalke 04, Sporting CP, Sevilla, Borussia Monchengladbach, dan terakhir RB Leipzig.


2. Ajang Reuni

Pierre-Emerick Aubameyang, striker Borussia Dortmund.

3. Reuni Para Mantan

Hasil Drawing babak 16 besar Liga Champions 2022/23 pun seakan mengulangi babak grup, di mana laga ini menjadi ajang reuni.

Sebagai contoh adalah Pierre-Emerick Aubameyang dan Christian Pulisic dari Chelsea yang akan bertemu Borussia Dortmund pertama kalinya sejak hijrah pada 2018 silam.

Lalu ada Eric Maxim Choupo-Moting yang akan membela Bayern Munchen saat bertemu mantan timnya, PSG di babak 16 besar nanti.

Baca Juga

4. Rekor Apik dan Buruk

Drawing babak 16 besar Liga Champions 2022/23 ini juga menghadirkan rekor apik dan buruk, setidaknya hal ini menimpa beberapa tim.

Club Brugge yang lolos sebagai juara grup, menciptakan rekor apik untuk pertama kalinya tampil di babak 16 besar Liga Champions sejak musim 2015/16.

Di sisi lain, Borussia Dortmund yang akan bertemu Chelsea malah dihantui rekor buruk dengan delapan kekalahan beruntun melawan klub Inggris.

Baca Juga

5. Rekor Buruk Liverpool

Bagi klub Liga Inggris Liverpool, Drawing babak 16 besar Liga Champions 2022/23 yang mempertemukan mereka dengan Real Madrid ibarat petaka.

Sebab, Liverpool punya rekor buruk melawan Real Madrid di kompetisi Eropa. Tercatat, The Reds hanya menang tiga kali saja.

Sedangkan Real Madrid punya rekor mentereng dengan mencetak lima kemenangan atas Liverpool ketika bertemu di Liga Champions.

Real MadridLiverpoolChelseaLiga ChampionsBayern MunchenAC MilanParis Saint-GermainOne Football

Berita Terkini