x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Portugal, Menuju Gelar Pamungkas Cristiano Ronaldo

Kamis, 10 November 2022 16:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Profil Timnas Portugal. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil tim nasional Portugal di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi  La Seleccao das Quinas, salah satu raksasa disegani di Qatar nanti.

Piala Dunia 2022 akan datang dua pekan lagi, tepatnya pesta sepak bola bergengsi sedunia ini akan dihelat 20 November-18 Desember di Qatar.

Timnas Portugal menjadi salah satu tim yang penampilannya paling ditunggu. Selain karena komposisi pemain yang dimiliki Fernando Santos, adanya Cristiano Ronaldo jadi alasan utamanya.

Di usianya yang sudah menginjak usia 37 tahun, bukan tidak mungkin Ronaldo bakal menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai turnamen perpisahan.

Hal ini berkaca pada keputusan rival bebuyutannya, Lionel Messi, yang menjadikan Qatar sebagai Piala Dunia pamungkas dalam karier emasnya.

Lantas seperti apa profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 kali ini?

Baca Juga

Timnas Portugal harus berjuang hingga titik darah penghabisan sebelum bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Bahkan, mereka harus melalui jalur playoff.

Mereka finis di urutan kedua di bawah Serbia di klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang juga dihuni oleh Irlandia, Luxemburg, dan Azerbaijan.

Dari delapan pertandingan di babak kualifikasi, Portugal mencatat lima kemenangan, dua imbang, dan satu kekalahan. Mereka menyelesaikan fase grup dengan raihan 17 poin, selisih 3 angka dengan Serbia.

Pada babak semifinal play-off, Portugal bertemu dengan Turki dan menang 3-1. Kemudian di partai final play-off, Portugal mengalahkan Makedonia Utara 2-0 berkat brace Bruno Fernandes.

Baca Juga

Ini merupakan kedelapan kalinya mereka berpartisipasi di Piala Dunia. Hasil terbaik yang mereka dapatkan selama mengikuti turnamen empat tahunan ini adakah juara tiga pada 1966.

Meski berstatus juara Eropa enam tahun lalu, performa Portugal di Piala Dunia terbilang tidak terlalu bagus. Bahkan sejak juara tiga di tahun 1996, Portugal hanya mampu melaju di semifinal sekali (2006),.

Sementara pada edisi terakhir, tepatnya di Rusia pada 2018 silam, Cristiano Ronaldo dkk gagal melanjutkan langkahnya ke babak peprempat final usai takluk 1-2 dari Uruguay.

Layak untuk dinantikan apakah Portugal mampu membuktikan dirinya di kancah Piala Dunia 2022. Jika mereka berhasil keluar sebagai pemenang, mungkinkan ini jadi gelar terakhir Ronaldo sebelum gantung sepatu?

Baca Juga

1. Prediksi Skuad dan Starting XI

Profil Timnas Portugal. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Hingga tulisan ini diterbitkan, Fernando Santos belum mengumumkan skuad resmi Timnas Portugal yang akan tampil di Piala Dunia 2022.

Melansir dari laman  resmi Asosiasi Sepak Bola Portugal (FTF), Fernando Santo akan menjalani pertandingan uji coba terakhir melawan Nigeria pada 17 November 2022 mendatang.

Bukan tidak mungkin, skuad resmi Timnas Portugal bakal diumumkan setelah pertandingan tersebut di mana ini akan menjadi kejutan bagi tim lawan.

Kecuali cedera atau skorsing, Fernando Santos diperkirakan akan memainkan generasi emasnya di Piala Dunia 2022. Cristiano Ronaldo jelas tidak akan terlewatkan.

Rekan setim Ronaldo, Bruno Fernandes, juga menjadi pemain lainnya yang hampir dijamin tempatnya di skuad utama Timnas Portugal.

Baca Juga

Tiga pemain Manchester City, Joao Cancelo, Ruben Dias dan Bernardo Silva, juga kemungkinan besar akan dipanggil Fernandp Santos.

Pepe, Jose Fonte, Rui Patricio, Joao Moutinho, kendati sudah tidak muda lagi diprediksi akan menjadi pemain tetap tim nasional.

Selain itu beberapa pemain bisa dipanggil membela Timnas, seperti Ruben Dias, Nelson Semedo, Cedric, Nuno Mendes, Kevin Rodrigues dan Raphael Guerreiro.

Baca Juga

Prediksi Line-Up Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Portugal (4-2-3-1),: Rui Patricio; Joao Cancelo, Ruben Dias, Danilo Pereira, Nuno Mendes; Ruben Neves, William Carvalho; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Rafael Leao; Cristiano Ronaldo

Skuad Sementara Timnas Portugal untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Rui Patricio (Roma), Anthony Lopes (Lyon), Diogo Costa (Porto), Rui Silva (Real Betis), Jose Sa (Wolves),

Bek: Pepe (Porto), Danilo Pereira (PSG), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund), Jose Fonte (Lille), Ruben Dias (Manchester City), Joao Cancelo (Manchester City), Cedric Soares (Arsenal), Nelson Semedo (Wolves), Nuno Mendes (PSG), Mario Rui (Napoli), Diogo Dalot (Manchester United), Domingos Duarte (Getafe), Fabio Cardoso (Porto), David Carmo (Porto), Thierry Correia (Valencia), Tiago Djalo (Lille), Goncalo Inacio (Sporting Lisbon), Diogo Leite (Union Berlin), Nuno Santos (Sporting Lisbon), Antonio Silva (Benfica), Nuno Tavares (Marseille),

Gelandang:  Joao Moutinho (Wolves), William Carvalho (Real Betis), Bernardo Silva (Manchester City), Joao Mario (Benfica), Bruno Fernandes (Manchester United), Renato Sanches (PSG), Ruben Neves (Wolves), Joao Palhinha (Fulham), Sergio Oliveira (Galatasaray), Matheus Nunes (Wolves), Otavio (Porto), Vitinha (PSG), Fabio Carvalho (Liverpool), Florentino Luis (Benfica), Fabio Vieira (Arsenal)

Penyerang:  Cristiano Ronaldo (Manchester United), Andre Silva (RB Leipzig), Goncalo Guedes (Wolves), Joao Felix (Atletico Madrid), Rafael Leao (AC Milan), Francisco Trincao (Sporting Lisbon), Ricardo Horta (Braga), Paulinho (Sporting Lisbon), Pedro Goncalves (Sporting Lisbon), Daniel Podence (Wolves), Beto (Udinese), Jota (Celtic), Goncalo Ramos (Benfica), Vitinha (Braga).

Baca Juga

2. Player to Watch dan Prediksi di Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo melepas ban kaptennya di laga Euro 2020 Belgia vs Portugal.

Player to Watch: Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Setelah, Piala Dunia 2018 lalu, masa depan Ronaldo yang saat itu berusia 34 tahun bersama Portugal menjadi pertanyaan. Namun, Fernando Santo berharap Ronaldo bisa bertahan empat tahun lagi.

Menolak menua, Ronaldo menjawab tantangan tersebut dengan masih merumput sampai sekarang. Saat ini, Ronaldo di usia yang menginjak 37 tahun berstatus sebagai pemain Manchester United.

Piala Dunia merupakan satu-satunya trofi yang belum pernah dia menangkan di sepanjang kariernya. Ronaldo bahkan sudah mengisyaratkan ingin terus bermain sepak bola international hingga Euro 2024.

Namun, tidak ada yang akan menjamin Ronaldo bakal memimpin La Selecao das Quinas untuk Piala Dunia 2026, jadi Qatar adalah kesempatan terakhirnya mempersembahkan trofi untuk negaranya.

Namun demikian, Cristiano Ronaldo empat tahun lalu berbeda jauh dengan versi sekarang. Dua tahun membela Manchester United malah membuat kapten Portugal itu diragukan bisa tampil di lini depan di Qatar.

Cristiano Ronaldo tampil melempem di Manchester United, pada musim ini. Dari 16 pertandingan di semua kompetisi, Cristiano Ronaldo hanya mencetak tiga gol.

Parahnya lagi, hanya satu gol yang dibuat Cristiano Ronaldo di ajang Liga Inggris. Sementara itu, dua gol lainnya dilesakkan ke gawang klub sekelas Sheriff Tiraspol di ajang Liga Eropa.

Namun, melihat mentalitas yang dimiliki Cristiano Ronaldo, Rio Ferdinand meyakini  Cristiano Ronaldo berpotensi tampil menggila di Piala Dunia 2022.

“Jika Cristiano pergi ke Piala Dunia dan bermain, ia mungkin akan tampil dalam kondisi yang lebih baik ketimbang saat ini di Manchester United. Anda takkan pernah tahu,” kata Rio Ferdinand mengutip dari Manchester Evening News.

Berdasarkan catatan, Cristiano Ronaldo masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepak bola internasional, dengan 117 gol dalam 191 penampilan bersama Timnas Portugal.

Prediksi Performa Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Di Piala Dunia Qatar 2022, Ronaldo dan rekan satu timnya akan bergabung dengan Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan di babak penyisihan grup,.

Selain memiliki banyak pemain berbakat di lini serang, performa lini pertahanan Portugal juga meyakinkan, setelah kebobolan hanya tujuh kali di kualifikasi.

Menilik kekuatan tim lawan, Uruguay yang memenangkan dua trofi Piala Dunia akan menjadi lawan berat Portugal. Namun, Ghana dan Korea Selatan tak boleh diremehkan.

Persaingan memperebutkan tiket ke 16 besar dari Grup H akan seru. Namun Portugal diprediksi akan menjadu juara grup dan Uruguay akan mendampingi ke 16 besar.

Korea Selatan akan mengulangi nasib seperti pada 2014 dan 2018 gagal melaju dari babak grup. Demikian juga Ghana yang diperkirakan bakal kesulitan menyamai prestasi tahun 2010 saat lolos hingga ke perempat final.

Pemain yang harus diperhatikan Timnas Portugal, yakni Federico Valverde (Uruguay), Son Heung-Min (South Korea), Mohammed Kudus (Ghana).

Cristiano RonaldoPortugalPiala Dunia 2022Fernando SantosBola InternasionalUpdate Piala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini