x

Fakta-Fakta Menarik Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal Jelang Piala Dunia 2022

Jumat, 11 November 2022 13:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cristiano Ronaldo saat berseragam Timnas Portugal. Foto: Carlos Rodrigues/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo dipastikan membela Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 usai Fernando Santos mengumumkan daftar pemain pilihannya.

Nama megabintang Manchester United itu termasuk dalam 26 pemain yang akan berpartisipasi di Qatar dalam beberapa hari lagi.

Meski penampilannya cenderung menurun di level klub, Cristiano Ronaldo masih cukup trengginas di level negara.

Ia berhasil menasbihkan diri sebagai pemain dengan jumlah gol internasional terbanyak (117) yang diraihnya lewat 191 penampilan.

Angka tersebut telah melampaui Lionel Messi yang sejauh ini baru menelurkan 90 gol meski berstatus saingan berat Cristiano Ronaldo sepanjang masa.

Baca Juga

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa seorang CR7 masih jadi pentolan andal yang dipandang tinggi di Timnas Portugal.

Bukan hanya sebagai pesepak bola hebat, ia pun mengemban tugas besar sebagai senior yang harus memberi contoh apik kepada para pemain muda.

Baca Juga

Di Piala Dunia 2022, kekasih Georgina Rodriguez tersebut juga akan mencatatkan milestone luar biasa sepanjang kariernya di jagat sepak bola.

Ia akan sah sebagai salah satu pemain yang tampil di lima gelaran Piala Dunia, meyusul nama-nama besar lainnya seperti Lothar Matheus dan Rafael Marquez.

Namun fakta unik seputar Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal jelang Piala Dunia 2022 tentu tidak berhenti di situ saja.

Baca Juga

1. Fakta di Edisi Piala Dunia Sebelumnya

Cristiano Ronaldo saat berseragam Timnas Portugal. Foto: Carlos Rodrigues/Getty Images.

Di gelaran Piala Dunia sebelumnya, pemuda asal Madeira ini juga punya catatan mengesankan, yakni mencatat empat gol untuk Timnas Portugal.

Bahkan, tiga di antaranya ia ceploskan dalam satu pertandingan yakni melawan Timnas Spanyol di laha pembuka.

Pada 15 Juni 2018, ia mencetak hattrick ke gawang La Roja dan memaksa pertandingan berakhir seri dengan skor 3-3.

Golnya pada menit ke-88 membuat Diego Costa cs gigit jari lantaran kemenangan yang sudah ada di depan mata tahu-tahu lenyap begitu saja.

Kemudian, sisa satu gol Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2018 ia cetak di pertandingan menghadapi Maroko lima hari kemudian.

Baca Juga

Sayangnya, mantan pemain Juventus tersebut gagal menambah pundi-pundi golnya lantaran Timnas Portugal tersingkir oleh Uruguay di 16 besar.

Alhasil, 4 gol yang CR7 ciptakan di Rusia 2018 itu sejajar dengan raihan Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Denis Cheryshev, dan Romelu Lukaku.

Baca Juga

Walaupun hanya bisa membawa Timnas Portugal finis di 16 besar di edisi 2018 lalu, fakta bahwa CR7 adalah pemain yang mampu mengancam gawang lawan adalah modal penting bagi timnya kali ini.

Di Piala Dunia 2022, ia dan rekan-rekan setimnya berada di Grup H bersama Ghana, Korea Selatan, dan sang penghancur di Rusia 2018, Uruguay.

Dengan keberadaannya di skuad Timnas Portugal sebagai pemain senior, Cristiano Ronaldo diprediksi bakal jadi pemimpin tim baik di lapangan maupun di ruang ganti.

Baca Juga
 

2. Menanti Sepak Terjang Ronaldo di Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo saat berseragam Timnas Portugal. Foto: Carlos Rodrigues/Getty Images.

Ya, jelang Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo memang menasbihkan diri sebagai pemain internasional dengan jumlah gol terbanyak.

Ia juga berada di daftar elite pesepak bola yang tampil di lima edisi Piala Dunia, kemudian jadi mesin gol Portugal di Piala Dunia 2018.

Publik tentu akan menanti dengan penuh semangat, kira-kira kejutan apa yang bakal ia ciptakan kali ini di Qatar.

Gelar Piala Dunia 2022 tentu menjadi hasrat besar yang dimiliki Cristiano Ronaldo dalam wish list-nya saat ini.

Selain berbekal catatan-catatan apik di atas, ia juga punya histori menjanjikan sebagai eks kampiun UEFA Nations League bersama Timnas Portugal.

Baca Juga

Ketidakberuntungan di Rusia 2018 pun akan menjadi pelajaran berharga baginya dan rekan-rekan untuk tampil lebih baik lagi di Qatar 2022.

Sebagai informasi, Fernando Santos telah memanggil 26 pemain termasuk Cristiano Ronaldo untuk Piala Dunia 2022 yang merupakan kombinasi pemain senior dan junior.

Baca Juga

Selain pemain Manchester United tersebut, Timnas Portugal juga diperkuat sejumlah pemain di lini serangnya.

Mereka adalah Andre Silva (RB Leipzig), Goncalo Ramos (SL Benfica), Joao Felix (Atletico Madrid), Rafael Leao (AC Milan), dan Ricardo Horta (SC Braga).

Tentu patut dinanti bakal seperti apa sepak terjang Cristiano Ronaldo dan Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 nanti. Akankah sang pemain menciptakan milestone-milestone hebat lainnya?

Sumber: Manchester Evening News

Baca Juga
Cristiano RonaldoPortugalPiala Dunia 2022One FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini