x

Bedah Formasi Timnas Jerman di Piala Dunia 2022. Mario Gotze Jadi Kartu AS?

Sabtu, 12 November 2022 19:08 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Hansi Flick, pelatih timnas Jerman ketika melatih Bayern Munchen

INDOSPORT.COM – Timnas Jerman sudah menentukan 26 pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022. Tanpa Timo Werner dan munculnya Mario Gotze, seperti ini formasinya.

Seperti diketahui, timnas Jerman baru saja mengumumkan 26 pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu.

Der Panzer kini memiliki beban besar, mengingat dua pemain kunci, yaitu Marco Reus dan Timo Werner tak bisa dipanggil karena cedera.

Sebagai pengganti, pelatih timnas Jerman, Hans-Dieter Flick memanggil beberapa pemain baru, seperti Niclas Fullkrug dan Youssoufa Moukoko yang akan memainkan peran sebagai penyerang.

Selain itu, ada beberapa pemain muda, seperti Jamal Musiala dan Karim Adeyemi yang akan membela timnas Jerman untuk pertama kalinya di usia muda.

Baca Juga

Tak hanya, itu ada satu nama menarik yang dipanggil oleh Hansi Flick ke timnas Jerman, yaitu Mario Gotze yang kembali menemukan performa hebat.

Sejak tenggelam selepas bermain bersama Borussia Dortmund, Gotze sempat mencoba memperbaiki karier bersama PSV Eindhoven.

Baca Juga

Performa pemain 30 tahun ini mampu menarik klub Liga Jerman, Eintracht Frankfurt untuk mendatangkannya di bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Hal inipun berdampak pada pemanggilan Mario Gotze ke timnas Jerman yang kembali terjadi usai terakhir kali beraksi pada Piala Eropa 2016.

Bersama dengan Mario Gotze sebagai pemain kunci, berikut bedah formasi timnas Jerman di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. 4-2-3-1, Mario Gotze Gelandang Serang

Pemain timnas Jerman, Mario Gotze saat membela klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund

Salah satu formasi yang mampu memaksimalkan Mario Gotze adalah posisi gelandang serang yang kerap dipakai oleh timnas Jerman.

Formasi inilah yang membuat Borussia Dortmund bersama Jurgen Klopp berjaya di tahun 2012 lalu, sehingga  inilah yang bisa digunakan oleh timnas Jerman.

Dalam formasi ini, Timnas Jerman banyak menurunkan pemain-pemain muda mulai dari lini belakang hingga ke depan.

Manuel Neuer jelas akan menjadi penjaga gawang utama timnas Jerman di Piala Dunia 2022 dengan kemampuan memimpin dan penguasaan lini belakang yang baik.

Sementara, posisi bek tengah kemungkinan akan diisi oleh Antonio Rudiger dan Niklas Sule, sedangkan timnas Jerman akan memasang Thilo Kehrer dan David Raum di sisi kanan dan kiri.

Baca Juga

Posisi double pivot jelas akan diisi oleh duo Bayern Munchen, yaitu Joshua Kimmich dan Leon Goretzka yang sudah teruji kualitasnya.

Mengingat posisi gelandang serang akan diisi oleh Mario Gotze, maka Serge Gnabry akan mengisi sayap kanan, sedangkan Leroy Sane mengisi sisi kiri timnas Jerman di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Posisi penyerang tengah akan jadi pertimbangan Hansi Flick di Piala Dunia 2022, sehingga ada beberapa pemain yang bisa dipilih

Jika berniat menggunakan Niclas Fullkrug, maka timnas Jerman akan menggunakan formasi penyerang murni, sedangkan Thomas Muller akan memainkan peran false nine.

Penyerang lain yang bisa dipilih timnas Jerman di Piala Dunia 2022 adalah Youssoufa Moukoko yang menjanjikan kecepatan.

Baca Juga

2. 4-3-3, Mario Gotze False Nine

Mario Gotze saat menjadi pemain klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund

Posisi false nine adalah peran terbaik Mario Gotze di timnas Jerman mulai Piala Dunia 2014 lalu, yang berbuah sebuah trofi juara dunia.

Pada posisi itulah Mario Gotze mampu menjadi sosok menakutkan dan mampu mencetak gol kemenangan timnas Jerman dalam laga final melawan timnas Argentina.

Tentu saja, pemanggilan penyerang berusia 30 tahun ini adalah berkah untuk timnas Jerman kali ini, mengingat bersama tim inilah perannya bisa maksimal.

Hanya saja, peran terbaik Gotze akan terjadi jika timnas Jerman menggunakan formasi 4-3-3 yang tentu saja akan menggerus peran gelandang serang yang bermain di belakang penyerang.

Manuel Neuer menjadi penjaga gawang timnas Jerman, lantaran beberapa pemain lain akan menjadi pilihan kedua dan ketiga.

Baca Juga

Untuk posisi empat bek, kemungkinan akan diisi oleh Thilo Kehrer dan David Raum di posisi bek kanan dan bek kiri. Sedangkan Niklas Sule dan Nico Schlotterbeck akan mengisi posisi bek tengah di Piala Dunia 2022.

Pilihan sulit akan muncul di posisi tiga gelandang, dengan dua posisi di timnas Jerman dipastikan akan jadi milik Joshua Kimmich dan Leon Goretzka.

Baca Juga

Sedangkan satu gelandang lain timnas Jerman akan diisi oleh Ilkay Gundogan, sehingga dijamin akan memenangi persaingan dengan tim lawan.

Satu posisi jelas akan diisi oleh Mario Gotze sebagai false nine, sehingga dua penyerang sayap akan diisi pemain lainnya.

Beberapa pilihan adalah Leroy Sane di sayap kiri dan menempatkan Jamal Musiala di sayap kanan untuk memberikan kecepatan di skuat timnas Jerman dalam laga Piala Dunia 2022.

Baca Juga
JermanMario GotzePiala Dunia 2022Hans-Dieter FlickTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini