x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Iran, Wakil Asia Rasa Eropa yang Siap Kejutkan Inggris

Rabu, 16 November 2022 16:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Timnas Iran jadi salah satu kuda hitam asal Asia yang diprediksi bisa membuat kejutan pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 nanti.

INDOSPORT.COMTimnas Iran jadi salah satu kuda hitam asal Asia yang diprediksi bisa membuat kejutan pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 nanti. Inggris yang jadi lawan perdana, wajib berhati-hati!

Tergabung di Grup B, Iran bakal hadapi sejumlah lawan yang cukup berat dari berbagai konfederasi pada babak penyisihan Piala Dunia 2022.

Selain Inggris yang menjadi rival pertama, Timnas Iran juga harus menghadapi Amerika Serikat serta Wales yang akhirnya kembali lolos ke Piala Dunia sejak terakhir kali tampil pada 1958.

Jika melihat peringkat FIFA saat ini, Iran memang tidak terlalu diunggulkan dari ketiga kontestan lain, bahkan ranking The Team Melli adalah yang terendah ketimbang Inggris, Amerika Serikat maupun Wales.

Akan tetapi, Iran tetap tak boleh dianggap enteng khususnya Timnas Inggris yang akan lebih dulu bertemu pada 21 November 2022 mendatang.

Baca Juga

Pasalnya, dari dua edisi Piala Dunia terakhir Iran belum sekalipun telan kekalahan pada pertandingan pembuka.

Pada Piala Dunia 2014 misalnya, Iran mampu menahan Imbang Nigeria tanpa gol. Sementara pada Piala Dunia 2018, Mehdi Taremi berhasil mengalahkan Maroko dengan skor 1-0.

Baca Juga

Selain itu, Iran juga sedang dalam tren positif usai tampil terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir, bahkan sepanjang 2022 ini mereka cuma dua kali kalah.

Berbanding terbalik dengan Inggris, skuad arahan Gareth Southgate tersebut malah belum pernah lagi menang sejak Maret 2022 lalu.

Berkaca dari statistik tersebut, Inggris termasuk juga negara lain di Grup B tak boleh anggap enteng kejutan yang bakal dilakukan Iran.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Tim Nasional Iran ketika menjalani pertandingan persahabatan melawan Nikaragua di Azadi Stadium, Teheran. REUTERS/Majid Asgaripour/WANA

Melihat dari daftar pemain yang dibawa Carlos Queiroz ke Piala Dunia 2022 kali ini, skuad Iran bisa dibilang sangat mewah lantaran bermaterikan bintang-bintang dari liga top Eropa.

Tercatat, ada 13 pemain dari total 25 penggawa yang mentas di klub Eropa dan bakal jadi tumpuan Iran sepanjang babak penyisihan grup nanti.

Nama-nama tenar seperti Mehdi Taremi, Sardar Azmoun dan Alireza Jahanbakhsh masih bakal jadi tumpuan Iran untuk raih poin.

Untuk posisi penjaga gawang, kiper senior Alireza Beiranvand yang sudah catatkan 30 caps di level internasional bersama Iran, tampaknya bakal jadi pilihan utama di bawah mistar gawang.

Membantu Beiranvand, ada duet sang kapten Ehsan Hajsafi dan Milad Mohammadi. Kedua bek tersebut selain sudah jadi langganan di Timnas Iran, juga merupakan compatriot di klub Yunani, AEK Athens musim ini.

Baca Juga

Melengkapi lini pertahanan, Majid Hosseini dan Hossein Kanaanizadegan bakal jadi tembok kokoh pada posisi center back.

Di lini tengah, akan ada trio gelandang ada Ali Gholizadeh, Ahmad Nourollahi serta Mehdi Torabi yang bakal membantu aliran bola Iran lebih lancar ke pertahanan lawan.

Baca Juga

Ahmad Nourollahi akan jadi jenderal lapangan tengah Iran sepanjang Piala Dunia 2022 nanti. Kemampuannya yang bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang, membuat diharapkan bisa membantu Iran saat melakukan counter attack.

Ditambah kecepatan serta akurasi umpan dari Ali Gholizadeh serta Mehdi Torabi, dipastikan serangan balik Iran bisa jadi senjata menakutkan buat tim di Grup B.

