x

5 Sejarah Emas yang Baru Saja Ditorehkan Elkan Baggott Usai Tampil Lawan Brentford di Liga Inggris

Rabu, 9 November 2022 18:47 WIB
Editor: Juni Adi
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

INDOSPORT.COM - Elkan Baggott banyak menuai sejarah usai mencetak gol ke gawang Brentford saat membela Gillingham FC di ajang Piala Liga Inggris (Carabao Cup).

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott membuat heboh publik sepak bola Tanah Air setelah tampil cemerlang saat membela Gillingham FC di ajang Piala Liga Inggris (Carabao Cup) melawan Brentford, Rabu (11/09/22) dinihari WIB.

Bermain di Stadion Gtech Community, Gillingham FC yang tampil sebagai tim tamu mampu merebut kemenangan. 

Padahal dari segi kualitas, keduanya tim ini bisa dibilang bak langit dan bumi karena perbedaan kasta kompetisi.

Brentford bermain di kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League, sedangkan Gillingham FC berada di kasta keempat ataU League Two.

Baca Juga

Gillingham FC menang lewat tendangan adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Brentford sempat unggul lebih dahulu melalui gol cepat Ivan Toney di menit ke-3. Lalu baru bisa disamakan oleh Gillingham FC di babak kedua.

Baca Juga

Mikael Mandron mencetak gol penyeimbang 1-1 di menit ke-75. Pertandingan pun harus dituntaskan lewat adu penalti, usai tidak ada gol tercipta hingga perpanjangan waktu.

Di babak adu tos-tosan ini, lima algojo awal Brentford mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna. Begitu juga dengan kubu Gillingham FC, sehingga skor imbang 5-5.

Gillingham FC dinyatakan menang setelah tendangan pemain Brentford, Mikkel Damsgaard membentur tiang gawang, saat tendangan memasuki penendang keenam.

Baca Juga

Gillingham FC pun menang dan melaju ke babak selanjutnya 16 besar. Elkan Baggott sendiri tampil penuh di laga ini, namun ia tidak menyumbang gol.

Kendati demikian, Elkan Baggott tetap membuat sejarah bagi sepak bola Indonesia usai pertandingan ini. Apa saja itu?


1. Pemain asal Indonesia Pertama di Carabao Cup

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott. Toto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Sebelum menyingkirkan tim kasta tertinggi, Brentford, Gillingham FC sebelumnya sudah menundukan AFC Wimbledon dengan skor 2-0 pada Agustus 2022 lalu. 

Di pertandingan itu, Elkan Baggott tampil sebagai starter. Itu pertama kalinya ia bermain di Piala Liga Inggris, sekaligus jadi pemain asal Indonesia pertama yang beraksi di turnamen Carabao Cup.

Ia juga jadi pemain Indonesia pertama yang akan tampil di babak 16 besar Carabao Cup.

Tak hanya Carabao Cup, Elkan Baggott juga jadi andalan pelatih Gillingham FC, Neil Harris, di ajang Piala FA.

Lanjutkan Tren Positif

Baca Juga

Bukan tanpa alasan Elkan Baggott jadi pilihan utama Neil Harris di lini belakang Gillingham FC untuk beberapa kompetisi.

Sebab, pemain berpostur 194 cm ini sedang dalam performa on fire. 

Baca Juga

Sejak dipinjamkan Ipswich Town ke Gillingham pada musim panas ini, Elkan Baggott telah bermain dalam 21 pertandingan di semua ajang.

Dari ke-21 penampilan tersebut, dia telah sukses mencetak dua gol.

Baca Juga

2. Pemain Indonesia Pertama yang Bisa Singkirkan Klub Premier League

Elkan Baggott

Elkan Baggott jadi tembok kokoh bagi Gillingham FC saat bertandang ke markas Brentford di ajang Piala Liga Inggris. 

Hal itu dibuktikan karena Brentford hanya bisa membuat satu gol, meski bermain di depan publiknya sendiri.

Padahal Brentford sendiri saat itu menurunkan beberapa pemain intinya, termasuk striker tajam Ivan Toney yang bisa diredam oleh Elkan Baggott.

Keberhasilan Gillingham mengalahkan Brentford di babak 32 besar Piala Liga Inggris 2022-2023 juga menciptakan rekor untuk Indonesia. 

Sebab, Elkan Baggott akan menjadi pemain asal Indonesia pertama yang tampil di babak 16 besar Piala Liga Inggris.

Baca Juga

Pemain Indonesia Pertama yang Cetak Gol

Elkan Baggott jadi satu-satunya pemain berpaspor Indonesia yang saat ini bermain di kompetisi Liga Inggris profesional, meski berada di klub kasta bawah.

Kendati demikian, bukan berarti kualitas Elkan Baggott diremehkan. Ia beberapa kali tampil gemilang saat berhadapan dengan tim Premier League.

Baca Juga

Bahkan palang pintu Timnas Indonesia itu sudah pernah membukukan gol perdananya untuk Gillingham FC, saat mengimbangi Stevenage dalam pekan ke-15 League Two pada 15 Oktober 2022.

Total, Elkan Baggott telah mencatatkan 14 penampilan dari 16 pertandingan The Gills di League Two dan menorehkan dua gol.

Meredam Ivan Toney

Elkan Baggott dihadapkan lawan yang tangguh pada pertandingan ini. Dialah Ivan Toney, yang sedang dalam performa gemilang untuk Brentford pada musim ini.

Ivan Toney memang sukses mencetak sebuah gol pada menit ketiga dalam laga ini. Namun, catatan itu tidak bertambah hingga akhir imbas kerja sama Elkan Baggott dan koleganya di jantung pertahanan.

Baca Juga
Piala Liga InggrisTimnas IndonesiaBrentfordCarabao CupElkan BaggottGillingham FC

Berita Terkini