x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Jepang, Kuda Hitam Asia yang Siap Persulit Spanyol dan Jerman

Selasa, 8 November 2022 13:55 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Jepang, sang kuda hitam asal benua Asia yang siap persulit Spanyol dan Jerman.

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Jepang, sang kuda hitam asal benua Asia yang siap persulit Spanyol dan Jerman.

Seperti yang diketahui, Piala Dunia 2022 bakal dimulai dalam beberapa minggu ke depan. Beberapa negara sudah merilis skuad untuk ajang akbar tersebut, tak terkecuali Jepang.

Baca Juga

Jepang sudah merilis skuad yang berisikan 26 pemain untuk Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang pada (01/11/22) sebelumnya.

Akan tetapi, ada beberapa hal mengejutkan, yaitu tidak dipanggilnya Kyogo Furuhashi yang tengah on-fire bersama klub Skotlandia, Celtic.

Ya, pria berusia 27 tahun tersebut secara mengejutkan tidak dipanggil oleh sang pelatih, Hajime Moriyasu, padahal Furuhashi mencetak 9 gol dari 11 penampilan di Liga Skotlandia bersama Celtic.

Baca Juga

Sementara itu, Moriyasu malah mengambil keputusan yang membuat publik bertanya-tanya dengan memanggil Takumo Asano yang tengah cedera padahal di enam laga terakhir sang pemain tak berkontribusi gol sama sekali.

Kekuatan Jepang bisa dibilang cukup oke dalam Piala Dunia 2022 ini mengingat sang pelatih memanggil 20 anak rantau dan enam sisanya adalah penggawa yang bermain di Liga Jepang.

Jangan melupakan Takehiro Tomiyasu juga yang bermain bersama Arsenal yang mana Liga Inggris merupakan liga paling kompetitif di dunia saat ini.

Baca Juga

Peran Takehiro Tomiyasu pastinya juga begitu penting dalam bertahan dan menyerang bagi Timnas Jepang apalagi pria yang mengabdi di Arsenal itu juga merupakan pemain serbabisa yang bisa dipasang sebagai bek tengah .

Dengan demikian, Jepang bakal jadi kuda hitam asal benua Asia yang siap mempersulit Spanyol dan Jerman di Piala Dunia 2022 mendatang.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Profil Timnas Jepang Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@japan_football__)

Perlu diketahui bahwa status Jepang di Piala Dunia 2022 ini kurang lebih bakal menjadi kuda hitam saja di Grup E.

Pasalnya, kans Jepang untuk lolos ke babak berikutnya bisa dibilang begitu tipis sebab Takehiro Tomiyasu cs tergabung dengan dua tim raksasa, Jerman dan Spanyol.

Baca Juga

Tentu saja Jerman dan Spanyol memiliki skuad yang jelas lebih apik dan mumpuni mengingat kedua negara tersebut juga menghuni 10 besar ranking dunia FIFA.

Sementara itu, Kosta Rika masih bisa diprediksi bisa jadi lawan yang sepadan bagi Samurai Biru setidaknya kedua negara tersebut bakal berjuang untuk merebutkan posisi ketiga.

Akan tetapi, peluang Jepang untuk lolos tidak berarti nol sebab tidak menutup kemungkinan skuad asuhan Hajime Moriyasu ini lolos jika Spanyol dan Jerman tampil jeblok.

Baca Juga

Dengan skuad sedemikian cukup oke dengan beberapa pemain senior, tentu saja lolos ke babak berikutnya bisa saja terjadi seandainya Kosta Rika, Jerman, dan Spanyol lengah.

Moriyasu kemungkinan bakal menurunkan formasi 4-2-3-1 yang mana kerap diterapkan sejumlah tim sepak bola di era modern ini.

Nama-nama yang punya jam terbang di liga tertinggi di Eropa pastinya bakal diturunkan, seperti Tomiyasu, Maya Yoshida, Takumi Minamino, dan Takefusa Kubo.

Baca Juga

Prediksi Starting XI Timnas Jepang (4-2-3-1):

Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Takumi Minamino; Daizen Maeda.

Skuad Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Eiji Kawashima, Shuichi Gonda, Daniel Schmidt.

Bek: Hiroki Sakai, Miki Yamane, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi, Ko Itakura, Hiroki Ito, Yuto Nagatomo, Yuta Nakayama.

Gelandang: Hidemasa Morita, Wataru Endo, Ao Tanaka, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan, Junya Ito, Daichi Kamada, Takumi Minamino, Yuki Soma, Takefusa Kubo, Kaoru Mitoma.

Penyerang: Takuma Asano, Ayase Ueda, Daizen Maeda.


2. Player to Watch dan Prediksi di Piala Dunia 2022

Takehiro Tomiyasu saat membela Timnas Jepang

Player to Watch

Takehiro Tomiyasu

Takehiro Tomiyasu sendiri merupakan pemain apik dan kerapkali langganan starter di skuad Mikel Arteta bersama Arsenal sebelum dirinya diterpa cedera.

Takehiro Tomiyasu bahkan merupakan pemain serbabisa yang pastinya berguna bagi skuad asuhan Hajime Moriyasu mengingat sang pemain bisa dimainkan sebagai bek tengah dan bek kanan.

Baca Juga

Terbaru, Arteta juga sempat menjadikannya sebagai bek kiri yang mungkin bakal jadi proyeksi pria berusia 24 tahun itu ke depan.

Dengan demikian, Moriyasu bisa mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai bek kiri jika memang diperlukan.

Selain itu, kemampuan bertahan dan mengumpannya juga bisa dibilang cukup baik sehingga mempunyai Tomiyasu tentu saja menjadi nilai tambah di skuad Samurai Biru.

Baca Juga

Prediksi di Piala Dunia 2022

Mengingat Jepang tergabung di Grup E Piala Dunia 2022 bersama Jerman, Spanyol, dan Kosta Rika, Samurai Biru memiliki peluang yang kecil untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Jerman dan Spanyol lebih memiliki kedalaman skuad dan pemain yang berkualitas ketimbang Takefusa Kubo cs.

Dengan demikian, setidaknya Jepang bakal menjadi kuda hitam yang siap mempersulit La Furia Roja dan Die Mannschaft di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Jepang tetap bisa lolos ke babak berikutnya asalkan Spanyol dan Jerman begitu tampil jeblok, terutama Manuel Neuer cs yang tampil kurang oke di Piala Dunia 2018 lalu sehingga mereka gagal lolos.

SpanyolJepangJermanPiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini