x

5 Pemain Prancis Sering Tampil di Piala Dunia, Ada yang Masih Main Sampai Sekarang

Rabu, 9 November 2022 14:27 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Thierry Henry dan Zinedine Zidane duo legenda Timnas Prancis

INDOSPORT.COM - Prancis merupakan negara yang paling sering tampil di sepanjang sejarah Piala Dunia. Berikut 5 pemain Les Blues yang paling sering tampil di kompetisi akbar ini. 

Tidak hanya sering tampil di Piala Dunia, mereka juga menjadi salah satu yang cukup sukses di gelaran akbar sepak bola dunia ini. 

Baca Juga

Prancis pernah menjadi juara dua kali dari lima kali kesempatan menembus partai final sepanjang sejarah Piala Dunia. 

Mereka kalah tiga kali di babak final, hanya kalah dari Brasil, Jerman dan Italia. Edisi terakhir, yakni Piala Dunia 2018, Prancis berhasil menjadi juara. 

Otomatis, pada Piala Dunia 2022 yang sebentar lagi akan dihelat di Qatar, mereka datang dengan status juara bertahan. 

Baca Juga

Namun sangat disayangkan, kondisi campur-aduk sedang menerjang para pemain Prancis jelang Piala Dunia 2022 dimulai. 

Timnas Prancis terkena petaka jelang Piala Dunia 2022 dengan cederanya sejumlah pemain penting, seperti N’golo Kante dan Paul Pogba. 

Selain itu, kiper utama, Mike Maignan juga tak akan tampil untuk timnas Prancis, karena terkena cedera berulang saat membela AC Milan di Liga Italia.

Baca Juga

Masih dengan pelatih Didier Deschamps, kemungkinan terburuknya, Prancis akan kehilangan beberapa pemain andalannya karena cedera. 

Terlepas dari itu, menarik untuk melihat 5 pemain Prancis yang paling sering tampil di Piala Dunia. Salah satunya masih ada yang aktif sampai sekarang. 


1. Thierry Henry Caps Terbanyak di Piala Dunia

Thierry Henry saat masih berseragam Prancis.

1. Thierry Henry

Thierry Henry menjadi pemain Prancis yang memiliki rekor penampilan terbanyak di sepanjang Piala Dunia. 

Legenda Arsenal dan Barcelona ini sudah mencatat 17 penampilan sejak debut Piala Dunia edisi 1998 hingga 2010 silam. 

Baca Juga

Pencapaian terbaiknya adalah membawa negara kelahirannya juara Piala Dunia 1998. Henry juga menjadi top skorer Timnas Prancis dengan torehan 51 gol. 

2. Fabian Barthez

Fabian Barthez ternyata punya koleksi penampilan yang sama dengan Thierry Henry, yakni 17 kali bermain untuk Prancis di ajang Piala Dunia. 

Namun, kiper legendaris ini hanya tampil tiga edisi saja, yakni pada Piala Dunia 1998, 2022, sampai 2006. Dia selalu jadi kiper pilihan pertama di bawah mistar gawang Les Blues. 

Baca Juga

Meski hanya tiga edisi Piala Dunia, statistiknya di ajang ini cukup mengesankan. Dari 17 kali tampil, gawangnya hanya kebobolan 8 kali dan sepuluh nirbobol. 

Rekor clean sheet tersebut menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia, yang membuatnya sejajar dengan kiper legenda Inggris, Peter Shilton. 

3. Lilian Thuram

Siapa yang tidak kenal dengan Lilian Thuram, bek legendaris asal Prancis yang memiliki caps terbanyak untuk negaranya di semua kompetisi. 

Baca Juga

Bek yang pernah memperkuat Juventus dan Barcelona ini mencatat 142 penampilan membela Prancis periode 1994-2008. 

Dari 142 penampilan, sebanyak 16 kali dia tampil untuk Prancis di ajang Piala Dunia. Gelar juara Piala Dunia 1998 juga banyak yang menilai karena penampilan apik Thuram di lini pertahanan. 


2. Hugo Lloris Berpotensi Lampaui Henry

Hugo Lloris, kiper Timnas Prancis.

4. Maxime Bossis

Di urutan keempat ada Maxime Bossis, yang juga bermain di posisi bek. Namanya memang kurang terkenal dibanding Thuram, karena dia hanya berkarir di Liga Prancis hingga pensiun. 

Namun, dia mencatat 15 penampilan di ajang Piala Dunia bersama Prancis dan tidak pernah mengantarkan negaranya juara. 

Pencapaian terbaiknya adalah membawa Prancis ke babak semifinal Piala Dunia 1982 dan Piala Dunia 1986. Kesuksesan terbaiknya mungkin hanya juara Euro 1984 silam. 

Baca Juga

5. Hugo Lloris

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Hugo Lloris yang sudah mencatat 15 kali tampil di Piala Dunia. Namun jumlah ini bisa bertambah karena dia masih aktif bermain sampai sekarang. 

Dia hanya butuh tiga penampilan saja di Piala Dunia 2022, yang sangat mungkin dicapai olehnya, untuk melampaui Henry dan Barthez sebagai caps terbanyak Prancis di gelaran akbar ini. 

Pencapaian terbaik Lloris bersama Prancis di ajang ini adalah ketika Kylian Mbappe dan kawan-kawan menjuarai Piala Dunia 2018 lalu.

PrancisThierry HenryHugo LlorisPiala Dunia 2022

Berita Terkini