Andai bola berhasil dikuasai lini tengah, maka Iran bisa berharap mencetak gol lantaran barisan penyerang mereka punya statistik impresif sepanjang musim ini.

Untuk membantu Iran lolos dari fase penyisihan grup, trio Mehdi Taremi, Sardar Azmoun dan Alireza Jahanbakhsh akan jadi tumpuan sekaligus momok pertahanan lawan.

Mehdi Taremi jadi senjata utama Iran di Piala Dunia 2022 nanti. Tercatat sepanjang musim 22/23, pemain berusia 30 tahun tersebut berhasil cetak 13 gol dan berikan 8 assists dari total 19 laga bersama FC Porto.

Perkiraan Formasi Timnas Iran di Piala Dunia 2022
(4-3-3): Alireza Beiranvand; Ehsan Hajsafi, Majid Hosseini, Hossein Kanaanizadegan, Milad Mohammadi; Ali Gholizadeh, Ahmad Nourollahi, Mehdi Torabi; Mehdi Taremi, Sardar Azmoun, Alireza Jahanbakhsh.

Berikut adalah daftar pemain Timnas Prancis untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Alireza Beyranvand (Persepolis), Amir Abedzadeh (Ponferradina), Payam Niazmand (Sepahan), Hossein Hosseini (Esteghlal).

Bek: Majid Hosseini (Kayserispor), Mohammad Hossein Kanaanizadegan (Al-Ahli), Shojae Khalilzadeh (Al-Ahli), Morteza Pouraliganji (Persepolis), Sadegh Moharrami (Dinamo Zagreb), Ramin Rezaeian (Sepahan), Milad Mohammadi (AEK Athena), Abolfazl Jalali (Esteghlal).

Gelandang: Saeid Ezatollahi (Vejle Boldklub), Ehsan Hajsafi (AEK Athena), Rouzbeh Cheshmi (Esteghlal), Ahmad Nourollahi (Shabab Al-Ahli), Ali Karimi (Kayserispor), Saman Ghoddos (Brentford), Vahid Amiri (Persepolis).

Penyerang: Alireza Jahanbakhsh (Feyenoord), Ali Gholizadeh (Sporting Charleroi), Mehdi Taremi (FC Porto), Mehdi Torabi (Persepolis), Karim Ansarifard (Omonia Nicosia), Sardar Azmoun (Bayer Leverkusen).

Baca Juga

2. Player to Watch

Pemain FC Porto, Mehdi Taremi. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

Dari sekian banyak pemain yang dibawa Carlos Queiroz ke Piala Dunia 2022, tampaknya sosok Mehdi Taremi yang bisa jadi tumpuan serta harapan Iran untuk bisa cetak sejarah lolos ke 16 besar kali pertama.

Pasalnya, jika melihat trek rekor sepanjang musim 22/23 ini hanya Mehdi Taremi yang tampil sangat impresif dan berkompetisi di level top Eropa.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Mehdi Taremi mampu cetak 13 gol dan berikan 8 assists dari total 19 laga bersama klub raksasa Liga Portugal, FC Porto.

Torehan gol tersebut termasuk saat Mehdi Taremi tampil di Liga Champions. Tak tanggung-tanggung, gawang sekelas Bayer Leverkusen hingga Atletico Madrid berhasil ia jebol di babak penyisihan Champions League.

Mehdi Taremi juga punya rekor mentereng bersama Timnas Iran, di mana sang striker mampu mencetak 27 gol dari total 60 laga di semua ajang.

Baca Juga

Prediksi Iran di Piala Dunia 2022

Meski punya materi pemain dari kompetisi Eropa, namun kualitas skuad Iran tampaknya masih jauh di bawah Inggris maupun negara lain di Grup B ini.

Untuk bisa lolos dari penyisihan grup, Iran sejatinya butuh kerja ekstra kera serta keajaiban agar bisa minimal raih satu kemenangan dan hasil imbang.

Jika dibandingkan dengan tiga negara lain, pencapaian terbaik Iran di Piala Dunia 2022 ini mungkin hanya peringkat tiga penyisihan grup di bawah Inggris serta Amerika Serikat.

IranPiala DuniaPiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini