x

Deretan Penyebab Sergio Ramos Dibuang Luis Enrique dari Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2022

Sabtu, 12 November 2022 17:15 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi gol Sergio Ramos di laga UEFA Nations League Spanyol vs Ukraina.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan penyebab yang membuat Sergio Ramos akhirnya tak dibawa oleh Luis Enrique dalam mengarungi Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 Qatar memang tinggal menghitung hari saja menuju tanggal pelaksanaannya pada 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Total ada 32 negara dari seluruh dunia yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 yang akan dilangsungkan di Qatar.

Ke-32 negaea yang sudah memastikan diri lolos tersebut nantinya akan dibagi lagi ke dalam delapan grup yang terdiri dari Grup A hingga Grup H.

Benua Eropa menjadi benua yang paling banyak mengirimkan waklilnya di Piala Dunia 2022, total ada 13 negara yang menjadi wakil benua biru tersebut.

Baca Juga

Semakin mendekati peluit kickk off kompetisi sepak bola terakbar ini, persiapa para kontestan pun sudah semakin terlihat matang.

Salah satunya adalah dengan mulai diumumkannya daftar pemain yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 oleh masing-masing kontestan.

Baca Juga

Salah satunya yang baru saja mengumumkan daftar pemainnya adalah Timnas Spanyol. Sang pelatih, Luis Enrique tampak memboyong wajah-wajah baru ke dalam skuad yang dibawanya.

Banyak diantaranya wajah-wajah baru tersebut adalah para pemain muda seperti Gavi, Pedri hingga Eric Garcia. Luis Enrique justru tidak membawa pemain paling berpengalan di Timnas Spanyol, yakni Sergio Ramos.

Lantas, penyebab apa saja yang membuat Luis Enrique akhirnya tidak memasukkan Sergioa Ramos ke dalam skuad Spanyol di Piala Dunia? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Pembaruan Skuad Timnas Spanyol

Sergio Ramos merayakan gol tendangan penalti saat pertandingan Spanyol vs Swedia di Kualifikasi Euro 2020. (Foto: David Ramos/Getty Images)

Mengejutkan memang saat timnas Spanyol mengumumkan nama-nama pemainnya yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 tak ada nama Sergio Ramos disitu.

Pelatih Spanyol, justru lebih memilih memasukkan nama-nama pemain muda ke dalam skuadnya dibanding dengan Sergio Ramos.

Padahal, jika dilihat dari pengalaman yang dimiliki oleh Sergio Ramos, pemain Paris Saint-Germain tersebut merupakan pemain paling kaya pengalamannya dibanding yang lain.

Hal itu telah dibuktikan Sergio Ramos yang membela Spanyol dalam empat edisi Piala Dunia, yakni edisi 2006, 2010, 2014, dan 2018 yang lalu.

Puncak dari kontribusi Ramos adalah keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dengan mengalahkan Belanda dan juga menjadi jawara Euro 2012.

Baca Juga

Namun, satu alasan yang tampak terlihat dari tidak dibawanya Sergio Ramos oleh Luis Enrique adalah soal keinginan sang pelatih memberi kesempatan kepada pemain muda.

Pembaruan dan penyegaran lini belakang Spanyol oleh Luis Enrique diprediksi menjadi proyek jangka panjang yang sedang dilakukan oleh La Furia Roja.

Baca Juga

Total, dua pemain di lini belakang Spanyol adalah pemain yang berusia di bawah 25 tahun, mereka adalah Eric Garcia (21) dan Hugo Guillamon (22).

Meski masih muda, kedua pemain tersebut telah menunjukkan performa impresif mereka di lini belakang klub mereka masing-masing selama ini.

Selain itu, masih ada alasan lain lagi yang membuat Sergio Ramos akhirnya tersingkir dari skuad yang dibawa oleh Luis Enrique di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Masalah Cedera Sergio Ramos

Sergio Ramos merayakan gol tendangan penalti saat pertandingan Spanyol vs Swedia di Kualifikasi Euro 2020. (Foto: David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images)

Alasan lain yang akhirnya membuat Luis Enrique tidak membawa Sergio Ramos adalah masalah cedera yang kerap menghinggapi dirinya.

Ya, masalah cedera tampaknya menjadi masalah serius yang harus diperhatikan oleh seorang pemain dan juga pelatih di sebuah kesebelasan.

Termasuk adalah Sergio Ramos sendiri. Di tengah usianya yang telah memasuki angka 36 tahun, Ramos tampak semakin sensitif dengan yang namanya cedera.

Luis Enrique sebagai pelatih tentunya tak ingin ambil pusing jika nantinya Sergio Ramos mengalami cedera dan harus absen di tengah gelaran Piala Dunia 2022.

Sempat mendapat protes, Luis Enrique kemudian memberikan tanggapan terkait tidak dibawanya Sergio Ramos dan para pemain senior lainnya.

Baca Juga

"Pesan itu adalah terima kasih. Saya tahu mereka kecewa," ucap Luis Enrique dilansir Metro.

"Mereka pantas berada di sini, tetapi hanya 26 yang bisa masuk skuad,” tambah pelatih yang pernah menukangi Barcelona tersebut.

"Kami memiliki banyak anak muda, tetapi juga veteran. Ada campuran yang bagus."

Baca Juga

"Adanya Piala Dunia di tengah musim, kami tidak akan bekerja pada level fisik, tetapi pada level taktis."

"Semua orang bisa bermain dan itu akan tergantung pada kondisi mereka dan apa yang mereka berikan kepada kami,” pungkas Luis Enrique.

Spanyol sendiri tergabung di Grup F pada Piala Dunia 2022 bersama dengan Jepang, Jerman, dan Kosta Rika. La Furia Roja diprediksi menjadi unggulan untuk lolos dari fase grup bersama Jerman.

Baca Juga
SpanyolPiala DuniaSergio RamosLuis EnriquePiala Dunia 2022Tim Nasional SpanyolOne Football

Berita Terkini