x

5 Klub Punya Lini Pertahanan Paling Kokoh di Liga Elite Eropa, Ada Barcelona?

Rabu, 16 November 2022 21:28 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Robert Lewandowski di laga Barcelona vs Viktoria. Foto: REUTERS/Pablo Morano

INDOSPORT.COM - Liga-liga top Eropa harus dijeda cukup lama karena dihelatnya Piala Dunia 2022. Menarik untuk membahas tim yang punya lini pertahanan paling kokoh di Eropa. 

Jeda internasional seperti biasa, yang hanya berselang dua sampai tiga pekan, biasanya akan dimanfaatkan untuk memperhatikan para pemain yang kurang tampil maksimal. 

Baca Juga

Namun untuk jeda internasional kali ini, klub-klub Eropa tampaknya bisa melakukan evaluasi secara besar-besaran. 

Karena jeda internasional untuk Piala Dunia 2022 ini berlangsung cukup lama, kurang lebih selama sebulan penuh, para pemain akan membela negaranya masing-masing. 

Berbenah dan evaluasi besar-besaran pun akan dilakukan oleh hampir semua klub, melihat apa yang kurang dari penampilan mereka sejauh musim 2022/2023 bergulir. 

Baca Juga

Di liga-liga elite Eropa memang banyak tim yang mampu tampil impresif bahkan klub gurem ada yang mengejutkan. 

Di Liga Inggris, ada Arsenal yang menunjukkan kejutan sejauh musim ini dan bertengger di puncak klasemen sementara dengan torehan 37 poin. 

Napoli juga tampil mengejutkan di Liga Italia, dengan memuncaki klasemen sementara dengan rekor tak terkalahkan, mengantongi 41 poin. 

Baca Juga

Barcelona juga masih bercokol di puncak klasemen sementara Liga Spanyol, meski hanya selisih dua poin dari Real Madrid sejauh musim ini. 

Tapi tidak semua klub-klub yang disebutkan punya pertahanan paling kokoh sejauh musim ini. Siapakah 5 klub dengan pertahanan paling kokoh sejauh musim ini? Simak selengkapnya. 


1. Lens, Pesaing Terkuat PSG di Liga Prancis

Seko Fofana dalam laga Ligue 1 Prancis antara Lens vs Montpellier

5. Villarreal

Villarreal menjadi tim yang cukup unik, karena mereka tidak ada di papan atas klasemen sementara Liga Spanyol namun punya pertahanan yang cukup kokoh sejauh musim ini. 

Klub berjuluk The Yellow Submarine ini baru kebobolan 10 gol dari 14 pertandingan yang sudah mereka mainkan di Liga Spanyol sejauh ini. 

Baca Juga

Karena tidak mampu bersaing di papan atas klasemen liga, Unai Emery bahkan dicopot dari kursi pelatih Villarreal. Menarik untuk melihat performa mereka setelah Piala Dunia 2022. 

4. Lens

Lens menjadi salah satu tim yang mampu mengejutkan publik Eropa, khususnya fans Liga Prancis di musim 2022/2023. 

Status klub gurem tidak menghalangi mereka menjadi salah satu tim yang paling menempel ketat Paris Saint-Germain dalam persaingan gelar juara Liga Prancis. 

Baca Juga

Salah satu faktor kegacoran mereka di liga sejauh musim ini, Lens baru kebobolan 10 gol dari 15 pertandingan Liga Prancis musim ini. 

Tidak hanya pertahanan kokoh, racikan Franck Haise juga terbukti ampuh untuk tim promosi Liga Prancis ini mampu mencetak 26 gol. 

3. Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain menjadi salah satu dari hanya dua klub di Eropa yang belum kalah sejauh musim ini. 

Baca Juga

PSG seolah menemukan performa terbaiknya sejak diasuh oleh Christophe Galtier dengan mampu bertengger di pucuk klasemen Liga Prancis. 

Selain sebagai tim tersubur dengan 43 gol dari 15 pertandingan liga, PSG juga kokoh di lini pertahanan dengan baru kebobolan sembilan gol. 


2. Juventus dan Barcelona Kokoh di Lini Pertahanan?

Pemain Juventus, Danilo melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Inter Milan REUTERS-Massimo Pinca

2. Juventus

Juventus sebenarnya disebut terseok-seok di semua kompetisi sejak musim 2022/2023 bergulir. 

Namun tidak banyak yang sadar bahwa Bianconeri baru kebobolan tujuh gol dari 15 giornata Liga Italia musim ini. 

Skuat asuhan Massimiliano Allegri juga menunjukkan tanda-tanda kebangkita dengan enam kemenangan beruntun tanpa kebobolan satu pun. 

Baca Juga

1. Barcelona

Barcelona menjadi salah satu dari dua tim pemuncak klasemen sementara liga yang ada dalam daftar ini. 

Selain menunjukkan persaingan ketat memperebutkan puncak bersama Real Madrid, Blaugrana baru kebobolan lima gol dari 14 pertandingan Liga Spanyol. 

Namun sayang, noda hitam tersingkir dari Liga Champions menjadi momok untuk wajah Barcelona skuat asuhan Xavi Hernandez.

BarcelonaParis Saint-GermainJuventusLiga SpanyolRC Lens

Berita Terkini